Langkah Sehat untuk Cegah Stroke di Usia Muda

Stroke menjadi penyakit yang harus diwaspadai. Bukan tanpa alasan, penyakit ini tercatat menjadi penyakit penyebab kematian terbanyak setelah penyakit jantung dan kanker. Bahayanya, stroke juga bisa menyerang mereka yang berusia muda atau berada di usia produktif.

Dilansir dari hellosehat, penelitian yang dipublikasikan Jurnal Neurology menjelaskan bahwa penyakit stroke sudah mulai menyasar kaum muda. Pada pertengahan tahun 1990 hingga awal 2000, kenaikan penderita stroke sekitar 54% terhadap orang berusia 20 sampai 45 tahun di Amerika Serikat. Penyebabnya adalah gangguan pembuluh darah yang memasok darah ke otak. Sekitar 15% dari semua stroke iskemik (sumbatan) terjadi pada usia dewasa muda (di bawah 40 tahun) dan remaja. 

Baca Juga: Penyakit Batu Ginjal, dari Penyebab hingga Pencegahan

Umumnya, stroke yang sering menyerang para penderita baik pasien lansia maupun usia muda adalah jenis stroke iskemik. Jika pemicu stroke pada usia lanjut adalah penyakit hipertensi, kolesterol, diabetes, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya. Sedangkan pemicu stroke pada usia muda sering dipicu oleh kondisi dan gaya hidup tidak sehat. Supaya terhindar dari risiko penyakit stroke di usia muda, berikut ini langkah sehat yang bisa Anda lakukan:

1. Olahraga Teratur

(Foto : https://www.sportsrec.com)

Olahraga sangat berkontribusi dalam menurunkan berat badan dan tekanan darah. Upaya ini juga membantu mengurangi risiko stroke. Lakukan olahraga setidaknya tiga kali dalam sepekan dengan intensitas sedang.

​2. Hindari Rokok

(Foto : https://www.huffpost.com/)

Merokok meningkatkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan darah dan oksigen tidak teraliri dengan baik. Kemudian, darah dapat menggumpal dan tekanan darah pun akan meningkat. Tekanan darah yang meningkat dapat meningkatkan risiko penyakit stroke.

​3. Perhatikan Berat Badan

menurunkan-berat-badan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Obesitas adalah pintu dari segala penyakit, seperti diabetes, jantung dan stroke. Oleh karena itu, perhatikan jam makan Anda. Hindari jam makan yang terlalu malam, karena seharusnya tubuh beristirahat. Jenis makanan juga harus diperhatikan. Kurangi mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori, dan hindari penggunaan minyak yang dipakai berulang.

​4. Lakukan Pengecekan Kesehatan Berkala

cek-kesehatan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit stroke, ada baiknya Anda melakukan pengecekan kesehatan secara berkala. Pengecekan kesehatan yang dimaksud adalah cek tekanan darah, gula darah, kadar kolesterol dan lain sebagainya.

​5. Konsumsi Makanan Bernutrisi

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran serta makanan untuk mencegah risiko stroke, seperti makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Ya, omega-3 merupakan zat yang mengandung EPA dan DHA sebagai pencegah terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah (aterosklerosis), serta bermanfaat menjaga kesehatan otak. Oleh sebab itu, omega-3 baik untuk mencegah risiko penyakit jantung dan stroke.

Salah satu sumber omega-3 terbaik bisa Anda dapatkan pada K-OmegaSqua Plus. Sumber omega-3 di dalamnya didapatkan dari ikan salmon Norwegia dengan kualitas terbaik. Kandungan omega-3 yang tinggi membantu menstabilkan tekanan darah, mengikat kolesterol jahat yang menumpuk pada pembuluh darah, serta meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

K-OMEGASQUA PLUS RESIZE


Selain itu, K-OmegaSqua Plus juga mengandung squalene untuk membantu meningkatkan suplai oksigen ke otak, sehingga memaksimalkan nutrisi sel otak bekerja maksimal, dan melancarkan peredaran darah yang baik untuk kesehatan jantung. Untuk menyempurnakannya, Anda bisa mengonsumsi nutrisi sehat pada K-Liquid Chlorophyll dan K-Ayurveda AyuRin Plus.

K-CHLOROPHYLL & K-AYURVEDA K-AYURINPLUS


Ekstrak zat hijau daun pada K-Liquid Chlorophyll membantu membersihkan racun dalam tubuh, menguatkan fungsi organ tubuh, seperti jantung dan paru-paru serta meningkatkan daya serap dan energi. Ya, minuman kesehatan ini direkomendasikan untuk membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.

Sedangkan K-Ayurveda AyuRin Plus adalah ekstrak tanaman herbal India untuk membantu melancarkan pembuangan air seni yang mengandung zat-zat racun dan sisa metabolisme dalam tubuh. Suplemen kesehatan ini juga dapat membantu menguatkan organ ginjal dan mengatur kadar air dan garam untuk mengontrol tekanan darah.

Itu lah beberapa langkah sehat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah risiko stroke di usia muda. Yuk, terapkan gaya hidup sehat dan konsumsi nutrisi tambahan seperti K-OmegaSqua Plus, K-Liquid Chlorophyll dan K-Ayurveda AyuRin Plus. (Dedi/Jody)

Artikel Rekomendasi: Ini Alasan Mengapa Obesitas Bisa Picu Penyakit Jantung