Dongkrak Imun Tubuh dengan 7 Makanan Kaya Zinc

Zinc atau seng merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi ini berperan penting dalam membantu membentuk sistem kekebalan tubuh manusia. Terlebih di masa pandemi ini, semua orang diharuskan untuk menjaga imun tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam virus penyebab penyakit.

Kebaikan zinc untuk menjaga imun tubuh bisa Anda dapatkan melalui makanan. Namun, tidak banyak sumber makanan yang kaya akan zinc. Untuk itu, Anda harus lebih jeli dalam memilih makanan tersebut. Sebagai orang dewasa, Anda bisa memenuhi asupan zinc sebanyak 8-13 miligram per hari. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 makanan kaya zinc. Anda bisa mendapatkannya di sini!

Baca Juga: https://k-link.co.id/4-rekomendasi-jus-untuk-meningkatkan-imun-tubuh/

1. Daging Merah

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Daging merah menjadi salah satu sumber zinc yang baik, seperti daging sapi dan domba. Pada 100 gram daging sapi mentah terdapat 4,8 miligram zinc, atau sekitar 44 persen kebutuhan zinc harian. Dari jumlah yang sama, Anda bisa memperoleh 176 kalori, 20 gram protein dan 10 gram lemak. Perlu diketahui, manfaat ini bisa didapat jika Anda menghindari daging olahan.

​2. Daging Ayam

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Menurut Everyday Health, dalam 128 gram daging ayam tanpa kulit mengandung 2,13 miligram zinc atau 19 persen dari kebutuhan zinc harian. Selain itu, telur ayam pun bisa dijadikan salah satu sumber zinc. Satu telur ayam berukuran besar mengandung sekitar 0,6 miligram zinc.

​3. Kacang-Kacangan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Bukan hanya sebagai camilan sehat untuk yang sedang diet, beberapa jenis kacang juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Contohnya kacang mete, kacang tanah dan kacang almond yang mengandung 15% kebutuhan zinc harian, dalam setiap 28 gramnya. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa jadikan sebagai camilan atau dijadikan campuran untuk salad.

​4. Susu dan Berbagai Macam Olahannya

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Selain kalsium dan protein, susu juga memiliki kandungan zinc yang penting untuk tubuh. Menurut Diet and Fitness Today, susu mengandung 0,38 mg zinc dalam setiap 100 gramnya. Anda juga bisa mengonsumsi produk olahannya seperti yogurt dan keju untuk memenuhi kebutuhan zinc tubuh. Produk susu bisa Anda konsumsi dengan rutin dan cara mengolahnya pun terbilang mudah.

​5. Tiram

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Zinc juga terdapat pada salah satu hewan laut bernama tiram. Tiram mengandung mineral zinc yang sangat tinggi. Menurut U.S Office of Dietary Supplements, di dalam 3 ons tiram yang telah dimasak mengandung sebanyak 74 mg zinc.

​6. Jamur

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Tenang, untuk yang tidak mengonsumsi daging dan produk unggas, Anda bisa mendapatkan asupan zinc pada jamur. Dalam 128 gram jamur potong mentah terkandung sekitar 0,4 gram zinc atau 3 persen dari kebutuhan harian.

​7. Bayam

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Banyak penelitian meyakini, bahwa bayam terbukti mengandung beberapa mineral yang sangat penting untuk tubuh. Perpaduan zat besi dan zinc di dalamnya menjadikan makanan ini sumber mineral terbaik bagi seseorang yang sedang berada dalam tahap penyembuhan. Untuk memperoleh manfaat bayam secara maksimal, Anda harus memasaknya dengan perlakuan khusus dan dimakan segera usai dimasak.

Itu lah 7 makanan kaya zinc untuk meningkatkan imun tubuh. Kebaikan sumber zinc bisa juga Anda dapatkan dalam suplemen seperti K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Suplemen makanan tambahan ini berasal dari spirulina (ganggang hijau biru) yang dikembangkan di Earthrise Farm, California.


K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant tinggi kandungan mineral seperti selenium dan zinc untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Suplemen ini bekerja mengaktifkan limfosit T (sel T) dengan mengendalikan dan mengatur respons imun serta menyerang sel yang terinfeksi. Dengan bentuk yang cair, suplemen ini mudah diserap oleh tubuh dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak sampai lansia.

Saatnya dongkrak imun tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam virus penyebab penyakit. Pastikan lengkapi nutrisnya dengan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant! (Angga/Jody)

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/tidur-cukup-bisa-dukung-daya-tahan-tubuh-ini-faktanya/