Tetap Sehat Meski Sering Naik Kendaraan Umum, Ini Tipsnya!

Naik kendaraan umum tentu memiliki keuntungan tersendiri. Mulai dari mengurangi jejak karbon pribadi hingga terhindar dari kemacetan. Namun, di sisi lain, risikonya juga mengkhawatirkan. Salah satunya bisa menjadi sumber penyakit.

Saat naik kendaraan umum, Anda harus menyadari akan banyak orang dengan kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Artinya, di dalam kendaraan umum berisiko jadi sumber penyakit serta tempat penularan virus, bakteri, maupun kuman. Kondisi tersebut yang berpotensi menyebabkan seseorang jadi mudah sakit, hingga terkena penyakit seperti batuk, flu, sampai reaksi alergi. Belum lagi beberapa faktor kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan seperti dilansir dari WebMD, di antaranya:

  • Waktu tidur yang berantakan
  • Kebiasaan merokok dan mengonsumi alkohol
  • Konsumsi gula dan makanan cepat saji berlebihan
  • Obesitas hingga stres

Agar tetap sehat, kebiasan buruk di atas tentu sebaiknya Anda hindari. Satu yang tak kalah penting, daya tahan tubuh harus tetap dijaga agar tidak mudah terserang penyakit. Saat naik kendaraan umum, perjalanan yang memakan waktu lama juga bisa membuat Anda menjadi kelelahan, belum lagi faktor polusi udara yang kerap terjadi di kota-kota besar. Agar tetap sehat saat sering naik kendaraan umum, Anda bisa mengikuti tips berikut seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Menjaga Kebersihan Diri

Saat naik kendaraan umum, pastikan selalu sedia hand sanitizer untuk membasmi virus, bakteri, maupun kuman penyebab penyakit. Jangan lupa gunakan masker dengan benar, serta segera mandi dan ganti baju saat sampai ke rumah. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir risiko menularkan virus ke orang di dalam rumah

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari. Ya, hal ini bertujuan agar daya tahan tubuh Anda terjaga dengan baik, sehingga kuman tidak mudah menginfeksi. Mulai kombinasikan sumber karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak dalam takaran sesuai kebutuhan. Kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji dan tinggi gula. Tidak lupa, hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol juga, ya!

3. Lengkapi dengan Asupan Suplemen

Butuh lebih dari sekadar makanan untuk menjalani mobilitas, termasuk saat naik kendaraan umum. Rekomendasinya, suplemen tinggi vitamin C hingga zinc dibutuhkan agar sel-sel tubuh terlindungi dan beregenerasi dengan cepat, agar tetap sehat di tengah sumber penyakit. Supaya manfaatnya optimal, pastikan pilih suplemen dengan kandungan vitamin sesuai anjuran dan konsumsi dengan teratur.

Baik saat naik kendaraan umum atau melakukan aktivitas lain, daya tahan tubuh harus tetap dijaga agar tetap sehat dan terhidar dari risiko sumber penyakit. Mulai pola hidup sehat Anda, jika perlu, Anda bisa menambahkan asupan suplemen makanan tambahan seperti K-Liquid Chlorophyll, K-OmegaSqua Plus dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant.

Semuanya mengandung kebaikan nutrisi lengkap untuk membantu mendongkrak daya tahan tubuh, terlebih di musim pancaroba, tubuh jadi lebih mudah drop. Ya, ketiga suplemen ini berperan penting membantu menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. Tubuh jadi lebih fit, siap menjalankan rutinitas sehari-hari. Selalu sedia K-Liquid Chlorophyll, K-OmegaSqua Plus dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant untuk membantu dongkrak daya tahan tubuh. Naik kendaraan umum jadi nggak worry!

  • WebMD. Diakses pada 2023. How Your Bad Habits Affect Your Health.
  • Medical News Today. Diakses pada 2023. How to reduce the risk of getting sick.
  • Healthline. Diakses pada 2023. The Secrets to Never Getting Sick.
  • Klik Dokter. Diakses pada 2023. 4 Kiat Sehat Naik Transportasi Umum.
  • Generation Foundation. Diakses pada 2023. Keuntungan Naik Transportasi Umum.