Tips Mengefektifkan Copywriting Pada Sosial Media

Apakah pernah terpikir, mengapa produk yang dijual orang lain bisa lebih laris daripada produk Anda? Padahal produk yang dijual sama persis dengan produk orang tersebut. Bisa jadi, salah satu kuncinya adalah dengan mengefektifkan keahlian copy writing anda di sosial media.

Disadari atau tidak kini kegiatan jual beli sudah dikuasai oleh platform sosial media. Tentu itu sangat mempermudah, terlebih jika Anda seorang pedagang yang melakukan jual-beli di ranah online. Untuk menarik perhatian calon pembeli, tentu Anda harus kreatif dalam mengolah foto produk dan caption. Jika Anda memang sudah menguasai kreativitas dalam foto produk, yang tak kalah penting jangan lupakan teknik copy writing. 

Sayangnya masih banyak orang yang membuat konten promosi asal-asalan tentang produknya. Hal ini tentu membuat orang merasa malas untuk membeli produk Anda. Sebagai penggiat bisnis sekaligus pembuat iklan, tentu Anda harus menguasai teknik copywriting yang baik, terlebih jika Anda mempromosikannya di sosial media. Dengan copywriting Anda dapat menulis caption yang bersifat persuasif untuk memengaruhi calon konsumen membeli produk Anda. 

Jika kemampuan copywriting sudah terasah, tentu Anda dapat menciptakan konten menarik yang “bangkitkan emosi para pembaca”. Karena seringkali seseorang menciptakan iklan yang kurang menarik bukan karena iklannya jelek, melainkan konten yang kurang membangkitkan emosi atau kurang menyentuh. Nah, berikut tips mengefektifkan copywriting pada sosial media : 

  1. Headline Headline merupakan judul singkat tentang apa yang Anda jual. Contoh: “Tips Cantik Dalam Satu Menit”, atau “Ini Rahasia Sukses Bisnis Online Tanpa Modal”. Intinya ciptakan headline yang membuat orang penasaran ingin membacanya. Headline dapat Anda ciptakan sekreatif mungkin untuk memengaruhi calon konsumen.  
  2. Body Text Body text atau body copy merupakan bagian iklan yang berisi uraian detil yang mencakup detail produk, manfaat atau alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda. Uraikan iklan menggunakan bahasa yang persuasif (membujuk) agar pembaca tertarik membeli produk Anda. Meski isinya lebih rinci, pembuatan body text tidak bisa asal dan kemudian memasukan semua pesan.Contoh: Tersedia dalam berbagai varian warna dan ukuran: hitam, putih, abu-abu, merah, biru, dan ukuran S, M, L dan XL. Harga mulai dari 65ribu. Penawaran ini berlaku hingga 31 Agusutus 2018. 
  3. Extra Extra merupakan keuntungan yang Anda berikan untuk calon konsumen. Dengan ini Anda dapat meyakinkan konsumen, dan membuat seseorang yang ragu menjadi berubah pikiran karena merasakan lebih untung jika belanja di tempat Anda. Misalnya dapat cashback atau gratis ongkos kirim. Contoh: Setiap pembelian ponsel dapatkan cashback seniali Rp. 1.000.000,- dan GRATIS ONGKIR dengan pembelian lebih dari Rp. 1.500.000,-. 
  4. Closing Closing merupakan tugas akhir Anda untuk memberikan informasi pada calon pembeli untuk melakukan transaksi. Jika Anda memiliki toko fisik lakukan call to action, kontak calon konsumen dan berikan alamat toko Anda. Jika memiliki toko online, Anda harus berikan link yang langsung menuju halaman produk Anda.Contoh: Informasi selengkapnya di Whatsapp 081390907240 dengan format: Order_Nama_Kode Barang_Jumlah_Alamat. 

