4 Rekomendasi Jus untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Menjaga kesehatan menjadi prioritas utama di masa pandemi yang belum berakhir ini. Meski protokol new normal sudah diberlakukan di Indonesia, namun pandemi sebenarnya belum berakhir, sehingga daya tahan tubuh perlu tetap ditingkatkan.

Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan. Ya, buah mengandung banyak antioksidan yang diperlukan untuk menjaga imun tubuh atau daya tahan tubuh. Tidak hanya dimakan langsung, Anda juga bisa mencoba mengolahnya menjadi jus. Buah-buahan yang sudah menjadi jus kandungan nutrisinya bisa tetap terjaga selama yang dikonsumsi adalah jus segar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 4 rekomendasi jus untuk meningkatkan imun tubuh:

Baca Juga: Ini Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Melemahkan Imunitas

1. Jus Jeruk

jus-jeruk

​(Foto: ​https://www.freepik.com)​

Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C yang sangat berguna untuk melawan berbagai infeksi dan merespons gangguan imun tubuh. Sifat antioksidan dalam vitamin C juga bermanfaat melindungi sel-sel tubuh yang rusak. Tidak heran memang jika tubuh membutuhkan asupan vitamin C yang cukup agar tetap sehat. Yuk, penuhi asupan nutrisi vitamin C Anda dengan rutin mengonsumsi jus seruk.

​2. Jus Bit dan Wortel

jus-wortel

​(Foto: ​https://www.freepik.com)​

Kandungan vitamin A, C dan E, ditambah zat besi dan kalsium yang tinggi bisa ditemukan pada jus bit dan wortel. Jus ini baik untuk menghilangkan peradangan sebagai salah satu reaksi kekebalan tubuh terhadap infeksi. Anda juga bisa menambahkan sedikit campuran jahe dan kunyit pada jus ini untuk mengurangi pilek dan juga batuk.

​3. Jus Semangka

jus-semangka

​(Foto: ​https://www.freepik.com)​

Buah ini tidak hanya memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi juga bisa membantu meredakan nyeri otot. Bagi orang dewasa, nyeri otot kerap dikaitkan sebagai gejala umum flu. Kandungan air yang ada pada buah semangka pun dipercaya bisa membantu menjaga saluran pencernaan.

​4. Jus Tomat

jus-tomat

​(Foto: ​https://www.freepik.com)​

Kebaikan vitamin C dan antioksidan pada jus tomat memiliki berbagai manfaat, seperti mendukung penyerapan zat besi, meningkatkan kesehatan kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini juga menjadi spesial karena mengandung likopen untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Itu lah 4 rekomendasi jus untuk meningkatkan imun tubuh. Supaya nutrisi di dalam jus tetap terjaga, pastikan pilih buah-buahan yang segar, cuci terlebih dahulu buah dan hindari pemanis tambahan seperti gula. Jika ingin menambah rasa manis, Anda bisa menambahkan madu seperti K-Honey 5 in 1 atau bisa juga menambahkan Propolis Platinum.

K-LINK HONEY 5 IN 1 KEMASAN BARU


K-Honey 5 in 1 kaya akan royal jelly dan berbagai ekstrak buah bergizi tinggi, seperti kurma, anggur dan delima. Kebaikan flavonoid pada madu ini bersifat antioksidan untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Kebaikan nutrisi lainnya terdapat pada Propolis Platinum yang merupakan propolis hijau dengan grade terbaik. Kandungan bioflavonoid di dalamnya membantu melindungi tubuh dari bahaya mikroorganisme termasuk virus.

propolis platinum


Dengan takaran 250 ml jus, bisa tambahkan 1-2 sendok makan K-Honey 5 in 1 untuk dewasa, sedangkan anak-anak disarankan 1-2 sendok teh saja. Untuk tambahan jus dengan propolis platinum, bisa disesuaikan dengan dosis berdasarkan usia. Usia 2-6 tahun dua kali sehari sebanyak 2 tetes, 6-12 tahun dua kali sehari sebanyak 3 tetes, dan dewasa dua kali sehari sebanyak 5 tetes.

Yuk, jaga daya tahan tubuh dengan rutin minum jus segar tanpa pemanis buatan. Pastikan lengkapi juga nutrisinya dengan K-Honey 5 in 1 dan Propolis Platinum. (Angga/Jabbar/Rahma)

Artikel Rekomendasi: 5 Alasan di Balik Pentingnya Mengonsumsi Vitamin C