Lelah Berlebihan? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini!

Pernah mengalami lelah sepanjang hari sehingga aktivitas terganggu? Padahal Anda tidak melakukan aktivitas berat namun rasa lelah muncul. Sudah melakukan istirahat namun rasa lelah ini tidak kunjung hilang. Kira-kira apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasaannya dibawah ini.

Kelelahan pada dasarnya normal dan muncul akibat banyaknya aktivitas yang Anda lakukan setiap hari. Kelelahan dalam batas normal ini dapat diatasi dengan istirahat dan akan mudah hilang dalam hitungan jam. Namun dalam beberapa kasus, rasa lelah juga dapat timbul secara berlebihan bahkan hingga berhari-hari. Kebanyakan orang menganggap lelah berlebihan ini  bukan sebuah masalah besar. Padahal, hal ini dapat membuat stamina dan kekebalan tubuh menjadi menurun, hilang motivasi, susah fokus, mudah ngantuk dan berbagai penyakit infeksi pun dapat mudah menyerang.

Tanda-tanda jika Anda mengalami lelah berlebihan:

  1. Merasa lelah terus menerus.
  2. Muncul keinginan untuk tidur.
  3. Cemas, mudah tersinggung, dan depresi.
  4. Susah fokus atau hilang konsentrasi.
  5. Memiliki masalah pencernaan.
  6. Gairah seks yang rendah.

Jika Anda mengalami tanda-tanda diatas, sebaiknya lakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat sehingga terhindar dari rasa lelah berlebihan, seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Minum Banyak Air

(Foto : Shutterstock.com)

Rasa lelah dapat diakibatkan kurangnya carian dalam tubuh atau hidrasi. Mungkin tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik sehingga tubuh lelah. Minum air mineral yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Anda dapat minum minimal 8 gelas per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Semakin tinggi tingkat aktivitas yang dilakukan maka semakin banyak air mineral yang dibutuhkan dalam satu hari.

Olahraga


(Foto : Shutterstock.com)

Mungkin Anda sering mendengar anjuran untuk melakukan olahraga. Ya, terdengar mudah dilakukan namun masih banyak orang yang malas melakukannya. Bisa jadi Anda kelelahan karena jarang berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan peredaran darah. Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka energi semakin bertambah. Anda dapat melakukan olahraga ringan dan mudah dilakukan seperti jalan santai selama 15 menit, lari pagi atau bersepeda selama 30 menit perhari. Mudah dan tidak banyak memerlukan banyak waktu bukan?

Tidur Yang Cukup

(Foto: 1health.id)

Anda mungkin sering begadang sehingga keesokan harinya akan merasa lelah sepanjang hari. Tidurlah lebih awal jika tidak ingin merasa kelelahan. Anda dapat tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam agar dapat mengembalikan semangat dan tenaga untuk beraktivitas kembali. Hindari hal-hal yang dapat mengganggu kualitas tidur seperti memegang smartphone atau menonton TV saat akan tidur.

Makan Makanan Sehat

(Foto : https://img-s2.onedio.com)

Mengonsumsi makanan tidak sehat seperti fast food dan junk food akan berpengaruh terhadap nutrisi tubuh. Ditambah dengan pola makan yang tidak teratur maka dapat mengurangi energi yang dibutuhkan tubuh. Bagi Anda yang melewatkan sarapan maka dipastikan tubuh akan kekurangan kalori untuk menjaga energi sehingga muncul rasa lelah. Penuhi nutrisi dengan mengonsumi makanan sehat sehingga terhindar dari rasa lelah. Sebelum makan, Anda dapat mengonsumsi K-Liquid Chlorophyll 3 gelas sehari. Kandungan klorofil yang di ekstrak dari daun Alfalfa dalam K-Liquid Chlorophyll akan membantu meningkatkan daya serap nutrisi dan energi, sehingga Anda terhindar dari rasa lelah.