Komedo Ganggu Penampilanmu? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Salah satu permasalahan kulit yang umum dialami oleh setiap orang adalah komedo. Munculnya komedo akan mengganggu penampilan karena membuat permukaan kulit terlihat kasar. Dikutip dari Wolipop.detik.com, Dermatologist Nava Greenfield dari Schweiger Dermatology Group menjelaskan, komedo adalah penumpukan keratin dan minyak dari kelenjar keringat di dalam folikel rambut.

Ada dua jenis komedo, yakni whitehead (komedo kulit putih) dan blackhead (komedo hitam). Keduanya merupakan jenis jerawat kecil yang biasanya disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Perbedaannya, whitehead bersifat tertutup atau tidak tampak karena terletak di dalam kulit, sehingga tidak mengalami oksidasi dengan udara. Sedangkan blackhead, bersifat terbuka dan berada di luar permukaan, sehingga keratin dan sebum teroksidasi yang menyebabkan warnanya menghitam.

Baca Juga: ​Kupas Tuntas Tentang Pengangkatan Sel Kulit Mati

Umumnya, kemunculan komedo disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari, di antaranya yaitu:

1. Gaya Hidup yang Buruk

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Gaya hidup yang buruk selain akan memicu masalah kesehatan juga akan memicu timbulnya masalah pada kulit seperti komedo. Gaya hidup tersebut contohnya antara lain sering begadang, merokok, minum minuman beralkohol, dan stres.

​2. Kurang Minum Air Putih

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kebiasaan buruk lain yang menjadi penyebab komedo di wajah adalah kurangnya asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh. Padahal lebih dari separuh tubuh manusia terdiri dari cairan, sehingga memenuhi kebutuhan tubuh terhadap cairan adalah hal wajib. Jika hal ini tidak dilakukan, maka akan muncul komedo di permukaan hidung.

​3. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berminyak dan Berlemak

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Makan makanan yang berminyak dan berlemak secara berlebihan bisa memicu munculnya komedo. Meskipun tidak semua orang yang suka mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak akan mengalami komedo. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan berdampak pada bertambahnya kandungan minyak pada wajah yang memiliki potensi menyumbat pori-pori wajah, sehingga dapat muncul komedo ataupun jerawat.

​4. Terpapar Sinar Matahari, Debu dan Polusi

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sering terpapar sinar matahari secara langsung, debu, dan polusi juga dapat menyebabkan munculnya komedo. Sinar matahari secara langsung dapat merusak produksi kolagen dan elastin yang dapat memicu keriput dan komedo di permukaan wajah akibat pori-pori yang membesar. Debu dan polusi yang menempel di permukaan wajah yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori dan memicu komedo.

Jika kamu melakukan kebiasaan di atas, maka risiko munculnya komedo semakin besar. Komedo bisa terjadi pada siapa saja, baik wanita maupun pria. Oleh karena itu, hal dasar yang perlu dilakukan yaitu menjaga kebersihan kulit wajah dengan rajin membersihkan wajah.

Selain itu, melakukan treatment untuk mencegah bertambahnya komedo juga penting dilakukan. Misalnya melakukan perawatan peeling dengan alat treatment K-Reclar. K-Reclar adalah alat perawatan wajah revolusioner yang mengandung galvanic ion yang berfungsi untuk membantu memanjakan, mencegah komedo, dan meremajakan kulit dengan mengalirkan arus listrik rendah pada kulit. Arus listrik langsung yang diberikan pada kulit membantu mendorong sel-sel untuk meningkatkan kualitas penyerapan kulit. K-Reclar yang menggunakan getaran ultrasonic dan hipoalergenik sebagai galvanic ion secara maksimal dapat mengatasi masalah pori-pori kulit yang dapat menimbulkan komedo dan jerawat.

Adapun cara mencegah dan mengatasi komedo dengan K-Reclar adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan facial wash dan bilas
  • Dalam keadaan wajah setengah basah, lakukan peeling dengan K-Reclar
  • Tekan tombol pada K-Reclar dalam posisi water peeling
  • Lakukan peeling tanpa harus menekan terlalu kuat, cukup dengan mendorong mata pisau (blade) pada atas permukaan kulit seperti mengikis kelembapan ke arah atas
  • Lakukan 2-3 kali dalam seminggu


Nah, itu adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi komedo. Tentunya kamu juga harus memerhatikan asupan nutrisi bagi kulit agar kulit tetap sehat terhindar dari masalah-masalah kulit lainnya, ya! (Venny/Isti/Rahma)

​Artikel Rekomendasi: ​Adakah Efek Samping Perawatan Setrika Wajah?