Mengenal Sederet Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit, Ternyata Bikin Awet Muda

Di masa pancaroba dan pandemi berbagai macam penyakit mudah sekali berkembang. Alhasil, tubuh jadi mudah terserang penyakit. Selain dengan menjaga imun tubuh, kebiasaan menerapkan pola hidup bersih juga wajib Anda diterapkan, salah satunya rajin menggunakan hand sanitizer saat beraktivitas.


Namun, tingginya kandungan alkohol pada hand sanitizer kerap dikeluhkan karena bisa membuat kulit menjadi kering, kasar dan tak jarang menimbulkan masalah pada tangan. Untuk itu, Anda harus lebih cermat dalam memilih produk hand sanitizer. Selain memilih produk yang mengandung alkohol minimal 70% sesuai anjuran WHO, sebaiknya juga ada kandungan lain untuk merawat kulit tangan tetap lembap serta halus seperti jojoba oil.

Jojoba Oil dan Manfaatnya untuk Kulit Tangan 

Melansir dari Alodokter, jojoba (simmondsia chinensis) merupakan jenis tanaman yang tumbuh subur di daerah beriklim kering dan gersang wilayah Amerika Utara. Biji dari tanaman jojoba telah lama diolah menjadi minyak yang tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan produk kecantikan atau kosmetik. Berikut ini sederet manfaat jojoba oil untuk kulit yang wajib Anda ketahui:

1. Melembutkan dan Melembapkan Kulit

(Foto: https://www.freepik.com)

Jojoba oil merupakan salah satu pelembap atau emolien alami kulit. Riset menyebutkan bahwa kandungan mineral, vitamin, antioksidan, serta minyak alami pada minyak jojoba dapat membantu melembapkan tekstur alami kulit. Bahkan, minyak ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering, iritasi, gatal, dan mencegah pengelupasan kulit.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

(Foto: https://www.freepik.com)

Beberapa studi menyebutkan bawah minyak jojoba mampu mempercepat proses penyembuhan luka, sekaligus menghilangkan bekas luka. Hal ini dikarenakan tanaman jojoba mengandung zat yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan. Karena mengandung aneka vitamin dan mineral seperti vitamin E, minyak jojoba juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang terluka atau iritasi akibat paparan sinar matahari.

3. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

(Foto: https://www.freepik.com)

Minyak jojoba secara alami bisa menjadi pelindung dari paparan sinar matahari yang dapat membakar kulit. Beberapa bagian kulit tubuh yang mudah terbakar sinar matahari, termasuk wajah, leher, pergelangan tangan dan kaki. Minyak ini mengandung vitamin E dan B kompleks yang dapat mempercepat proses penyembuhan tanpa kerusakan lebih lanjut atau kehilangan air akibat paparan matahari.

4. Mencegah Penuaan pada Kulit

(Foto : media.istockphoto.com)

Jojoba oil diklaim mampu merangsang pembentukan kolagen secara alami, sehingga dapat bermanfaat dalam menghambat proses penuaan dini pada kulit. Karena mengandung efek pelembap dan antiradang, minyak jojoba juga bisa digunakan untuk mengurangi dan memudarkan keriput atau kerutan.

Itu lah sederet manfaat jojoba oil untuk kulit. Kabar baiknya, Anda bisa merasakan manfaat minyak jojoba pada K-Care Moisturizing Gel Hand Sanitizer. Pembersih tangan berbentuk gel ini mengandung kebaikan zat aktif, seperti vitamin E, jojoba ester, fluorphlogopite dan titanium dioxide yang berperan membantu membersihkan tangan dari kuman dan virus penyebab infeksi, sekaligus merawat kulit tangan.

K-Care Moisturizing Gel Hand Sanitizer


Sementara itu, kandungan jojoba di dalamnya berperan penting membantu melembapkan, mengembalikan tekstur alami hingga mencegah pengelupasan kulit. Yang tak kalah penting juga memiliki aktivitas antiradang, antibakteri dan juga sebagai antioksidan. Ada dua pilihan varian, yaitu Vanila dan Cherry Blossom dengan aroma yang khas seperti parfum. Yuk, selalu siap sedia K-Care Moisturizing Gel Hand Sanitizer saat beraktivitas. (Angga/Jody)