6 Makanan Sehat untuk Membantu Kurangi Stres, Apa Saja?

Anda sedang mengalami kondisi stres dan banyak pikiran? Eits, jangan diabaikan ya. Istilah banyak pikiran bisa membuat sakit nampaknya ada benarnya juga, lho. Menurut fakta medis, stres khususnya yang berkepanjangan bisa menimbulkan berbagai penyakit. Padahal, di masa pandemi ini Anda harus tetap menjaga kondisi kesehatan 

Kondisi kadar hormon kortisol yang melonjak tajam saat stres mampu melemahkan respons imun terhadap berbagai ancaman, tak terkecuali Virus Corona. Ya, stres juga bisa memengaruhi imun tubuh. Kabar baiknya, ternyata stres bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan sehat tertentu, apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 6 makanan sehat untuk membantu kurangi stres:

Baca Juga: Memahami Manajemen Stres untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

1. Ikan Berlemak

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Ikan yang bisa membantu kurangi stres adalah jenis ikan berlemak. Anda bisa memilih ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel. Jenis ikan tersebut tinggi kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin D. Keduanya terbukti mampu mengurangi kadar stres dan membuat suasana hati yang lebih baik. Bonusnya, ikan ini juga bisa jadi sumber protein menyehatkan.

​2. Sayuran Hijau

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sayuran hijau bisa jadi rekomendasi untuk Anda. Ya, kebanyakan sayuran berdaun hijau mengandung folat dan vitamin A yang bisa memproduksi serotonin, lho. Rendahnya magnesium dalam tubuh bisa menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Kedua hal ini bisa mendatangkan stres. Untuk itu, santaplah sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sawi yang kaya akan magnesium untuk menghindari sakit kepala serta kelelahan.

​3. Karbohidrat Kompleks

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Berdasarkan riset dalam Journal of Nutrition and Food Sciences, diketahui bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks membantu lebih banyak produksi serotonin. Pilihannya juga beragam, mulai dari roti gandum, pasta, sereal hingga oatmeal. Karbohidrat kompleks juga bisa menstabilkan kadar gula darah Anda, lho.

​4. Cokelat Hitam

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Cokelat sudah lama digunakan sebagai ramuan alami pencegah depresi dan meningkatkan suasana hati. Cokelat mengandung phenylethylamine yang bisa menurunkan hormon cortisol penyebab stres serta meningkatkan serotonin yang dikenal sebagai hormon bahagia. Bahkan, konsumsi dark chocolate saat hamil sangat dianjurkan karena dapat meredam stres dan membuat saraf lebih rileks.

​5. Asupan Sumber Vitamin C

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Buah kiwi, jeruk, paprika, atau jambu biji adalah sederet makanan sumber vitamin C. Tak hanya meningkatkan imun tubuh. Vitamin ini juga terbukti ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres. Kadar vitamin C paling tinggi dalam tubuh ditemukan secara alami di kelenjar adrenalin, dan penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh.

​6. Teh Hijau

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Teh hijau merupakan salah satu minuman lezat untuk meredakan stres. Minuman ini mengandung senyawa alami yang disebut dengan L-theanine yang bermanfaat untuk mengurangi stres dan kecemasan dalam tubuh. Berbeda dengan kopi, kandungan kafein di dalam teh hijau tidak menyebabkan rasa gelisah dan jantung berdebar, lho.

Itu lah 6 makanan sehat untuk membantu kurangi stres. Selain dengan jenis makanan sehat di atas, Anda juga bisa menambahkan asupan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi suplemen makanan tambahan seperti K-Vit C Plus Teavigo. Kombinasi vitamin C dan ekstrak teh hijau (teavigo) di dalamnya berperan sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan jaringan, menjaga kadar radikal bebas tetap normal, dan membantu meningkatkan imun tubuh.


Selain menyehatkan, suplemen tablet effervescent ini memiliki rasa yang enak dan segar di mulut. Bentuk tablet effervescent membuat kebaikan nutrisi di dalamnya mudah diserap oleh tubuh. So, suplemen ini cocok banget menemani aktivitas keseharian Anda dan keluarga. Tunggu apa lagi, ayo kelola stres Anda salah satunya dengan membiasakan mengonsumsi makanan sehat. Lengkapi juga nutrisi harian Anda dengan K-Vit C Plus Teavigo, ya. Satu tablet effervescent untuk sejuta manfaat, segar dan menyehatkan! (Jabbar/Jody)

Artikel Rekomendasi: Belanja Makanan Tetap Aman dan Higienis Selama Pandemi, Ini Tipsnya!