Bahaya di Balik Konsumsi Gula Pasir

Gula merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh manusia, sehingga kita dianjurkan untuk mengonsumsinya. Namun Anda perlu tahu seberapa banyak kadar gula yang dibutuhkan tubuh, karena jika mengonsuminya terlalu berlebih, justru dapat memicu penyakit, lho.

Kandungan gula sendiri dapat Anda temukan di berbagai makanan dan minuman yang biasa Anda konsumsi. Namun kadar gula pada makanan dan minuman sehari-hari seringkali mengkhawatirkan masyarakat luas yang belum paham akan kadar konsumsi gula yang aman.

Dikutip dari laman Kompas.com, menurut Kementerian Kesehatan, kita disarankan untuk mengonsumsi gula tak lebih dari 50gram atau empat sendok makan gula per hari. Demi kesehatan, pria disarankan hanya mengonsumsi gula maksimal sembilan sendok teh atau 36gram gula per hari.

Baca Juga: ​ Bahaya Radikal Bebas, Cegah dengan Makanan Kaya Antioksidan

Anda juga perlu mengetahui bahayanya mengonsumsi gula berlebih bagi tubuh, beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Kulit Kendur dan Berkerut

(Foto: https://www.freepik.com)

Mengonsumsi gula berlebihan bisa membuat Anda tampak lebih tua ketimbang usia asli Anda. Pasalnya, kelebihan konsumsi gula yang tidak diserap tubuh dapat menempel pada protein dalam aliran darah. Kondisi tersebut memicu keluarnya molekul berbahaya yang dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit.

  • Merusak Pankreas

(Foto: https://www.freepik.com)

Mengonsumsi gula berlebihan bisa membuat respons tubuh pada insulin terganggu. Pasalnya, kelebihan konsumsi gula mengakibatkan pankreas kerap bekerja ekstra untuk memompa lebih banyak insulin. Apabila terus dipaksa bekerja keras, pankreas lambat laun bisa rusak dan kadar gula darah terus naik tanpa kontrol.

  • Kelebihan Berat Badan

(Foto: https://www.freepik.com)

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin minum minuman manis cenderung punya berat badan berlebih dan memiliki risiko lebih besar untuk mengidap penyakit diabetes tipe 2.

  • Penyakit Jantung

(Foto: https://www.freepik.com)

​Mengonsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan kadar insulin dalam aliran darah. Kondisi tersebut dapat membuat dinding arteri meradang. Sehingga, dinding arteri jadi lebih tebal dan lebih kaku. Saat dinding arteri tebal dan kaku, jantung rentan stres dan lambat laun kesehatan pembuluh darah secara keseluruhan terganggu.

​​Dan masih banyak lagi berbagai bahaya yang timbul saat kita mengonsumsi gula terutama gula pasir secara berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk mulai mengganti gula pasir kita dengan konsumsi madu yang jauh lebih sehat.

Jika dibandingkan dengan gula pasir, madu memiliki keunggulannya tersendiri, antara lain:

  • Lebih bernutrisi: Berbeda dengan gula, madu dilengkapi dengan kandungan protein, vitamin, dan mineral. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada madu antara lain kalsium, copper, potassium, dan zinc.
  • Rasa lebih manis: Madu memiliki kandungan fruktosa lebih tinggi dibandingkan dengan glukosa. Nah, fruktosa memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan glukosa. Dengan kondisi ini Anda bisa menggunakan madu dalam jumlah yang lebih sedikit, tanpa harus kehilangan rasa manisnya.
  • Kaya antioksidan: Madu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan yang terdapat dalam madu termasuk Polyphenols dan Phytochemicals yang digunakan tubuh untuk mencegah terjadinya peradangan sel yang berdampak pada kanker, menstabilkan tekanan darah dan melindungi dari radikal bebas.

Semua manfaat madu ini bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi K-Honey 5 in 1, selain manfaat di atas, produk madu asli dan murni ini juga dilengkapi dengan royal jelly dan ekstrak buah yang meningkatkan kemampuan antioksidannya seperti ekstrak buah kurma, ekstrak buah delima dan ekstrak buah anggur.


Mulai ganti gula harian Anda dengan K-Honey 5 in 1 agar tubuh Anda tidak kelebihan gula, dan terhindar dari berbagai penyakit. (Jabbar/Rahma)

Artikel Rekomendasi: ​ Penyebab Penderita Diabetes Riskan Terinfeksi COVID-19