Waktu Terbaik Minum Vitamin C, Ternyata Tak Bisa Sembarangan!

Setiap orang membutuhkan asupan vitamin C yang cukup, karena memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Apalagi di masa pandemi ini, vitamin C banyak diburu orang untuk menjaga daya tahan tubuh hingga sempat langka keberadaanya.


Tidak hanya menjaga daya tahan tubuh, vitamin C juga punya beragam manfaat, seperti melawan efek radikal bebas, sebagai antioksidan sampai membantu atasi peradangan kulit. Namun, ternyata Anda tak bisa sembarangan minum vitamin C. Agar khasiatnya tetap terjaga, berikut ini waktu terbaik minum vitamin C seperti dilansir dari berbagai sumber, simak ulasannya!

1. Bisa Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Makan

(Foto: https://www.freepik.com)

Vitamin jenis ini dikenal mudah larut dalam air. Untuk itu, Anda tak perlu mengonsumsinya bersama makanan. Dengan demikian, waktu terbaik minum vitamin C adalah di pagi hari, sekitar 30 menit sebelum makan. Anda yang tidak terbiasa atau punya penyakit maag, bisa mengonsumsinya 2 jam setelah makan, agar makanan dicerna lebih dahulu.

2. Konsumsi Bersama Makanan Jika Mual

(Foto: https://www.freepik.com)

Konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi saat perut kosong bagi yang tidak terbiasa atau memiliki penyakit maag, tak jarang akan menimbulkan rasa mual hingga muntah. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengonsumsi vitamin C bersama makanan. Usahakan agar konsumsi vitamin C dilakukan pada waktu dan jam yang sama tiap harinya. Jika Anda minum vitamin C dalam dosis lebih dari 500 mg, sebaiknya dosisnya dibagi jadi dua kali sehari. Setengah dosis pada saat sarapan, dan sisanya dikonsumsi pada saat makan siang. Tujuannya untuk memaksimalkan penyerapan vitamin C, sehingga tidak terbuang banyak oleh tubuh melalui urin.

3. Hindari Konsumsi Sebelum Olahraga

(Foto: https://www.freepik.com)

Asam askorbat memiliki kandungan antioksidan yang dipercaya dapat menghambat inflamasi yang terjadi saat sel otot bekerja ketika Anda berolahraga. Namun, inflamasi yang terjadi saat olahraga dibutuhkan tubuh untuk proses adaptasi dan perkembangan otot. Sehingga konsumsi vitamin C sebelum berolahraga dapat menetralisir keefektifan vitamin C tersebut.

4. Jangan Konsumsi di Malam Hari Jika Sulit Tidur

(Foto: https://www.freepik.com)

Sebagian orang mengeluhkan mengalami kesulitan tidur saat mengonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi di waktu malam. Meskipun belum ada penelitian resminya, sebaiknya Anda hindari konsumsi vitamin C di malam hari. Sebaiknya konsumsi vitamin C di pagi dan atau siang hari dengan dosis 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Jika Anda seorang perokok, dapat menambah dosis 35 mg tiap harinya.

5. Konsumsi dengan Makanan Tinggi Zat Besi

(Foto: https://www.freepik.com)

Vitamin C ternyata bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Hal ini baik bagi Anda yang mengalami kekurangan darah untuk mengombinasikan menu makanan vitamin C dengan makanan tinggi zat besi. Konsumsi makanan kaya zat besi, seperti kacang-kacangan, tahu, daging merah, dan sayur berdaun hijau.

Itulah waktu terbaik minum vitamin C yang penting Anda ketahui. Jika kebutuhan vitamin C sudah terpenuhi dari makanan, Anda juga bisa memaksimalkannya jika perlu dengan suplemen vitamin C seperti K-Vit C Plus Teavigo. Suplemen ini siap bantu lengkapi kebutuhan vitamin C harian Anda.


Kombinasi vitamin C dan ekstrak teh hijau (teavigo) di dalamnya berperan sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan jaringan, menjaga kadar radikal bebas tetap normal, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain menyehatkan, suplemen tablet effervescent ini memiliki rasa yang enak dan segar di mulut. Bentuk tablet effervescent membuat kebaikan nutrisi di dalamnya mudah diserap oleh tubuh. Jadi, suplemen ini cocok banget menemani aktivitas keseharian Anda dan keluarga.

Pastikan waktu terbaik untuk minum vitamin C di atas bisa Anda terapkan untuk mendapatkan khasiat yang maksimal. Lengkapi asupan vitamin C harian Anda dengan kebaikan K-Vit C Plus Teavigo yang segar dan menyehatkan. Daya tahan tubuh kuat, penyakit cuma numpang lewat! (Jabbar/Jody)