7 Tips Ampuh Hilangkan Kerutan di Wajah

Penuaan adalah proses yang alami terjadi. Proses pembaruan sel kulit serta faktor lingkungan dan gaya hidup menyebabkan terjadinya penuaan secara dini. Penuaan tersebut dimulai di usia 20 tahun yang ditandakan dengan garis halus pada mulut dan hidung. Pada umur 30 tahun terlihat jelas garis kerutan di antara alis. Sementara itu pada umur 40 tahun garis rahang semakin terlihat jelas. 

Salah satu masalah yang sering dihadapi para wanita adalah munculnya kerutan di wajah. Kasus seperti ini bukan permasalahan medis yang serius. Ketika berusia 40 tahun wajah mulai menampakkan kerutan sedikit demi sedikit. Penampilan yang terlihat lebih tua kerap membuat wanita tidak percaya diri.

Baca Juga: https://k-link.co.id/wajah-berminyak-dan-jerawatan-bisa-jadi-salah-pilih-bedak/

Apa penyebab kerutan? Kerutan berkaitan dengan masalah kekenyalan kulit yang terjadi pada struktur atau jaringan pendukung dari kulit, yakni kolagen dan elastin. Pada usia muda (di bawah 30 tahun) kolagen dan elastin masih bagus. Kulit dengan kerutan yang masih minimal ditampakkan dengan  permukaan yang rata. Kondisi tersebut disebabkan kolagen dan elastin masih mencukupi serta kelenturan, kelembapan dan kekenyalannya masih bagus.

Kolagen dan elastin terus berkurang selain karena faktor usia, juga faktor dari luar yang terkadang tidak disadari, seperti sinar ultraviolet hingga polusi (rokok atau asap kendaraan). Kondisi tersebut menyebabkan kontur kulit menjadi tidak rata, timbul garis atau kerutan. Seiring bertambahnya usia, beberapa bagian dari sel kulit menurun.

Jika ingin kulit tetap sehat dan meminimalisir terjadinya risiko penuaan dini, sebisa mungkin batasi kontak dengan sinar matahari melalui penggunaan sunblock dan membersihkan kulit setelah menggunakan kosmetik. Tak lupa, kebutuhan nutrisi dan gizi perlu diperhatikan. Jangan khawatir, kerutan di wajah memang tidak bisa dicegah tapi bisa ditunda. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerutan di wajah. Berikut tujuh tips ampuh hilangkan kerutan di wajah:

  • Memakai Lap Basah


    (Foto : Shutterstock.com)

    Menggunakan lap basah ampuh untuk menghilangkan kerutan di wajah. Caranya sangat mudah. Lap cukup dibasahi dengan air hangat. Kemudian ditepuk-tepuk bagian wajah yang berkerut. Lakukan sebelum tidur atau sesudah bangun tidur atau sebelum beraktivitas. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.
  • Mengoleskan Krim atau Serum Mata


    (Foto : Shutterstock.com)

    Mengoleskan krim atau serum mata bermanfaat mengurangi kerutan di sekitar mata. Oleskan krim malam sebelum tidur dan gunakan serum secara rutin, minimal seminggu sekali. Serum ini sangat bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan baik untuk menghilangkan keriput di bawah mata.
  • Menggunakan Masker Semangka


    (Foto : Shutterstock.com)

    Buah semangka bermanfaat mengatasi kerutan di wajah karena memiliki banyak kandungan, B1, B2, B12 dan vitamin C yang bermanfaat bagi kulit wajah. Caranya, tumbuk secara halus buah semangka kemudian peras dan ambil airnya. Simpan air perasan di dalam kulkas selama 24 jam. Oleskan secara rutin air semangka pada daerah kerutan.
  • Menggunakan Minyak Zaitun dan Lemon.


    (Foto : http://www.elbadil.info)

    Kombinasi dua bahan alami ini bermanfaat untuk mempercepat regenerasi kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah dan berseri. Campurkan dua bahan ini secukupnya kemudian oleskan di wajah sekitar kerutan dan lakukan 2 atau 3 kali seminggu secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Menggunakan Masker Pepaya.


    (Foto : Shutterstock.com)

    Masker buah pepaya terbukti efektif mengatasi kerutan di wajah. Caranya, haluskan buah pepaya, campurkan dengan oatmeal mentah dan madu secukupnya. Kemudian oleskan di wajah dan diamkan selama 15-30 menit. Setelah selesai, bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan rutin selama seminggu sekali.
  • Konsumsi Banyak Air Putih.


    (Foto : https://www.anandabazar.com)

    Mengonsumsi air putih juga dapat menjaga kulit tetap kencang dan sehat. Mengonsumsi air putih membuat kulit lebih lembap dan terhindar dari kekeringan.
  • Menggunakan Kosmetik yang Aman untuk Kulit.


    (foto : https://www.skygate.co.jp)

    Jangan sepelekan penggunaan kosmetik. Perhatikan dengan seksama kandungan di dalamnya. Sebagaimana produk keluaran K-Link Indonesia, D’Flora Compact Powder dengan SPF 30. Produk tersebut dapat menutupi kekurangan di kulit wajah.

Teknologi micro refine dengan tekstur Ultra Light Weight menjadikan K-BeauCareline D’Flora Compact Powder sangat ringan dipakai dan dapat menutup pori-pori, noda atau flek pada wajah dengan sempurna tanpa kesan tebal dan berat. Sunflower seed oilnya tetap merawat kulit dan memberikan kelembapan serta mencegah kerutan pada kulit. Selain itu kandungan pearl pigmentnya dapat memberikan kesan berkilau pada kulit, membuatnya tampak lebih cerah.

K-Link Indonesia juga mengeluarkan D’Flora Loose Powder untuk mempercantik sekaligus merawat kulit Anda. Kandungan sunflower seed oil-nya merawat kulit dan menjaga kelembapan serta alpha arbutin yang membantu mencerahkan kulit wajah Anda. K-BeauCareline D’Flora Loose Powder juga dilengkapi dengan SPF 30 yang dapat melindungi kulit wajah dari bahaya sinar matahari dan mencegah pembentukan melanin. Tentunya kulit Anda cantik terawat, cerah dan senantiasa tampak muda sepanjang hari.