Tetap Sehat Saat Puasa dengan 5 Jenis Makanan Ini

Memasuki bulan suci ramadhan, umat muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa, tidak makan dan tidak minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Ibadah tidak harus dijadikan alasan untuk tidak menjalankan aktivitas karena faktor lemas, letih atau mengantuk. 

Menjaga kesehatan pada bulan puasa merupakan suatu keharusan. Tidak hanya dengan berolahraga dan istirahat cukup, namun Anda juga perlu memerhatikan menu makanan. Dengan terbatasnya waktu makan dan minum saat puasa, bukan berarti harus membatasi asupan gizi untuk tubuh Anda. Pasalnya setelah seharian berpuasa, tubuh kehilangan banyak cairan dan energi. Untuk itu, Anda harus memerhatikan menu makanan yang masuk dalam tubuh.

Ada baiknya jangan terlena dengan makanan yang tidak sehat karena mengikuti nafsu semata. Yuk, terapkan menu yang sehat saat berpuasa. Tetap sehat saat puasa dengan 5 jenis makanan berikut ini:

Baca Juga: https://k-link.co.id/maksimalkan-manfaat-susu-skim-sebagai-nutrisi-tubuh/

  • Sayuran


    (Foto : https://www.pexels.com)

    Saat menjalankan puasa lambung Anda beristirahat, sehingga ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang. Sayuran sangat mudah dicerna oleh tubuh, karena itu jenis makanan ini cocok untuk menemani berbuka puasa Anda. Selain memiliki kandungan serat yang baik, jenis sayuran juga kaya akan antioksidan dan vitamin B yang baik untuk kesehatan. Anda dapat memilih jenis masakan seperti sup, lalapan atau salad sayur.
  • Daging Merah dan Ikan


    (Foto : https://unsplash.com)

    Selain sayuran, konsumsi daging merah dan ikan pun baik untuk kebutuhan protein Anda. Ikan merupakan jenis lauk yang rendah lemak yang sehat untuk berbuka puasa. Anda bisa pilih jenis ikan seperti ikan mas, gurami atau kakap. Untuk daging sebaiknya pilihlah daging yang tidak memiliki terlalu banyak lemak, agar Anda tetap bisa mengontrol kalori yang masuk dalam tubuh.
  • Buah-Buahan


    (Foto : pxhere.com)

    Hindari kefein, minuman berasa atau teh karena jenis minuman ini akan membuat anda kehilangan cairan lebih cepat melalui buang air kecil, dan juga membuat dehidrasi. Penuhi konsumsi kebutuhan cairan dengan buah-buahan, atau bisa juga dibuat jus. Konsumsi jenis buah seperti jeruk, apel, semangka, kurma dan beberapa buah lain yang mengandung vitamin C untuk metabolisme tubuh. 
  • Madu

    (Foto : http://www.delgarm.com)

    Madu sangat bermanfaat untuk mengisi tenaga dan memulihkan energi setelah berpuasa.  Dengan madu Anda tetap bisa menjaga kadar gula darah, madu adalah pilihan menu yang paling tepat untuk berbuka. Anda juga bisa mencampurnya dengan makanan atau minuman sebagai pemanis alami. Di tengah aktivitas yang padat saat puasa, asupan madu juga bermanfaat untuk meningkatkan energi agar tidak cepat lemas.
  • Susu


    (Foto : https://pixabay.com/)

    Susu memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat membantu tubuh lebih kuat saat berpuasa. Salah satunya kandungan vitamin dan kalsium yang bisa membuat daya tahan tubuh tetap kuat saat berpuasa. Mengonsumsi segelas susu saat sahur dapat menjadi penyumbang cairan tubuh. Selain itu, minum segelas susu saat sahur juga dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama berkat kandungan protein di dalamnya.

Mulai dari sekarang, ayo penuhi kebutuhan nutrisi tubuh selama berpuasa dengan rajin mengonsumsi susu. Pilihan susu terbaik ada pada K-C Susu Skim Bubuk. Merupakan jenis susu skim yang kaya akan kandungan protein.


Susu skim membentuk otot lebih cepat dibandingkan dengan protein kedelai. Susu skim mengandung casein, protein yang mudah dicerna oleh tubuh. Kalsium pada K-C Susu Skim Bubuk membantu membentuk gigi dan tulang yang kuat. Dengan skim bubuk yang memiliki kadar lemak kurang dari 1% saja. Omega-3 pada K-C Susu Skim Bubuk bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak.

K-C Susu Skim Bubuk juga mengandung kolostrum, protein dan antibodi serta sedikit lemak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kebaikan kolostrumnya dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan imun selama berpuasa. Ayo, pastikan kebutuhan nutrisi Anda dan keluarga terpenuhi saat ramadhan dengan K-C Susu Skim Bubuk! (Jody)

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/5-penyakit-ini-dapat-dicegah-jika-rajin-minum-susu/