Ketahui Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Kalsium

Kalsium menjadi salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Nutrisi ini berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi yang sehat. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk membantu pembekuan darah yang normal, dan regulasi kontraksi otot, termasuk otot jantung.

Dilansir dari laman Alodokter, berikut ini jumlah kalsium harian yang dibutuhkan oleh tubuh:

  • Dewasa = 1000 mg per hari
  • Wanita di atas 50 tahun = 1.200 mg per hari
  • Pria di atas 70 tahun = 1.200 mg per hari
  • Anak-anak 9-18 tahun = 1.300 mg per hari

Kalsium bekerja di dalam tubuh dengan beredar dalam darah dan tersimpan di tulang. Jika tubuh kekurangan kalsium darah, maka kalsium dilepaskan dari tulang. Hal ini dapat menyebabkan tulang rapuh seperti osteoporosis dan kesehatan gigi yang buruk. Kekurangan asupan kalsium mungkin bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan tepat.

Jika terdapat tanda-tanda ini, mungkin bisa jadi Anda kekurangan kalsium. Yuk, ketahui segera tanda-tandanya di sini:

Baca Juga: 5 Kebaikan Nutrisi Susu Kambing yang Wajib Anda Ketahui

1. Masalah Otot

nyeri-otot

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Nyeri pada bagian otot, kram, dan kejang menjadi tanda awal tubuh kekurangan kalsium. Orang yang kekurangan kalsium akan mudah merasa nyeri pada bagian paha atau lengan, terutama ketiak. Selain itu, kekurangan kalsium juga bisa menimbulkan kesemutan, mati rasa pada lengan, tangan, kaki dan di sekitar mulut.

​2. Kesehatan Kulit dan Kuku Terganggu

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kadar kalsium yang rendah hingga kronis sering mengakibatkan kulit kering dan kuku mudah rapuh. Bahayanya, kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim dapat terkait dengan kekurangan kalsium. Kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan kuku menjadi kering dan rapuh, sehingga mudah terbelah, pecah, hingga terkelupas.

​3. Gangguan Kesehatan Mulut dan Gigi

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Saat kekurangan kalsium, tanda yang umum terjadi adalah masalah pada mulut. Bagian tubuh di dalam mulut juga membutuhkan kalsium untuk menjadi sehat. Tanpanya, akan banyak masalah mulut yang muncul. Akar gigi lemah, gusi yang teriritasi, gigi rapuh, dan kerusakan gigi bisa muncul saat tubuh kekurangan kalsium.

​4. Mudah Jatuh Sakit

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kalsium juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, karena membantu tubuh melawan virus dan bakteri. Kekurangan kalsium mengurangi daya tahan tubuh Anda terhadap serangan patogen dan sebagai hasilnya, Anda akan mudah jatuh sakit, seperti terserang flu, batuk, dan bersin-bersin.

​5. Berat Badan Sulit Turun

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kelebihan berat badan adalah tanda untuk menunjukkan tubuh memiliki kekurangan kalsium. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang kelebihan berat badan hingga obesitas tidak memenuhi kebutuhan kalsium hariannya. Banyak riset menyebutkan, kalsium punya peran penting dalam regulasi metabolisme energi yang mempercepat menurunkan berat badan.

​6. Nyeri saat Datang Bulan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kalsium berperan dalam siklus datang bulan atau menstruasi wanita. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan tekanan saat menstruasi. Sebuah studi yang berfokus pada efek suplemen kalsium pada gejala PMS mencatat, bahwa suplementasi kalsium selama tiga siklus menstruasi mengurangi gejala inti sindrom pramenstruasi pada wanita.

​7. Insomnia

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Saat Anda tidur nyenyak, kadar kalsium dalam tubuh akan menurun dengan jumlah yang banyak. Jadi jika tubuh Anda kekurangan kalsium, Anda mungkin tidak bisa mendapatkan tidur malam yang pulas. Masalah ini berkaitan langsung dengan peran kalsium dalam penciptaan melatonin, hormon yang membantu saat tidur.

Itu lah beberapa tanda tubuh kekurangan kalsium. Untuk menghindari dampak buruk kekurangan kalsium, pastikan kebutuhan kalsium harian tercukupi dengan baik. Kebutuhan kalsium bisa Anda dapatkan, salah satunya pada susu. K-C Susu Skim Bubuk hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seperti kalsium. Mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kolostrum, skim bubuk, dan omega-3 tinggi akan DHA.

K-C SUSU SKIM BUBU


K-C Susu Skim Bubuk diformulasi khusus dalam bentuk skim yang rendah lemak, namun tetap tinggi nutrisi seperti vitamin dan mineral. Kandungan kolostrum di dalamnya membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh Anda. Susu ini juga dilengkapi kandungan omega-3 yang baik untuk kesehatan mata, jantung dan otak. Yuk, lengkapi kebutuhan kalsium Anda dengan rutin mengonsumsi susu. Kebaikan susu dengan nutrisi yang lengkap ada pada K-C Susu Skim Bubuk! (Jabbar/Jody/Rahma)

Artikel Rekomendasi: Hati-Hati, Ini Dampak Kurangnya Kalsium pada Anak