5 Tips Menyegarkan Mata Lelah, Cocok untuk yang Sering Menatap Layar Komputer

Sama seperti organ tubuh lainnya, jika mata Anda digunakan terlalu keras tentu akan mudah lelah. Terlebih saat Anda punya tuntutan pekerjaan yang mengharuskan bekerja di depan layar komputer, belum lagi jika harus begadang. 

Ya, kondisi mata lelah sering terjadi salah satunya akibat terlalu lama bekerja di depan layar komputer. Tidak hanya itu, aktivitas seperti bermain game, menggunakan smartphone dan menonton televisi secara berlebihan pun punya efek negatif untuk mata. Gejala yang ditimbulkan biasanya seperti mata berair, kemerahan, mata kering, penglihatan kabur atau ganda, iritasi hingga sakit kepala.

Baca Juga: Risiko Peningkatan Rabun Jauh Saat Pandemi

Agar bisa bekerja dengan optimal sepanjang hari, berikut ini 5 tips menyegarkan mata lelah yang bisa Anda lakukan:

1. Istirahat Sejenak

(Foto: https://www.freepik.com)

Eksposur yang tinggi pada layar komputer dan perangkat gadget lainnya bisa berdampak buruk pada mata. Untuk menghindari mata lelah, lakukan praktik 20-20-20. Yaitu, setiap 20 menit menjauhlah dari layar dan fokuskan pada objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Hal ini memberi kesempatan otot-otot kecil di mata untuk rileks sejenak.

2. Pastikan Mata Terhidrasi

(Foto: https://www.freepik.com)

Ada beberapa hal mudah yang bisa dilakukan untuk menyegarkan mata dan menjaga mata agar tetap terhidrasi. Mata kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk usia, obat-obatan tertentu dan terlalu banyak menatap layar komputer. Jika mata lelah disebabkan oleh terlalu banyak waktu menatap gadget, solusi sederhananya adalah sering berkedip atau menggunakan obat tetes mata serta lebih banyak minum air putih.

3. Mengompres Mata

(Foto: https://www.leaf.tv/)

Anda bisa meredam kain, handuk atau tisu ke dalam air dingin lalu tempatkan di mata, setelah beberapa saat angkat handuk dan ulangi lagi hingga mata terasa segar. Cara ini juga bisa membantu Anda menghilangkan mata gatal.

4. Tempel Potongan Mentimun

(Foto: https://www.freepik.com)

Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang populer untuk mengatasi mata bengkak dan lelah. Coba lah letakkan potongan mentimun dingin di mata Anda. Mentimun tak hanya mengatasi mata lelah dan kembali menyegarkan mata, namun juga membuat penglihatan menjadi lebih baik.

5. Gunakan Kacamata Khusus

(Foto: https://www.freepik.com)

Kacamata anti radiasi bisa menjadi salah satu solusi. Sebab, salah satu fungsi kacamata anti radiasi adalah menangkal efek sinar biru yang berpotensi merusak mata. Kacamata anti radiasi dikenal juga dengan kacamata baca komputer. Kacamata ini dibuat khusus untuk mengurangi ketegangan pada mata saat melihat layar komputer.

K-Ion Nano Premium 8 bisa jadi rekomendasi kacamata anti radiasi untuk membantu menangkal efek sinar biru yang berpotetensi merusak mata. Kacamata ini memiliki fitur lengkap dalam satu lensa, yaitu Anti Sinar UV, Anti Fog dan tentu saja Anti Blue Ray untuk membantu menangkal efek sinar biru yang bisa merusak mata.

Kandungan ion negatif dan sinar infra merah jarak jauh di dalamnya punya peran penting untuk membantu mata agar tidak mudah lelah, serta mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan mata. Desain ergonomis dan ringan, menambah kenyamanan bagi pemakainya. Kacamata yang trendy dan stylish ini cocok digunakan di segala kondisi. Ada 5 varian model serta warna yang bisa dipilih, di antaranya Black Red, Black Matte, Black Gold, White Matte dan Tri Color (for kids/petite). Yuk, ekspresikan diri Anda dengan K-Ion Nano Premium 8! (Dedi/Jody)

Artikel Rekomendasi:  Mengenal Kacamata dengan Material Terbaik