7 Penyebab Mata Kering, Hindari Kebiasaan yang Menjadi Pemicunya!

Air mata bukan sekadar simbol kesedihan saja, lho. Ternyata air mata juga memegang peranan penting dalam sistem penglihatan manusia. Ya, air mata sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembapan organ mata itu sendiri. Kondisi mata kering akan membuatnya rentan mengalami iritasi dan infeksi.

Mengalami mata kering tentu akan mengganggu rutinitas keseharian Anda. Apalagi jika disertai gatal, perih, kemerahan, hingga rasa mengganjal seperti ada sesuatu di mata Anda. Jangan buru-buru meneteskan obat tetes mata dulu sebelum mengetahui penyebab pastinya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 penyebab mata kering, hindari juga kebiasaan yang jadi pemicunya:

1. Menatap Komputer Terlalu Lama

(Foto: https://www.freepik.com)

Bagi yang sehari-harinya bekerja di depan komputer, Anda berisiko tinggi terkena mata kering. Risiko akan semakin meningkat apabila Anda jarang mengedipkan mata. Menurut laman National Health Service, dari 96 orang pekerja di Jepang, 9 persen di antaranya mengalami mata kering.

2. Faktor Usia

(Foto: https://www.freepik.com)

Semakin bertambahnya usia, maka produksi air mata semakin sedikit. Kelenjar yang membuat air mata tidak bekerja sebaik saat masih muda. Juga, kelopak mata Anda mulai mengendur, dan itu bisa mematahkan segel terhadap bola mata Anda yang membantu menjaga kelembapan.

3. Terpapar Kipas Angin atau AC

(Foto: https://www.freepik.com)

Paparan angin dari kipas angin maupun AC bisa menyebabkan mata kering. Oleh sebab itu, jika harus beraktivitas di ruangan yang terpapar AC atau kipas, sebaiknya hindari arah angin langsung ke wajah. Untuk menurunkan risiko iritasi, sebaiknya jangan menyalakan AC atau kipas angin sepanjang malam di waktu tidur.

4. Kebiasaan Merokok

(Foto: https://www.freepik.com)

Perokok berisiko dua kali lebih besar mengalami mata kering. Menurut laman All About Vision, perokok berisiko empat kali lebih besar mengalami kebutaan di usia tua. Selain itu, perokok juga berisiko dua kali lebih besar mengalami katarak. Jika ingin mata sehat, hindari kebiasaan merokok, ya!

5. Dehidrasi Ringan

(Foto: https://www.freepik.com)

Terkadang, mata kering merupakan hasil dari dehidrasi atau kurang asupan air putih. Gejala dehidrasi. Meningkatkan asupan cairan dan minum lebih banyak air dapat mengatasi dehidrasi ringan dan mata kering.

6. Paparan Angin

(Foto: https://www.freepik.com)

Cuaca dingin dan paparan angin dapat membuat air mata menguap dengan cepat dan akhirnya menyebabkan mata kering. Untuk melindungi mata Anda, gunakan tetes mata dan kacamata saat berada di luar rumah.

7. Beraktivitas di Luar Ruangan

(Foto: https://www.freepik.com)

Kondisi mata kering membutuhkan perlindungan ekstra saat sedang beraktivitas di luar ruangan, terutama dari sinar matahari dan juga angin kencang. Nah, cobalah untuk menggunakan kacamata untuk menghindarkan risiko mata terkena debu atau kotoran dan terinfeksi.

Itu lah beberapa penyebab yang harus Anda tahu. Sebisa mungkin hindari kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan mata kering, ya! Untuk membantu menghindari kondisi mata kering, kacamata kesehatan K-Ion Nano Premium 8 juga bisa diandalkan, lho. Kacamata ini memiliki fitur lengkap dalam satu lensa, yaitu Anti Sinar UV, Anti Blue Ray dan Anti Fog. Ketiga fitur lensanya bisa Anda gunakan saat beraktivitas di dalam atau di luar ruangan.

Kandungan ion negatif dan sinar infra merah jarak jauh di dalamnya punya peran penting untuk membantu mata agar tidak mudah lelah, serta mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan mata, salah satunya mata kering. Desain ergonomis dan ringan, menambah kenyamanan bagi pemakainya. Kacamata yang trendy dan stylish ini cocok digunakan di segala kondisi. Pastikan mata Anda terlindungi dengan tepat, selalu sedia K-Ion Nano Premium 8 saat menjalani rutinitas! (Jody/Rahma)