Itulah tips membuat copywriting di pada sosial media Anda terutama facebook dan instagram agar lebih efektif. Intinya, Anda harus banyak belajar, kreatif dan berani untuk mencoba. Perbanyak pengalaman menulis dan berjualan, tentu akan meningkatkan skill copywriting Anda, selamat mencoba. (Jody)

Apakah pernah terpikir, mengapa produk yang dijual orang lain bisa lebih laris daripada produk Anda? Padahal produk yang dijual sama persis dengan produk orang tersebut. Bisa jadi, salah satu kuncinya adalah dengan mengefektifkan keahlian copy writing anda di sosial media.

Disadari atau tidak kini kegiatan jual beli sudah dikuasai oleh platform sosial media. Tentu itu sangat mempermudah, terlebih jika Anda seorang pedagang yang melakukan jual-beli di ranah online. Untuk menarik perhatian calon pembeli, tentu Anda harus kreatif dalam mengolah foto produk dan caption. Jika Anda memang sudah menguasai kreativitas dalam foto produk, yang tak kalah penting jangan lupakan teknik copy writing. 

Sayangnya masih banyak orang yang membuat konten promosi asal-asalan tentang produknya. Hal ini tentu membuat orang merasa malas untuk membeli produk Anda. Sebagai penggiat bisnis sekaligus pembuat iklan, tentu Anda harus menguasai teknik copywriting yang baik, terlebih jika Anda mempromosikannya di sosial media. Dengan copywriting Anda dapat menulis caption yang bersifat persuasif untuk memengaruhi calon konsumen membeli produk Anda. 

Jika kemampuan copywriting sudah terasah, tentu Anda dapat menciptakan konten menarik yang “bangkitkan emosi para pembaca”. Karena seringkali seseorang menciptakan iklan yang kurang menarik bukan karena iklannya jelek, melainkan konten yang kurang membangkitkan emosi atau kurang menyentuh. Nah, berikut tips mengefektifkan copywriting pada sosial media : 

  1. Headline Headline merupakan judul singkat tentang apa yang Anda jual. Contoh: “Tips Cantik Dalam Satu Menit”, atau “Ini Rahasia Sukses Bisnis Online Tanpa Modal”. Intinya ciptakan headline yang membuat orang penasaran ingin membacanya. Headline dapat Anda ciptakan sekreatif mungkin untuk memengaruhi calon konsumen.  
  2. Body Text Body text atau body copy merupakan bagian iklan yang berisi uraian detil yang mencakup detail produk, manfaat atau alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda. Uraikan iklan menggunakan bahasa yang persuasif (membujuk) agar pembaca tertarik membeli produk Anda. Meski isinya lebih rinci, pembuatan body text tidak bisa asal dan kemudian memasukan semua pesan.Contoh: Tersedia dalam berbagai varian warna dan ukuran: hitam, putih, abu-abu, merah, biru, dan ukuran S, M, L dan XL. Harga mulai dari 65ribu. Penawaran ini berlaku hingga 31 Agusutus 2018. 
  3. Extra Extra merupakan keuntungan yang Anda berikan untuk calon konsumen. Dengan ini Anda dapat meyakinkan konsumen, dan membuat seseorang yang ragu menjadi berubah pikiran karena merasakan lebih untung jika belanja di tempat Anda. Misalnya dapat cashback atau gratis ongkos kirim. Contoh: Setiap pembelian ponsel dapatkan cashback seniali Rp. 1.000.000,- dan GRATIS ONGKIR dengan pembelian lebih dari Rp. 1.500.000,-. 
  4. Closing Closing merupakan tugas akhir Anda untuk memberikan informasi pada calon pembeli untuk melakukan transaksi. Jika Anda memiliki toko fisik lakukan call to action, kontak calon konsumen dan berikan alamat toko Anda. Jika memiliki toko online, Anda harus berikan link yang langsung menuju halaman produk Anda.Contoh: Informasi selengkapnya di Whatsapp 081390907240 dengan format: Order_Nama_Kode Barang_Jumlah_Alamat. 

Itulah tips membuat copywriting di pada sosial media Anda terutama facebook dan instagram agar lebih efektif. Intinya, Anda harus banyak belajar, kreatif dan berani untuk mencoba. Perbanyak pengalaman menulis dan berjualan, tentu akan meningkatkan skill copywriting Anda, selamat mencoba. (Jody)