fbpx

Ini 6 Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan

Senam Zumba atau Zumba Dance adalah salah satu jenis gerakan senam yang berasal dari tradisi latin. Setiap gerakan senam ini menyisipkan musik dan koreografi senam aerobik, terlihat seakan berolahraga sambil menari. 

Zumba bisa dikatakan sebagai olahraga cardio yang dapat membakar lemak dan membentuk lekuk tubuh. Sesi kelas zumba biasanya berlangsung selama 50-60 menit. Terdiri dari sesi gerakan cepat (fast rhythm) dan gerakan lambat (slow rhythm) yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan untuk membakar lemak dan membentuk otot.

Gerakan senam ini memang semakin digemari banyak wanita karena terbukti dapat menurunkan berat badan, sekaligus membentuk tubuh menjadi lebih langsing dan seksi. Bagi sebagian orang, zumba terlihat sulit dan melelahkan, namun setelah mencobanya banyak orang yang ketagihan loh.

Yuk, simak manfaat senam zumba untuk kesehatan berikut:

  • Membakar Lemak


    (Foto : https://unsplash.com)

    Senam ini akan menggerakan seluruh anggota tubuh Anda sehingga pembakaran lemak di bagian tubuh seperti bokong, paha dan lengan akan berjalan optimal. Gerakan yang terkontrol ke latihan kardiovaskular dengan intensitas tinggi zumba membuat metabolisme Anda tetap tinggi selama satu jam, setara dengan 300-600 kalori yang terbakar.
  • Menguatkan Otot dan Membentuk Postur


    (Foto : https://unsplash.com)

    Gerakan senam zumba yang dilakukan dengan teratur dapat menguatkan otot tubuh. Semakin kuatnya otot tubuh, maka semakin sedikit pula lemak pada tubuh. Gerakan pada senam zumba juga menjadikan badan rileks dan fleksibel, postur tubuh pun akan menjadi lebih baik. Anda pun akan terhindar dari risiko cedera pada otot dan sendi.
  • Menyehatkan Jantung


    (Foto : https://hellosehat.com)

    Ya, senam zumba melibatkan latihan kardiovaskular yang lengkap. Gerakan zumba yang cepat dan bervariasi terbukti dapat melancarkan peredaran darah berjalan lebih optimal. Rutin melakukan senam zumba menjamin jantung kamu selalu sehat, terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya dan penyakit mematikan lainnya.
  • Menstabilkan Tekanan Darah


    (Foto : https://healthy-zone.ro)

    Salah satu cara menstabilkan tekanan darah, Anda harus melakukan kegiatan aktivitas fisik seperti berolahraga. Senam zumba sifatnya dapat mengatasi stres atau depresi, jenis olahraga ini tentu bisa mengatasi masalah hipertensi dengan baik.
  • Mencegah Stres dan Depresi


    (Foto : https://unsplash.com)

    Stres yang terus menerus dirasakan tanpa diatasi dengan baik tentu akan menyebabkan berbagai risiko penyakit berbahaya. Rutin mengikuti senam zumba akan merangsang produksi hormon serotonin. Jadi, semakin banyak serotonin yang diproduksi, maka akan semakin bahagia pula perasaan Anda. Selain mampu mengatasi stres, zumba juga bisa membuat tubuh makin bugar dan otak makin segar.
  • Meningkatkan Kepercayaan Diri


    (Foto : https://unsplash.com)

    Senam ini mampu meningkatkan kemampuan menari dan kesehatan tubuh dengan cara yang menyenangkan. Ketika sedang zumba seseorang akan merasa lebih nyaman dengan dirinya sendiri. Dengan timbulnya rasa nyaman pada diri sendiri, kepercayaan diri pun akan meningkat. Perubahan ini akan memengaruhi mood dan penampilan secara tidak langsung menjadi lebih percaya diri.

Itulah 6 manfaat senam zumba untuk kesehatan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu Anda harus melakukannya dengan rutin. Bagi yang tertarik melakukan jenis olahraga ini, jangan khawatir karena sudah banyak tempat olahraga yang menyediakan kelas zumba. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat Mitra K-Link! (Jody)