Penyebab Kulit Wajah Kering Yang Tidak Kamu Sadari

Kulit wajah kering merupakan masalah kulit yang banyak dialami wanita. Kulit kering dapat menyerang siapa saja dari berbagai tingkat usia, baik muda maupun yang sudah berumur.

Tanda-tanda kulit wajah kering adalah  kulit kasar, bersisik, kusam, alat make up susah menempel, dan muncul garis putih saat digaruk. Tentunya terdapat banyak penyebab kulit wajah kering yang mungkin tidak kamu sadari.

Apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

  • Tidak menggunakan pelembab. Kulit wajah membutuhkan pelembab agar kulit ternutrisi dan terjaga kelembapannya. Pilihlah  pelembap yang ringan atau berbahan dasar air atau boleh juga pelembap yang creamy agar saat digunakan tidak terasa lengket diwajah

  • Penggunaan sabun yang kurang tepat. Mungkin banyak diantara kita yang tidak sadar dengan sabun yang kita gunakan. Apakah sabun tersebut memberikan efek baik untuk kulit wajah atau malah sebaliknya. Penggunaan sabun wajah yang mengandung bahan kimia yang terlalu keras menjadi salah satu faktor penyebab kulit wajah menjadi kering dan dapat menghilangkan lapisan minyak alami di kulit. Pilihlah sabun wajah yang bagus yang dapat menjaga kelembapan kulit wajah.

  • Salah memilih produk kosmetik. Tidak semua produk kosmetik baik untuk kulit wajah. Produk kosmetik mungkin bagus untuk kulit wajah orang lain, tetapi belum tentu baik untuk kulit wajah kita. Pilihlah produk sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kulit wajahmu kering, sebaiknya hindari pelembab yang mengandung alkohol dan deterjen karena dapat menyebabkan kulit wajah semakin kering

  • Menggosok wajah terlalu keras. Kegiatan menggosok wajah atau membersihkan sel kulit mati menjadi salah satu perawatan kulit wajah. Tujuannya supaya sel – sel kulit mati  dapat terangkat. Namun jangan asal menggosok, perlakukan kulit wajah dengan lembut dan pilih produk yang memiliki butiran halus.

Itulah beberapa kesalahan yang mungkin tidak kamu sadari sehingga menyebabkan kulit wajah kering. Jika kamu memiliki salah satu atau beberapa kesalahan di atas, segeralah ubah kebiasaan tersebut agar kulit sehat dan tidak kering. (Diah/Isti)