Ini Penyebab Badan Kegemukan dan Cara Mengatasinya

Badan gemuk bagi sebagian orang kerap menjadi permasalahan serius yang bikin mood tidak bahagia. Baju dan celana jadi tidak muat, dan mengurangi rasa kepercayaan diri. Belum lagi risiko penyakit yang bisa ditimbulkan karena kegemukan. 

Perubahan ukuran badan memang sering tidak dapat dihindari. Namun, karena perubahannya terjadi sedikit demi sedikit, kebanyakan orang tidak menyadari. Alhasil, lemak badan sudah menumpuk. Baju favorit pun tak bisa lagi dipakai karena badan Anda bertambah gemuk. Berat badan berlebih bisa terjadi karena berbagai penyebab. Coba cek daftar berikut, apa ada satu penyebabnya pada diri Anda?

Baca Juga: https://k-link.co.id/ini-rahasia-mendapatkan-tubuh-sehat-dan-ideal/

  • Faktor Genetik


    (Foto : https://hellosehat.com)

    Kegemukan bisa terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Anda mungkin mengalami kegemukan jika orangtua atau kakek nenek Anda juga bertubuh gemuk. Meskipun “gemuk” itu sudah terpeta secara genetik di tubuh Anda, Anda tetap dapat berusaha meminimalkan risikonya. Anda dapat menghindari faktor-faktor lain yang menjadi penyebab kegemukan.
  • Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi


    (Foto : https://megavita.vn)

    Makanan yang kaya gula, garam, lemak, dan karbohidrat membuat berat badan cepat meningkat. Begitu pula dengan minuman yang umumnya mengandung banyak gula. Susahnya, justru makanan dan minuman seperti itulah yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Makanan siap saji memang praktis dan umumnya memiliki cita rasa lezat. Namun, kebanyakan makanan siap saji tersebut merupakan junk food yang kaya lemak, garam, minyak dan gula.
  • Kurang Bergerak


    (Foto : https://www.pinnaclehealthgroup.com.au)

    Berat badan berlebih pun bisa terjadi karena malas bergerak. Malas gerak ini juga ditunjang oleh kemajuan teknologi dan gaya hidup sekarang. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan lift atau eskalator daripada berjalan naik tangga, meskipun hanya untuk naik satu-dua lantai. Untuk membeli sesuatu di warung yang hanya berjarak 100 meter pun mengendarai sepeda motor. Belum lagi jika pekerjaan sehari-hari menuntut untuk lebih banyak menatap layar komputer.
  • Penyakit


    (Foto : https://hellosehat.com)

    Penyakit tertentu seperti hipotiroid, prolaktinoma, dan sindrom ovarium polikistik dapat membuat tubuh menggemuk.
  • Stres


    (Foto : Shutterstock.com)

    Sebagian orang kehilangan nafsu makan ketika stres. Namun, sebagian lagi justru makan dalam porsi besar untuk mengalihkan rasa stres. Makanan dan minuman manis-manis pun sering dijadikan pilihan untuk meredakan stres.

Perbaiki Gaya Hidup

Anda dapat meminimalkan risiko kegemukan dengan memperbaiki gaya hidup. Apa saja yang dapat Anda lakukan?

  • Memperbaiki Pola Makan


    (Foto : http://www.naturasottosopra.it)

    Selain mengurangi konsumsi makanan tinggi gula, lemak, dan karbohidrat, perbaiki pula waktu makan Anda. Jika Anda terbiasa tidak sarapan, sekarang mulailah membiasakan diri untuk sarapan. Melewatkan sarapan cenderung membuat Anda banyak mengemil menjelang waktu makan siang, atau makan siang dalam porsi besar. Hindari pula makan malam menjelang tidur karena akan menimbulkan penumpukan lemak tubuh. Beri waktu beberapa jam setelah makan baru kemudian tidur.
  • Banyak Bergerak dan olahraga


    (Foto : Shutterstock.com)

    Jika selama ini Anda malas beraktivitas fisik, sekarang mulailah melakukannya. Lakukanlah gerak fisik ringan tetapi rutin. Misalnya, jika tempat yang akan Anda tuju tidak terlalu jauh, Anda dapat bersepeda atau berjalan kaki. Jika Anda terbiasa menghabiskan 10-12 jam sehari untuk duduk bekerja, sekarang mulailah menyelipkan aktivitas fisik di antara kegiatan Anda. Misalnya berdiri dan berjalan-jalan sebentar di sekitar ruang kerja.
  • Mengenakan K-Perfect Aura Pants



    Untuk mengatasi masalah kegemukan, Anda juga dapat mengenakan K-Perfect Aura Pants. Celana inovatif dengan benang unik ini mengandung bahan-bahan tanaman alami yang didukung dengan teknologi nano.

K-Perfect Aura Pants bermanfaat untuk membantu memaksimalkan pembakaran lemak, meningkatkan elastisitas kulit, serta mempercepat regenerasi kulit. Celana ini mengandung ion negatif yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Memakai K-Perfect Aura Pants selama 10 menit sama dengan jogging selama 1 jam, berenang selama 30 menit, yoga selama 30 menit, atau berjalan kaki selama 2 jam. Yuk, atasi masalah kegemukan Anda, dapatkan bentuk tubuh ideal sekarang!

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/perut-langsing-dan-rata-dengan-yoga/