Strategi Menghemat Biaya Pakan dan Meningkatkan Hasil Ternak

Dalam usaha peternakan hampir dua per tiga dari total biaya produksi terletak pada pakan. Seperti yang kita ketahui, banyak peternak terpaksa harus gulung tikar karena melambungnya biaya pakan yang justru tidak sebanding dengan hasilnya.

Untuk membantu mengurangi risiko tersebut perlu dilakukan terobosan dalam pemberian pakan. Pakan ternak biasanya mempunyai kandungan energi yang berasal dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Sayangnya justru sebagian orang belum mengenal penggunaan pakan ternak probiotik.

Baca Juga: https://k-link.co.id/membuat-tanah-lebih-subur-lewat-pupuk-hayati-dengan-k-bioboost/

Probiotik merupakan mikroorganisme pada tubuh hewan yang memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain atau inangnya, terutama pada sistem pencernaan yang mampu memperbaiki keseimbangan mikroflora usus. Probiotik mengandung bakteri menguntungkan yang dimasukan ke dalam pencernaan untuk mendominasi bakteri yang menimbulkan penyakit (patogen) menurun. Probiotik juga mengandung satu atau beberapa jenis mikroorganisme yang serupa (strain). Adapun tujuan pemberian probiotik kepada hewan ternak adalah:

  • Memperbaiki kondisi saluran pencernaan dengan menekan reaksi pembentukan racun dan metabolit, yang bersifat bahan yang dapat mendorong atau menyebabkan kanker (karsinogenik).
  • Merangsang reaksi enzim yang dapat menetralisir senyawa beracun yang tertelan atau dihasilkan oleh saluran pencernaan.
  • Merangsang produksi enzim yang diperlukan untuk mencerna pakan dan memproduksi vitamin serta zat-zat yang tidak terpenuhi dalam pakan.

Probiotik diklasifikasikan dalam dua tipe yaitu kultur mikrobial hidup, contohnya probiotik starbio dan produk mikrobial fermentasi, contohnya adalah kultur yeast (saccharomyces cerevisiae), aspergilllus niger, a. oryzae dan lactobacillus acidophilus. Pemberian probiotik diberikan langsung melalui mulut atau dicampur dengan pakan atau air minum.


K-Link Indonesia merekomendasikan probiotik untuk hewan ternak K-Bioboost. Produk ini merupakan pupuk hayati yang mengandung mikroorganisme unggul yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan hewan, hasilnya hewan ternak lebih sehat dan pertumbuhannya lebih cepat. Bioboost sebuah formula mikroorganisme berupa cairan yang diproduksi melewati proses fermentasi sempurna.

Didukung teknologi mikrobakteri modern, yang terdiri dari 165 genus dan 3211 jenis bakteri positif yang hidup berdampingan tanpa saling membunuh. Sifat multifungsinya berguna pada sektor kesehatan, pertanian, peternakan, perikanan serta perbaikan lingkungan hidup. Ditambah dengan kebaikan bakteri Azotobacter sp, Azospirilium sp, Bacilus sp, Pseudomonas sp, dan Cytophaga sp yang terkandung dalam Bioboost. Berikut ini keunggulan K-Bioboost untuk hewan ternak:

  • Memaksimalkan efektifitas pemberian pakan hewan ternak
  • Mengurangi biaya produksi pakan hewan ternak
  • Menyeimbangkan mikroflora usus hewan ternak
  • Membantu sistem pencernaan lebih optimal dan membuat selera makan tinggi
  • Meningkatkan kualitas dan bobot daging hewan ternak
  • Hewan lebih tahan terhadap penyakit dan cuaca
  • Tingkat pertumbuhan menjadi lebih maksimal
  • Mengurangi bau kotoran hewan ternak

Dengan memelihara hewan ternak dengan benar, maka Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Anda akan mendapatkan keuntungan dari kerja keras dalam memelihara hewan ternak. Jangan lupa lengkapi dengan K-Bioboost untuk wujudkan ternak sehat impian! (Angga)

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/jangan-ragu-pakai-pupuk-alami-ketahui-cara-memilih-pupuk-hayati-terbaik/