6 Makanan Bergizi untuk Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata menjadi hal penting untuk dilakukan. Pasalnya, salah satu bagian panca indra ini memiliki peran vital dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Sayangnya, tidak banyak orang yang memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga kesehatan mata. Hal itu kemudian bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan penglihatan.

Saat mata sudah bermasalah atau mengalami gangguan penglihatan, cara mengatasinya mungkin tidak akan mudah. Bahkan beberapa jenis kerusakan pada mata pun bisa saja berdampak negatif. Ya, penyakit mata bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Perawatannya pun beragam, ada yang sembuh dengan sendirinya, ada juga yang membutuhkan pengobatan medis, seperti dengan obat sakit mata dari dokter spesialis mata. Beberapa penyakit mata yang umum terjadi, di antaranya:

  • Konjungtivitis (jaringan lunak di sekitar mata meradang)
  • Mata kering
  • Katarak
  • Glaukoma
  • Kelainan Refraksi (penglihatan buram)

Baca Juga:  Waspadalah, Kolesterol Tinggi Dapat Mengganggu Kesehatan Hati

Penelitian menunjukkan, makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C, E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3 dapat membantu menangkal masalah kesehatan mata. Berbagai nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi di bawah ini:

  • Sayuran Hijau

    (Foto : https://www.freepik.com/)

    Sayuran hijau memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin. Kedua zat gizi ini memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula dan katarak. Sayuran hijau yang memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin cukup tinggi adalah bayam, daun kale, sawi, brokoli dan lobak hijau.
  • Ikan Salmon


    (Foto : https://www.freepik.com/)

    Kandungan asam lemak omega-3 tinggi pada ikan salmon dapat membantu mencegah degenerasi makula, kekeringan retina, kehilangan penglihatan dan kelelahan mata. Orang yang rutin mengonsumsi salmon dikatakan memiliki penglihatan yang lebih baik dibandingkan dengan orang lain yang tidak memakannya.
  • Ikan Tuna


    (Foto : https://www.freepik.com/)

    Manfaat ikan tuna didapatkan dari asam lemak omega-3. Komponen yang satu ini, mampu mencegah terjadinya penyakit mata seperti degenerasi makula. Selain itu, mengonsumsi ikan tuna juga bisa menurunkan risiko terjadinya kerusakan mata akibat diabetes atau diabetic retinopathy.
  • Telur Rebus


    (Foto : https://www.freepik.com/)

    Anda bisa mulai mengonsumsi telur rebus dari sekarang. Ya, telur rebus mempunyai kandungan zeaxanthin lebih banyak dibandingkan sayur. Kandungan ini mampu mencegah terjadinya degenerasi makula dan mengurangi risiko katarak. Ini bisa jadi salah satu manfaat telur rebus yang tidak boleh dilewatkan.
  • Kacang Tanah


    (Foto : https://www.freepik.com/)

    Kacang merupakan sumber vitamin E dan asam lemak omega-3, ini merupakan bahan penting untuk kesehatan mata. Vitamin E di dalamnya terbukti untuk menunda katarak dan degenerasi makula terkait usia. Orang yang kekurangan omega-3 rentan terhadap berbagai penyakit mata.
  • Buah Jeruk


    (Foto : https://www.freepik.com/)

    Penelitian menunjukan, orang yang rutin mengonsumsi buah jeruk, 60 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan bentuk kehilangan penglihatan (degenerasi makula) dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi buah. Mengutip dari Antaranews.com, ahli epidemiologi, Bamini Gopinath dari University of Sydney mengungkapkan, mengonsumsi jeruk seminggu sekali memberikan manfaat signifikan, kandungan flavonoid pada jeruk membantu melindungi terhadap penyakit.  

Itulah 6 jenis makanan bergizi untuk menjaga kesehatan mata. Jika Anda tidak menyukai sayur dan buah-buahan, mengonsumsi suplemen K-Liquid Chlorophyll dan K-OmegaSqua Plus bisa menjadi alternatif pilihan.  

Temukan nutrisi harian yang lengkap pada K-Liquid Chlorophyll. Minuman kesehatan ini berasal dari tumbuhan terbaik di dunia yaitu daun Alfalfa (Medicago Sativa) yang mengandung lebih dari 60 jenis nutrisi alami tumbuhan. Memiliki kadar klorofil dan nutrisi seperti vitamin A, C dan E lebih banyak dibandingkan dengan tanaman hijau lainnya, nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata.


Untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3, Anda dapat mengonsumsi K-OmegaSqua Plus. Suplemen ini bersumber dari ikan salmon Norwegia yang tinggi asam lemak omega-3. Kandungan DHA di dalam omega-3 merupakan struktur utama dalam retina mata, sehingga jika asupan DHA terpenuhi, mata Anda pun akan terjaga kesehatannya. Ayo, rutin konsumsi K-Liquid Chlorophyll dan K-OmegaSqua Plus agar mata Anda tetap sehat. (Jabbar/Jody/Rahma)

Artikel Rekomendasi:  5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Merusak Kesehatan Mata