Mengenal Hiperpigmentasi dan Cara Mencegahnya

Hiperpigmentasi merupakan masalah kulit yang sering dijumpai. Masalah ini disebabkan oleh produksi melanin berlebih, sehingga membuat area tertentu menjadi lebih gelap. Perlu diketahui, bahwa freckles, age spot atau flek hitam dan melasma itu adalah kasus hiperpigmentasi yang berbeda.

Freckles, flek hitam dan melasma umumnya dapat menyerang laki-laki atau perempuan, namun ketiganya punya rentang usia yang berbeda-beda. flek hitam dan melasma umumnya menyerang mereka yang punya rentang usia 20 hingga 50 tahun lebih. Sedangkan freckles bisa ditemukan di wajah anak-anak.

Dari ketiga kasus hiperpigmentasi di atas, kurang lebih memiliki penyebab yang sama, yaitu akibat terlalu lama terpapar sinar matahari. Namun, ada juga penyebab lainnya, seperti perubahan hormon, pemilihan produk makeup yang tidak tepat, juga dapat dipicu oleh konsumsi obat-obatan.

Baca Juga: ​Cegah Munculnya Flek Hitam dengan Cara Ini

Untuk mencegahnya, kamu bisa ikuti dua langkah berikut ini:

1. Menggunakan Skincare

​Pertama, kamu bisa menggunakan produk skincare khusus untuk mencegah masalah hiperpigmentasi. Namun, kamu perlu hati-hati saat memilik skincare.  Banyak produk skincare yang mengklaim dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi, tapi malah menambah masalah pada kulit, seperti iritasi, pembengkakan bahkan sampai merusak jaringan kulit.

Sebelum menggunakannya, kamu wajib mengetahui kandungan yang terdapat pada skincare-mu. Pastikan tidak mengandung bahan berbahaya, seperti paraben, sodium lauryl sulfate (SLS), zat pewarna sintetis, phthalates dan bahan berbahaya lainnya.

Produk skincare yang dapat mencegah hiperpigmentasi, salah satunya adalah rangkaian K-BeauCareline Whitening Series.  Rangkaian skincare wajah ini diformulasikan dengan bahan aktif dari Spanyol yang berfungsi untuk mencegah terjadinya iritasi, pengelupasan dan efek negatif lainnya. Kandungan Chromabright di dalamnya bermanfaat mencegah terbentuknya melanin kulit, sehingga dapat mencegah hiperpigmentasi. Kandungan Ascorbic acid berfungsi sebagai kolagen untuk memperbaiki kulit. Kandungan Ethyl ascorbic acid bekerja sebagai zat antioksidan dan anti inflamasi untuk kulit tetap sehat. Selain itu, kandungan plankton extract pada skincare ini juga berfungsi mengurangi hiperpigmentasi pada wajah.

​2. Setrika wajah


​Langkah selanjutnya adalah melakukan treatment menggunakan setrika wajah. Kamu bisa menggunakan setrika wajah K-Reclar sebagai alat water peeling galvanic ion dan alat untuk bantu memaksimalkan produk skincare. Treatment water peeling bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, serta membantu regenerasi sel kulit, sehingga dapat mencegah timbulnya hiperpigmentasi.

​Cara menggunakan K-Reclar:

  • Setelah pembersihan wajah dengan produk K-BeauCareline Whitening Series Facial Wash, dalam keadaan kulit wajah masih setengah basah, gunakan mode water peeling pada K-Reclar.
  • Langkah selanjutnya, gunakan toner dan diamkan kurang lebih 5 menit.
  • Gunakan K-BeauCareline Whitening Series Serum dan ratakan dengan K-Reclar menggunakan mode Iight G-RED atau gelombang ion merah. Ini dilakukan agar penyerapan ke dalam kulit lebih cepat dan hasil lebih maksimal. Pemakaian mode G-RED dapat dilakukan selama 5 menit setiap penggunaan K-BeuCareline Whitening Series Serum.
  • Terakhir, tutup dengan penggunaan K-BeauCareline Whitening Series Day Cream pada pagi hari dan night cream pada malam hari.

Lakukan langkah mudah atasi hiperpigmentasi ini secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil optimal. Kamu bisa melakukannya di rumah, jadi lebih fleksibel dan mudah. Cukup dengan menggunakan K-BeauCareline Whitening Series didampingi dengan K-Reclar, masalah hiperpigmentasi dapat dicegah sedini mungkin! (Diah/Isti/Rahma)

Artikel Rekomendasi:Tak Perlu ke Salon, Lakukan Treatment Wajah dengan Cara Ini