Sambil Menunggu Vaksinasi, Jangan Lengah untuk Menjaga Imun Tubuh

Vaksin corona telah tiba di Tanah Air. Kabar baiknya pemerintah akan menggratiskan vaksinasi untuk semua kalangan masyarakat. Namun, Anda harus bersabar karena proses pemberian vaksin dilakukan secara bertahap dengan diberikan kepada golongan prioritas terlebih dahulu.

Di masa pandemi, kesehatan harus menjadi prioritas utama. Menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas wajib dilakukan. Sebenarnya tidak hanya itu, Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat demi menjaga imun tubuh. Jadi jangan lengah ya, sambil menunggu vaksinasi, ayo jaga imun tubuh dengan langkah ini:

Baca Juga: Kenali Ciri Ruam Kulit yang Jadi Gejala COVID-19

1. Istirahat Cukup

Menurut penelitian National Sleep Foundation, seorang manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur selama kurang lebih 7-9 jam dalam sehari. Maka dari itu, istirahat yang cukup merupakan cara sederhana saat proses meningkatkan imun tubuh.

​2. Tetap Terhidrasi

Lebih dari 60% tubuh terdiri dari air. Menurut WHO, kebutuhan air minum orang dewasa rata-rata sekitar 8 gelas atau 2 liter. Anda harus memperbanyak minum air saat melakukan aktivitas berlebih, seperti olahraga atau ketika cuaca panas. Jadi, pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi ya.

​3. Hindari Stres

Stres berlebih bisa memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol dan mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari hal tersebut. Baiknya luangkan waktu untuk berelaksasi, seperti melakukan hobi, me time, hingga pijat refleksi untuk meredakan stres.

​4. Rutin Olahraga

Langkah selanjutnya adalah rutin olahraga selama 30 menit setiap hari. Aktivitas ini paling sehat jika dilakukan di bawah paparan sinar matahari pagi secara langsung, karena dapat meningkatkan kadar vitamin D dari sinar matahari. Tidak perlu pergi ke gym, Anda bisa melakukan olahraga yang mudah dan murah dengan berjalan cepat atau jogging.

​5. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat yang bergizi seimbang berperan dalam meningkatkan imun tubuh. Hindari makanan mentah, seperti daging mentah, telur mentah hingga sayur mentah. Baiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah. Ya, vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat imun tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.


Padatnya aktivitas sering membuat pola makan menjadi tidak sehat. Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan harian tak hanya melalui makanan sehat, tapi juga dengan mengonsumsi suplemen seperti K-Sauda VCO, Propolis Platinum dan K-Liquid Chlorophyll. K-Sauda VCO mengandung thymoquinone dalam habbatussauda dan asam laurat di dalam VCO (Virgin Coconut Oil). Keduanya merupakan gabungan super dalam menghadapi serangan mikrooganisme termasuk virus.


Sementara itu, Propolis Platinum merupakan produk lebah yang kaya akan senyawa bioflavonoid. Kandungan bioflavonoid, seperti quercetin dan aterpilin C di dalamnya menjadikannya salah satu bahan alami yang penting dikonsumsi untuk memperkuat sistem imun tubuh. Terakhir ada K-Liquid Chlorophyll, merupakan minuman kesehatan yang mengandung zat hijau daun (chlorophyll) dari daun Alfalfa (Medicago sativa). Minuman ini mengandung 60 jenis nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral untuk meningkatkan stamina dan menjaga sistem imun tubuh.


So, itu lah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga imun tubuh. Jangan lengah dan tetap waspada ya. Lengkapi konsumsi makanan sehat Anda dengan kebaikan suplemen K-Sauda VCO, Propolis Platinum dan K-Liquid Chlorophyll. (Jabbar/Jody)


Artikel Rekomendasi: Ini Kriteria Orang yang Tidak Boleh Mendapatkan Vaksin COVID-19