Pola Makan Sehat untuk Cegah Risiko Kanker

Penyakit kanker umumnya terjadi karena mutasi sel-sel normal secara berulang, sehingga membentuk sel ganas yang berkembang secara tak terkendali dan mengganggu kelangsungan hidup sel-sel normal. Bahayanya penyakit mematikan ini dapat menyerang siapa pun tanpa pandang usia dan jenis kelamin.

Namun tak perlu khawatir, kanker bukanlah jenis penyakit yang begitu saja bisa menyerang tubuh manusia tanpa bisa dicegah. Sebab pada kenyataannya, seseorang bisa terhindar dari penyakit kanker dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk dengan menjaga pola makan. Ya, pola makan sehat ini memang tidak menjamin 100 persen terbebas dari kanker, namun secara signifikan mampu mengurangi risikonya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini pemaparan pola makan sehat yang mudah ditiru untuk cegah risiko kanker: 

Baca Juga: Mengenal Penyakit Kanker dan Cara Pencegahannya

1. Perbanyak Asupan Serat

brokoli

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Penelitian menunjukkan konsumsi makanan tinggi serat mampu mencegah kanker kolorektal secara spesifik. Untuk mencegah kanker, Anda bisa mengonsumsi 30 gram serat setiap hari dari bijian utuh, buah, sayur nonpati, dan kacang-kacangan. Untuk jenis sayuran nonpati yang bisa dikonsumsi antara lain brokoli, kembang kol, bayam hingga seledri. Lalu buahnya ada jeruk dan ragam buah berry yang bisa jadi pilihan.

​2. Hindari Fast Food dan Makanan Tinggi Gula

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kedua jenis makanan ini sangat mungkin membuat seseorang kelebihan berat badan bahkan obesitas. Tentu memastikan tubuh tetap pada berat normal dan sehat sangat diperlukan untuk mencegah diabetes dan penyakit jantung yang bisa berujung pada kanker. Kanker terkait obesitas antara lain kanker esofagus, pankreas, payudara, hingga kanker endometrium. Ayo, mulai sekarang hindari konsumsi keripik kentang, cookies, minuman manis kemasan, dan makanan tak sehat lainnya.

​3. Kurangi Konsumsi Daging Merah

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sebuah penelitian mencatat jika Anda mengonsumsi daging merah lebih dari 18 ons dalam satu minggu membuat risiko kanker kolorektal meningkat. Tidak hanya itu, sering mengonsumsi daging yang diolah akan membuat tubuh rentan terserang kanker usus besar dan kanker lambung. Hal ini telah disampaikan oleh American Institute for Cancer Research. Batasi konsumsi daging merah tidak lebih dari 350-500 gram per minggu. Ikan dan ayam dapat menjadi alternatif terbaik untuk menghindari daging merah.

​4. Konsumsi Makanan Sumber Antioksidan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Antioksidan pada sayuran dan buah-buahan adalah zat yang dapat mencegah proses oksidasi pemicu terjadinya pertumbuhan sel tidak normal. Sayuran yang banyak mengandung antioksidan seperti tomat, wortel dan sawi hijau. Sedangkan buah-buahan di antaranya alpukat, jeruk, pepaya dan melon. Sumber antioksidan lain selain sayur dan buah adalah hasil olahan kedelai seperti tempe dan tahu. Yang tak kalah penting adalah konsumsi ikan seperti tuna dan salmon.

Sumber makanan tinggi antioksidan seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian bisa Anda dapatkan pada suplemen Organic K-BioGreen dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Ditambah untuk mendukung program diet sehat, Anda bisa mengonsumsi susu kolostrum pada K-C Susu Skim Bubuk.


Kandungan 58 jenis bahan alami seperti kacang, biji-bijian, sayuran dan rumput laut pada Organic K-BioGreen tinggi serat untuk mendukung pola diet sehat. Selain itu, ada makanan kesehatan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant yang mengandung spirulina. Kandungan protein asam amino essensial dan non essensial, vitamin A, B Kompleks, C, E, serta ekstrak buah strawberry dan blackcurrant di dalamnya siap lengkapi gizi harian dalam menjalankan diet sehat.

Last but not least, ada kebaikan susu kolostrum New Zealand pada K-C Susu Skim Bubuk yang mengandung nutrisi, seperti kalsium, vitamin B12 dan E. Ditambah kandungan lemak hanya kurang dari 1% membantu menjauhkan dari risiko obesitas. Ya, susu ini cocok untuk lengkapi program diet sehat Anda.

Tidak sulit bukan membentuk pola makan sehat? Jika sudah dibiasakan, tubuh Anda akan beradaptasi dengan mudah. Ayo, jaga pola makan dan diet sehat untuk cegah kanker, lengkapi juga dengan kebaikan nutrisi pada Organic K-BioGreen, K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant dan K-C Susu Skim Bubuk. (Angga/Jody)

Artikel Rekomendasi: Penyakit Batu Ginjal, dari Penyebab hingga Pencegahan