Ketahui Penyebab Terjadinya Wasir dan Cara Pencegahannya

Penyakit wasir (hemoroid) merupakan kondisi meradang atau bengkaknya pembuluh darah vena di sekitar anus. Penyakit yang dikenal dengan nama ambeien ini bisa sangat mengganggu penderitanya. Karena letaknya, wasir juga sering dianggap sebagai penyakit yang memalukan bagi banyak orang. Penting untuk Anda mengetahui penyebab terjadinya wasir dan cara pencegahannya . 

Wasir bisa muncul di dalam rektum (saluran penghubung usus besar dengan anus) atau di sekitar anus (dubur). Penyakit ini bisa dibedakan menjadi dua jenis, di antaranya:

  • Internal Hemorrhoid (Wasir Dalam)
    Kondisi ini akan muncul di saluran rektum atau ujung saluran pencernaan. Biasanya internal hemorrhoid tidak nyeri tapi menyebabkan BAB berdarah.
  • External Hemorrhoid (Wasir Luar)
    Wasir ini terletak di luar anus dan mungkin terasa gatal hingga nyeri, terkadang bisa robek dan berdarah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penyebab terjadinya wasir yang harus Anda waspadai:

Baca Juga: Waspada, 5 Masalah Ini Bisa Muncul saat BAB Tidak Lancar

1. Sembelit Kronis

sakit-pankreas-atau-sakit-perut

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sembelit atau konstipasi menjadi faktor penyebab wasir yang paling umum. Kurangnya asupan serat dan cairan dalam tubuh menyebabkan feses sulit dikeluarkan. Akibatnya seseorang akan cenderung mengejan lebih keras sehingga bisa meningkatkan tekanan abdominal yang dapat berujung pada timbulnya wasir.

​2. Sering Mengangkat Beban Berat

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kebiasaan mengangkat barang yang berat bisa berisiko terkena wasir. Ini disebabkan adanya tekanan yang kuat hingga ke ujung rektum. Tekanan ini yang membuat aliran darah menjadi tidak lancar dan terjadi pembengkakan. Jadi, kurangi kebiasaan sering mengangkat beban berlebih ya.

​3. Kehamilan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Seiring usia kehamilan yang semakin membesar, rahim akan ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar hingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.

​4. Penuaan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Ya, semakin tua umur seseorang, semakin rentan dirinya terkena sembelit. Hal ini terjadi karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di anus jadi melemah dan meregang. Akibatnya, aliran darah jadi terhambat memicu pembengkakan.

​5. Kebiasaan Sehari-hari

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang menjadi faktor penyebab timbulnya wasir. Seperti terlalu lama jongkok saat BAB, menunda BAB, duduk terlalu lama tanpa diselingi peregangan tubuh. Masih berniat mempertahankan kebiasaan buruk seperti ini?

​6. Kelebihan Berat Badan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kelebihan berat badan bisa jadi salah satu penyebab wasir. Ya, kelebihan berat badan bisa memberikan tekanan pada pembuluh darah di anggota tubuh bagian bawah. Tekanan tersebut mempersempit aliran darah di pembuluh darah vena sehingga pembengkakan bisa terjadi. Pembengkakan vena di anus inilah yang dikenal sebagai ambeien.

​7. Kurang Asupan Serat

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Orang yang kekurangan asupan serat berisiko besar terkena wasir akibat susah BAB. Ya, serat berfungsi untuk melunakkan feses sehingga BAB jadi lebih lancar. Serat ini bisa didapat dari buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Jangan sampai penyakit wasir mengganggu aktivitas keseharian Anda. Tak perlu khawatir, penyakit wasir tetap bisa dicegah dengan cara:

  • Hindari ketegangan berlebihan
  • Jangan menahan buang air besar
  • Rutin olahraga
  • Jaga berat badan ideal
  • Cukupi asupan serat dan nutrisi lainnya
  • Cukupi kebutuhan serat dan nutrisi harian dengan makanan organik pada Organic K-BioGreen. Suplemen makanan organik ini mengandung 58 jenis bahan alami, seperti kacang, biji-bijian, sayur, buah, rumput laut dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh.

    Organic K-BioGreen (Copy)


    Organic K-BioGreen berperan penting membantu membersihkan pencernaan dan menormalkan fungsi organ tubuh. Nutrisi dan serat di dalamnya membantu sistem pencernaan bekerja dengan optimal, sehingga mencegah terjadinya penyakit wasir. Jangan sampai penyakit wasir menghambat aktivitas sehari-hari Anda. Cegah wasir dengan pola hidup sehat ditambah asupan nutrisi yang tepat seperti Organic K-BioGreen! (Jabbar/Jody) 

    Artikel Rekomendasi: Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Kehilangan Massa Otot