Sumber Vitamin D Terbaik Bisa Didapatkan Pada 7 Makanan Ini

Bekerja seharian di ruangan ber-AC membuat banyak orang tidak terlalu sering terkena sinar matahari pagi. Padalah, sinar matahari pagi mengandung kebaikan vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh, lho.

Vitamin D berperan menjaga kesehatan tulang hingga membentengi imun tubuh. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D meski kekurangan sinar matahari pagi, Anda bisa melengkapinya dengan asupan makanan. Makanan apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 makanan yang kaya akan sumber vitamin D. Simak ulasannya di bawah ini:

Baca Juga: 6 Makanan Sehat untuk Membantu Kurangi Stres, Apa Saja?

1. Kuning Telur

(Foto: https://www.freepik.com)

Kuning telur menjadi sumber vitamin D yang mudah untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Dalam satu kuning telur, sedikitnya bisa memenuhi 5% kebutuhan vitamin D orang setiap harinya. Satu kuning telur ayam ras mengandung sekitar 40 IU vitamin D. Kadar vitamin D yang lebih tinggi (sekitar 3-4 kali) dapat ditemukan pada kuning telur ayam kampung.

​2. Minyak Ikan Kod

(Foto: https://www.freepik.com)

Jika Anda tidak suka ikan, mengonsumsi minyak ikan bisa jadi kunci untuk mendapatkan nutrisi tertentu. Minyak ikan kod merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Sekitar 1 sendok teh minyak ikan kod mengandung sekitar 448 IU vitamin D.

​3. Jamur

(Foto: https://www.freepik.com)

Makanan jenis ini sering dijumpai di berbagai olahan makanan, seperti pizza, cap cay, hingga jamur crispy. Di balik rasanya yang cukup lezat, jamur memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan. Untuk setiap 100 mg jamur, terdapat 446 IU vitamin D di dalamnya, lho.

​4. Tuna Kaleng

(Foto: https://www.freepik.com)

Tuna kalengan mengandung 268 IU vitamin D per 3,5 ons (100 gram) dan sanggup mencukupi kebutuhan vitamin D harian hingga 34 persen. Tuna kalengan juga merupakan sumber vitamin B3 atau niasin dan vitamin K yang baik bagi tubuh.

​5. Tiram

(Foto: https://www.freepik.com)

Selain zinc, ternyata tiram juga makanan yang kaya akan vitamin D. Kandungan vitamin D pada tiram mencapai 272 IU per 86 gram, setara dengan 68% dari total kebutuhan harian. Baiknya, Makanlah dalam jumlah sedang, mengingat kadar kolesterol pada tiram cukup tinggi.

​6. Susu Sapi

(Foto: https://www.freepik.com)

Secara alami, susu sapi adalah bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi, termasuk kalsium, fosfor, dan riboflavin. Di beberapa negara, susu sapi dapat diolah dan diperkaya dengan vitamin D. Susu sapi biasanya mengandung sekitar 115-130 IU per cangkir (237 ml) atau bisa memenuhi kebutuhan vitamin D harian hingga 15–22 persen.

​7. Ikan Salmon

(Foto: https://www.freepik.com)

Ikan salmon menjadi salah satu makanan sumber vitamin D yang bisa diandalkan. Dalam 100 gramnya terkandung sekitar 361-685 IU vitamin D, bergantung pada jenis salmon itu sendiri. Di tambah lagi ikan salmon begitu kaya akan asam lemak omega-3, protein dan antioksidan astaxanthin yang mampu memberi manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Itu lah 7 makanan yang kaya akan sumber vitamin D. Selain dari sinar matahari dan makanan, Anda juga bisa menambahkan asupan vitamin D dari suplemen seperti K-OmegaSqua Plus. Suplemen makanan tambahan ini mengandung kebaikan nutrisi yang lengkap, seperti omega-3, squalene, vitamin D3 dan E.


Kebaikan omega-3 di dalamnya berasal dari Ikan Salmon Norwegia yang baik untuk mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Saat jantung dan organ penting lain bekerja dengan baik, maka metabolisme menjadi optimal, sehingga imun tubuh akan terjaga. Kandungan vitamin E pada K-OmegaSqua Plus juga tinggi antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel penting dalam tubuh.

Ayo, penuhi kebutuhan vitamin D harian Anda mulai sekarang. Pastikan lengkapi juga nutrisinya dengan K-OmegaSqua Plus, ya! (Angga/Jody)

Artikel Rekomendasi: Manfaat Minyak Hati Ikan Kod untuk Kesehatan Anak