Kenali Gejalanya, Ini 7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

Sudah bukan rahasia lagi jika vitamin C mempunyai banyak khasiat. Ya, vitamin jenis ini punya peran penting dalam menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Terlebih di masa pandemi sekarang, daya tahan tubuh menjadi ‘benteng’ untuk melindungi diri dari ancaman Virus Corona. Vitamin C atau asam askorbat ini biasa ditemukan pada buah-buahan dan sayuran.

Ya, vitamin ini juga sering digunakan sebagai obat untuk sariawan dan penyakit seperti batuk dan pilek. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan kualitas hidup yang rendah. Tak jarang juga menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan di badan. Semua itu bisa diatasi dengan mencukupi asupan vitamin C ke dalam makanan sehari-hari. Lalu, bagaimana tanda tubuh kekurangan vitamin C? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 tanda tubuh kekurangan vitamin C. Kenali gejalanya mulai sekarang!

Baca Juga: ​5 Alasan di Balik Pentingnya Mengonsumsi Vitamin C

1. Pendarahan Gusi, Gigi Tanggal atau Gingivitis

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kondisi ini terjadi dikarenakan tubuh kekurangan kolagen yang diperlukan untuk membangun dan memelihara jaringan gigi dan gusi. Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk mensintesis kolagen.

​2. Kulit Mudah Memar

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Memar terjadi saat pembuluh darah di bawah kulit pecah, menyebabkan darah bocor ke daerah sekitarnya. Kekurangan vitamin C bisa membuat Anda mudah mengalami memar dan dapat berpengaruh pada produksi kolagen. Saat kekurangan kolagen, maka perlindungan kulit pun berkurang. Produksi kolagen yang kurang juga membuat pembuluh darah lemah.

​3. Rambut Sering Rontok

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Ketika Anda mengalami kerontokan pada rambut kepala, kemungkinan Anda kurang mengonsumsi vitamin C dosis harian. Sebelum memutuskan untuk membeli produk rambut, cobalah mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti brokoli dan kiwi.

​4. Luka Sulit Sembuh

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Saat tangan atau kaki Anda terluka, kadar vitamin C di dalam darah dan jaringan yang terdampak akan berkurang. Sedangkan tubuh memerlukan vitamin C untuk memproduksi kolagen, suatu protein yang membantu meregenerasi atau memperbaiki kulit. Vitamin C akan membantu neutrofil, sel darah putih, untuk melawan infeksi. Salah satu tanda Anda kekurangan vitamin C adalah luka di kulit yang tak kunjung sembuh.

​5. Nyeri dan Bengkak pada Sendi

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sendi mengandung jaringan ikat yang tinggi kolagen. Kekurangan vitamin C akan ikut memengaruhi kondisi sendi. Sendi bisa nyeri hingga bengkak. Kondisi yang parah bisa menyebabkan kesulitan berjalan.

​6. Sistem Kekebalan Tubuh Terganggu

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Vitamin C berperan dalam membantu melawan infeksi dan menangkal penyakit yang masuk dalam tubuh. Kekurangan vitamin C bisa membuat sistem kekebalan tubuh kewalahan mengatasi ancaman dalam tubuhdan lebih berisiko mengalami infeksi. Itu juga menandakan seseorang akan lebih mudah terkena penyakit serius.

​7. Mudah Sakit

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan Anda mudah sakit dan bisa memperlambat proses penyembuhan.

Itu lah 7 tanda tubuh kekurangan vitamin C. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari makanan atau suplemen seperti K-Vit C Plus Teavigo dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Keduanya siap melengkapi kebutuhan vitamin C harian Anda. Kebaikan antioksidan vitamin C dan ekstrak teh hijau (teavigo) pada K-Vit C Plus Teavigo bekerja sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan jaringan, menjaga kadar radikal bebas tetap normal, dan tentu saja aman bagi lambung.


Kebaikan vitamin C lainnya ada pada K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Kombinasi spirulina dan ekstrak blackcurrant di dalamnya tinggi akan kandungan vitamin C. Selain itu, ada juga kandungan pigmen phycocyanin dan enzim SOD, yang berperan membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan menjaga daya tahan tubuh. Jangan sampai tubuh Anda kekurangan vitamin C ya, lengkapi nutrisinya mulai sekarang dengan K-Vit C Plus Teavigo dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant! (Jabbar/Jody)

​Artikel Rekomendasi: ​Wajib Tahu! Ini Manfaat Vitamin C Bagi Kulit Wajah