Manfaat Minyak Hati Ikan Kod untuk Kesehatan Anak

Minyak ikan kod telah digunakan dalam dunia medis sejak tahun 1789 yang menjadi salah satu sumber terbaik dari asam lemak omega-3. Ini merupakan minyak yang diekstraksi dari hati ikan kod, di mana kandungan nutrisinya yang tinggi dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan anak.

Ya, minyak hati ikan kod dapat menjadi sumber vitamin A, vitamin D, serta asam lemak omega-3, seperti asam eikosapentanoik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA). Asam lemak omega-3 mendukung banyak sistem tubuh dan dapat mencegah sejumlah penyakit. Mengonsumsi minyak ikan kod dengan makanan, terutama makanan berlemak, dapat membantu tubuh lebih baik mencerna dan menyerap asam lemak omega-3.

Berikut ini beberapa manfaat yang terdapat pada minyak hati ikan kod yang dikutip dari berbagai sumber:

  • Mencegah Rakitis

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Rakitis adalah kelainan pertumbuhan tulang pada anak yang disebabkan karena gangguan metabolisme atau kekurangan vitamin D, magnesium, fosfor dan kalsium. Gejalanya yakni pertumbuhan terhambat, nyeri pada tulang belakang, punggung dan betis, serta kelemahan pada otot. Rakitis adalah satu penyakit anak yang paling sering terjadi di banyak negara berkembang, termasuk Indonesia. Sebelum ditemukannya minyak hati ikan kod, banyak anak menderita cacat tulang. Namun, sejak orang tua mulai memasukkan suplemen ikan kod dalam rutinitas konsumsi anak-anak, penyakit rakitis menurun drastis.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes Tipe 1

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Diabetes 1 adalah penyakit autoimun yang biasanya terjadi pada orang berusia muda, seperti anak-anak atau remaja, namun penyebab pastinya tidak diketahui. Sebuah penelitian dilakukan di Norwegia telah menunjukan bahwa mengonsumsi minyak hati ikan kod pada tahun pertama kehidupan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 1.

  • Mencegah Infeksi

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kandungan vitamin D yang tinggi dalam minyak ikan kod dapat mendorong sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, sehingga anak tidak rentan demam dan flu. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of the American Collage of Nutrition (JACN), suplemen minyak ikan kod juga menurunkan tingkat penyakit pernapasan atas sebesar 36 sampai 58 persen.

  • Menjaga Kesehatan Mata

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kandungan vitamin A dan D pada minyak hati ikan kod juga bermanfaat untuk kesehatan mata, dapat menjaga penglihatan tetap sehat dalam jangka panjang. Sementara vitamin A juga sangat penting sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan mata yang mengarah ke glaukoma.

  • Melindungi Kesehatan Jantung

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan kod merupakan nutrisi yang baik untuk melindungi kesehatan jantung anak. Asam lemak omega-3 merupakan lemak tak jenuh yang dapat melindungi jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar trigliserida.


Nah manfaat minyak hati ikan kod dapat Anda rasakan dalam suplemen K-Kids yang memang dikhususkan untuk anak. Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, K-Kids juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas, membantu perkembangan secara kualitatif dan kuantitatif serta memaksimalkan pertumbuhan. Selain itu, omega-3 pada K-Kids dapat membantu mencegah kegemukan dengan mengendalikan berat badan dan mengecilkan lingkar pinggang.

Yuk, berikan anak Anda K-Kids setiap hari agar tumbuh kembangnya maksimal. Bagi anak usia 1-6 tahun, cukup konsumsi 1 kali dalam sehari, sementara untuk anak usia 6-12, konsumsi 2 kali dalam sehari. (Rahma)