Ragam Manfaat Omega-3 yang Sayang untuk Dilewatkan

Omega-3 menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh karena kaya akan manfaat. Omega-3 merupakan asam lemak esensial atau asam lemak tak jenuh ganda, yang artinya zat ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. 

Nutrisi omega-3 banyak ditemukan pada ikan salmon, tuna, sarden dan makanan laut jenis lainnya. Namun, omega-3 juga bisa didapat dari berbagai jenis makanan atau suplemen kesehatan. Dilansir dari Honestdocs.id, berikut ini 3 jenis asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk tubuh, di antaranya:

  • DHA (docosahexaenoic acid)
    Merupakan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam beberapa jenis minyak ikan dan rumput laut.
  • EPA (eisocaspentaenoic acid)
    Sama dengan DHA, EPA juga banyak terkandung dalam ikan laut.
  • ALA (alpha-linolenic acid)
    Merupakan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian serta daging berkualitas tinggi, seperti sapi yang diberi makan rumput.

Baca Juga: 4 Jenis Nutrisi Alami untuk Cegah Stres

Pertanyaannya, apa sih manfaat omega-3 untuk kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ragam manfaat omega-3 untuk kesehatan tubuh, jangan sampai terlewatkan!

1. Mendukung Perkembangan Otak

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Nutrisi pada omega-3 diketahui mampu mendukung perkembangan otak. Seperti fungsi hormon aktif yaitu dopamin dan serotonin yang bekerja melindungi otak dari beberapa penyakit seperti skizofrenia, alzheimer dan demensia.

​2. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Asam lemak pada omega-3 mampu menurunkan kekuatan estrogen guna menjaga jaringan payudara. Hal ini menjadi elemen penting dalam menggantikan sel payudara yang bisa rusak akibat terserang inflamasi sel kanker. Untuk itu, asam lemak omega-3 dapat dijadikan alternatif guna melawan serangan kanker tersebut.

​3. Menguatkan Tulang dan Otot

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Konsumsi minyak ikan ini dikatakan memiliki Bone Mineral Density (BMD) atau kepadatan tulang lebih besar. Untuk Anda yang gemar nge-gym atau olahraga lain, mengonsumsi omega-3 jadi sangat penting untuk memperkuat otot dan tulang, sehingga mampu menjalani aktivitas berat.

​4. Menjaga Kesehatan Jantung

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Minyak ikan mengandung nutrisi yang dapat membuat peredaran darah menjadi lancar, sehingga bisa membantu mengurangi risiko serangan jantung.

​5. Baik untuk Kesehatan Kulit

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

DHA adalah komponen struktural kulit yang bertanggung jawab menjaga kesehatan membran sel yang memengaruhi sebagian besar tesktur kulit. Selaput sel yang sehat akan menghasilkan kulit lembut, lembap, lentur dan bebas dari kerutan. EPA juga memberi manfaat pada kulit, mulai dari mengatur produksi minyak di kulit hingga mencegah munculnya jerawat.

​6. Membantu Mengatasi Depresi

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa orang dengan depresi berat memiliki tingkat omega-3 darah yang rendah. Karenanya, omega-3 sangat diperlukan untuk mencegah dan mengatasi gejala depresi.

Umumnya, makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan laut pada 100 gramnya memiliki 1 gram asam lemak tak jenuh ganda. Namun, tak jarang karena proses pengolahan yang kurang tepat membuat nutrisi di dalamnya menjadi tidak maksimal. Untuk mencukupinya, K-Link Indonesia merekomendasikan K-OmegaSqua Plus sebagai nutrisi pelengkap yang kaya omega-3.


K-OmegaSqua Plus merupakan suplemen kesehatan yang mengandung nutrisi lengkap, seperti omega-3 (EPA & DHA), squalance dan vitamin D3 untuk membantu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Kebaikan omega-3 di dalamya didapatkan dari ikan salmon Norwegia. Selain itu, kandungan vitamin D3 pada suplemen ini juga memiliki kemampuan anti inflamasi (mengurangi peradangan) dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jangan sampai terlewatkan! Yuk, penuhi kebutuhan omega-3 dan nutrisi lainnya dengan K-OmegaSqua Plus! (Angga/Jody) 

Artikel Rekomendasi: Selain Menutrisi Otak, Ini Manfaat Kandungan Omega-3 untuk Perkembangan Anak