7 Tips Sehat Setelah Hari Raya

Beragam makanan yang menggoda merupakan satu kesatuan dari perayaan Idul Fitri. Tidak heran jika beberapa dari kita merasa gemuk setelah hari raya karena kerap balas dendam setelah berpuasa satu bulan lamanya. 

Tidak salah memang jika menikmati aneka hidangan lezat di hari yang fitri setelah selesai melaksanakan ibadah shalat ied dan berkunjung ke rumah sanak saudara. Namun yang salah adalah jika kita mengonsumsi semua hidangan tersebut dengan porsi yang berlebihan, seperti melakukan balas dendam. Pasalnya, pola makan pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan membuat tubuh harus kembali beradaptasi dengan pola makan selepasnya.

Tubuh akan merasa “kaget” saat kita mengonsumsi banyak makanan. Selain itu, perut juga bisa menjadi kembung karena kekenyangan, dan turut berdampak pada peningkatan berat badan. Untuk mengantisipasinya, simak 7 tips sehat setelah hari raya berikut:

Baca Juga: https://k-link.co.id/tips-diet-setelah-lebaran/

  1. Olahraga Adalah Kunci


    (Foto : https://www.shutterstock.com)

    Tidak perlu lakukan olahraga berat, cukup sempatkan setidaknya berjalan kaki santai di pagi hari selama 30 menit. Aktivitas ini bisa memicu tubuh untuk melepaskan hormon endhorphin dan menjaga metabolisme tetap baik.
  2. Konsumsi Sayur dan Buah


    (Foto : pxhere.com)

    Air dan serat memiliki peran penting bagi tubuh. Keduanya berguna untuk melancarkan pencenaan, menurunkan kolesterol dan bantu menurunkan berat badan.
  3. Sebelum Makan, Minum Air Putih Dulu


    (Foto : https://www.anandabazar.com)

    Penelitian mencatat jika orang yang minum dua gelas atau sekitar 500 ml air sebelum makan, mampu menurunkan 75 sampai 90 kalori yang diterima tubuh dari makanan. Hal ini berkhasiat untuk mengurangi asupan makanan yang akan dicerna tubuh.
  4. Kunyah Setiap Makanan dengan Benar


    (Foto : https://unsplash.com/)

    Banyak orang tidak sadar jika proses pencernaan sebenarnya dimulai di mulut, bukan di dalam perut. Ketika mengunyah, air liur yang mengandung enzim amilase mulai mencerna makanan bahkan sebelum kita menelannya. Mengunyah dengan metode yang tepat seperti memberikan sinyal kepada tubuh agar sistem yang lain tetap siap pada sisa pencernaan lainnya.
  5. Kontrol Porsi Makan


    (Foto : https://unsplash.com/)

    Lebih baik untuk banyak bicara, namun sedikit makan. Ini adalah cara cukup tepat yang bisa dilakukan untuk mengurangi porsi makan.
  6. Konsumsi Suplemen



    ​​​​Jangan lupa konsumsi suplemen agar tubuh tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya. Konsumsi K-Desert Miracle Extra Virgin Olive Oil dan K-OmegaSqua Plus dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar kolesterol, hipertensi dan penyakit lainnya saat hari raya Idul Fitri dan bulan-bulan setelahnya. Selain itu, mengganti santan dengan susu rendah lemak, yaitu susu K-C Susu Skim Bubuk juga bisa menjadi pilihan. Kandungan kolostrumnya kaya akan protein, sehingga dapat membantu menjaga sistem imun dan kesehatan tubuh.
  7. Lakukan Diet Tepat



    Diet dapat dilakukan bagi Anda yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan setelah lebaran? Jika ya, maka lakukan dengan diet yang tepat, seperti mengonsumsi Bioshake yang merupakan Bio Organik atau makanan Organik yang dishaker.  Kombinasi Organic K-BioGreen, K-Honey 5 in 1, K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant, dan K-C Susu Skim Bubuk di dalam Bioshake bantu menjaga berat badan karena mengandung serat tinggi yang berasal dari 58 ekstrak tumbuh-tumbuhan sehingga dapat membersihkan saluran pencernaan sekaligus memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Menu makanan ketika lebaran memang salah satu godaan terbesar untuk berat badan. Jadi jika kita ingin tetap fit dan mau pertahankan berat badan ideal selepas lebaran dan libur panjang, tips-tips berikut bisa segera dilakukan. Selamat mencoba Mitra K-Link!

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/jangan-berlebihan-saat-hari-raya-datang/