Tiba-tiba Mimisan Bikin Panik? Tenang, Kenali Dulu Penyebabnya

Sedang asik melakukan rutinitas, tiba-tiba hidung Anda mengeluarkan darah. Ya, mungkin sebagian orang akan merasa panik saat tiba-tiba mimisan. Apa Anda pernah mengalaminya juga, mitra K-LINK? Walaupun bukan kondisi yang membahayakan, tetapi kondisi ini sebaiknya jangan diabaikan. 

Kondisi ini terjadi saat pembuluh darah pecah, maka hidung akan mengeluarkan darah yang biasa disebut mimisan dan biasanya hanya terjadi di satu lubang hidung saja. Mimisan memang tidak selalu menjadi tanda kesehatan yang berbahaya, namun ada baiknya Anda mengetahui apa penyebabnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penyebab sering tiba-tiba mimisan. Simak ulasannya di bawah ini:

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Pentingnya Mengonsumsi Vitamin C

1. Cuaca Ekstrem

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Tiba-tiba mimisan bisa terjadi karena faktor udara yang kering. Kondisi ini biasa terjadi pada musim dingin ketika banyak infeksi saluran pernapasan atas dan saat terjadi perubahan suhu kelembapan secara ekstrem.

​2. Cedera Pada Hidung

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kondisi ini biasanya sering terjadi pada anak-anak. Mengiritasi hidung dengan menggaruk atau mengupil bisa membuat pembuluh darah rentan mengalami perdarahan. Penyebab lainnya bisa terjadi karena adanya benturan pada hidung.

​3. Infeksi Saluran Pernapasan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Mimisan bisa juga terjadi saat Anda mencoba membuang ingus dari hidung karena tersumbat atau infeksi saluran pernapasan. Pendarahan mungkin terjadi saat Anda meniup udara dari hidung dengan terlalu keras. Hembusan dari hidung yang kencang bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Infeksi saluran pernapasan yang bisa membuat Anda mimisan, seperti pilek atau sinusitis.

​4. Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kebiasaan minum alkohol bisa mengakibatkan trombosit tidak normal dan terhambat, sehingga pembekuan darah akan sulit teratasi. Minuman beralkohol juga dapat membuat pembuluh darah melebar, hal ini dapat memicu mimisan tiba-tiba. Untuk itu, baiknya Anda menghindari konsumsi alkohol untuk menjaga kesehatan.

​5. Kelelahan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Bukan hanya membuat stamina tubuh menurun, kelelahan juga membuat pembuluh darah pada tubuh ikut melemah. Jika pembuluh darah di hidung sedang melemah, maka pembuluh darah akan mudah tegang kemudian pecah dan terjadilah mimisan.

6. Masalah Kesehatan Tertentu

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Mimisan bisa terjadi karena adanya masalah kesehatan tertentu. Jika Anda sering mengalami mimisan  secara tiba-tiba dan tidak tahu apa penyebabnya, mungkin ada masalah pada hati dan ginjal. Selain itu, bisa disebabkan karena penurunan kemampuan tubuh dalam membekukan darah. Misalnya hipertensi, gagal jantung dan alergi tertentu.

Itu lah beberapa penyebab mimisan yang harus Anda ketahui. Agar tidak mudah mimisan pastikan Anda menjaga kelembapan hidung, tempat tinggal dan tentunya hindari risiko penyebab di atas. Satu yang tak kalah penting, pastikan tubuh Anda tidak kekurangan vitamin C. Karena pembuluh darah diperkuat kolagen, kekurangan vitamin C bisa menyebabkan pembuluh darah melemah hingga terjadi pecah pembuluh darah.

Penuhi asupan vitamin C dengan K-Vit C Plus Teavigo dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Kebaikan antioksidan vitamin C dan ekstrak teh hijau (teavigo) pada K-Vit C Plus Teavigo bekerja sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan jaringan, menjaga kadar radikal bebas tetap normal, dan tentu saja aman bagi lambung.


Kebaikan vitamin C lainnya ada pada K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Kombinasi spirulina dan ekstrak blackcurrant di dalamnya tinggi akan kandungan vitamin C. Selain itu, ada juga kandungan pigmen phycocyanin dan enzim SOD yang berperan membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan menjaga daya tahan tubuh.

Yuk, mulai sekarang lengkapi kebutuhan vitamin C harian Anda. Rutinitas lancar, daya tahan tubuh optimal! (Jabbar/Jody/Rahma)

Artikel Rekomendasi: Hati-hati! Ini 7 Tanda Peredaran Darah Anda Tidak Lancar