Mengenal Jenis Vitamin untuk Membantu Booster Imun Tubuh

Situasi pandemi Covid-19 memang sempat mereda di Tanah Air, tapi rasa cemas masyarakat kembali muncul akibat adanya varian Omicron yang kasusnya melonjak. Ditambah lagi faktor kondisi cuaca yang tidak menentu, yang mengakibatkan imun tubuh seseorang mudah menurun hingga jatuh sakit.


Seperti diketahui, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian vaksin booster sebagai upaya meningkatkan ketahanan tubuh terhadap Covid-19 dan berbagai variannya. Namun, vaksin booster di Indonesia belum sepenuhnya diberikan secara menyeluruh dan maksimal. Perlu Anda ketahui, untuk booster imun sebenarnya tidak hanya didapatkan dari vaksinasi saja, lho. Ya, booster imun juga bisa Anda dapatkan dari tambahan vitamin.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ragam jenis vitamin untuk membantu imun booster, dapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh sambil menunggu vaksin booster!

1. Vitamin C

Vitamin C yang merupakan booster imun terbesar yang bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari menyembuhkan luka, menetralisir radikal bebas hingga melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Tak hanya itu, vitamin ini juga berperan penting sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh serta memproduksi kolagen yang baik bagi kesehatan. Kebaikan vitamin C bisa didapatkan dari makanan, seperti jeruk, lemon, stroberi, paprika, pepaya dan brokoli.

2. Vitamin B6

Vitamin jenis ini diperlukan tubuh untuk menguatkan sel-sel imun melawan mikroba berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Vitamin B6 bekerja membantu memacu proses pembuatan sel-T, yaitu sel kekebalan yang merupakan “prajurit garda terdepan” untuk membunuh sel-sel terinfeksi saat ada virus masuk. Vitamin B6 juga membantu sistem kekebalan tubuh semakin peka akan serangan potensial. Dapatkan makanan kaya Vitamin B6 dari daging ayam, salmon, tuna dan sayuran hijau.

3. Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan kuat untuk membantu tubuh melawan infeksi. Antioksidan sendiri dikenal sebagai pelindung dari radikal bebas. Radikal bebas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Untuk itu, asupan vitamin E penting bagi tubuh. Makanan kaya vitamin E antara lain kacang-kacangan, biji-bijian serta bayam.

4. Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang dibutuhkan dalam proses produksi sel-sel sistem imun yang baru. Untuk itu, perannya juga tak kalah penting dibandingkan beragam jenis vitamin untuk imun tubuh lainnya. Nutrisi ini sering ditemukan di sumber makanan hewani. Tapi, Anda juga bisa menemukannya dalam beragam jenis sayur. Sumber makanan yang mengandung zinc seperti tiram, kepiting, daging, unggas tanpa lemak serta yogurt.

Untuk melindungi tubuh di masa pandemi, mengonsumsi makanan bervitamin saja tidak cukup. Jika perlu, Anda bisa melengkapinya dengan kebaikan suplemen seperti K-Vit C Plus Teavigo dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Keduanya tentu saja mengandung kebaikan vitamin untuk membantu imun booster, mulai dari vitamin C sampai zinc.


Kebaikan vitamin C dan E pada K-Vit C Plus Teavigo terdapat pada ekstrak teh hijau. Kombinasi super antioksidan di dalamnya membantu memperkuat sistem imun dalam menghadapi serangan mikroorganisme, termasuk virus. Selain menyehatkan, suplemen tablet effervescent ini memiliki rasa yang enak dan segar di mulut. Satu yang tak kalah penting ada K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Nutrisi vitamin A, B kompleks, C, E, mineral magnesium, selenium, pigmen beta karoten serta zinc di dalamnya menjadi kombinasi super untuk membantu tubuh melawan radikal bebas, sehingga imunitas bisa tetap terjaga.

Ingat, pandemi ini belum usai. Tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran. Optimalkan juga kekebalan tubuh Anda dan lengkapi nutrisinya dengan K-Vit C Plus Teavigo dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. (Jabbar/Jody)