Ingin Perut Rata dan Kencang? 5 Gerakan Ini Wajib Dicoba

Memiliki perut buncit membuat kita menjadi tak percaya diri. Padahal, faktor penyebab perut buncit biasanya datang dari diri sendiri, itu mengapa penting bagi kita untuk melakukan pencegahan sebelum lemak jenuh menumpuk.

Perempuan dan laki-laki memiliki perbedaan dalam menampung lemak tubuh mereka. Lemak pada tubuh laki-laki biasanya ditampung dalam jaringan adiposa, kemudian diakumulasikan menuju perut dan pinggang. Sedangkan lemak dalam tubuh perempuan justru berkumpul pada bagian pinggul dan paha. Itu mengapa, risiko munculnya perut buncit lebih rentan dialami oleh laki-laki, terutama ketika usianya berada di atas 40 tahun.

Faktor lain yang menyebabkan munculnya perut buncit adalah gaya hidup. Jika kita malas berolahraga, otot kita akan semakin kendur karena tidak dilatih. Terlebih seiring berjalannya usia, massa otot dalam tubuh kita akan berkurang sehingga berdampak pada metabolisme saat mengolah kalori. Alhasil, kemampuan sel lemak akan menurun dalam proses menyimpan lemak.

Ingin perut rata dan kencang? Anda tidak perlu mengikuti program olahraga yang mahal, referensi gerakan olahraga berikut dapat Anda lakukan sendiri di rumah:

  • Sit Up


    (Foto : https://www.littlelondonmagazine.co.uk)

    Gerakan yang satu ini terkenal dengan keampuhannya mengencangkan perut. Sit Up dipercaya baik untuk membuat perut rata dikarenakan gerakan ini memanfaatkan otot perut. Anda cukup terlentang di atas matras, kemudian tekuk kaki dan angkat badan menggunakan otot perut hingga wajah Anda bisa menempel lutut. Ulangi gerakan ini selama kurang lebih sepuluh menit.

  • Rolling Plank


    (Foto : https://seancochran.com/)

    Rolling Plank memang cukup menantang untuk dipraktikan, terutama bagi perempuan. Namun, olahraga ini memberikan efek yang baik untuk mengencangkan perut, karena otot perut kita akan dilatih dengan gerakan ini. Anda hanya perlu memosisikan diri di atas matras dengan siku dan lutut dan bertumpu di tanah, kemudian usahakan leher sejajar dengan tulang belakang dan kepala menghadap ke depan. Tahan tubuh Anda kurang lebih 1 menit dan rasakan kontraksi dalam perut Anda.

  • Bicycle Crunches


    (Foto : https://www.corepoweryoga.com)

    Gerakan yang mirip dengan naik sepeda ini memang cukup populer. Anda akan melakukan gerakan seolah tengah mengayuh sepeda sambil terlentang. Baringkan tubuh Anda di atas matras, kemudian letakkan tangan untuk menopang kepala. Angkat kaki Anda hingga membentuk sudut 45 derajat, lalu tolehkan kepala ke sisi kanan dan kiri hingga menempel siku.

  • Side Plank


    (Foto : https://www.sportsrec.com)

    Dalam gerakan ini, berat badan akan bertumpu pada dua titik, yaitu siku dan kaki. Gerakan ini diyakini mengencangkan otot perut Anda. Posisikan siku Anda tepat berada di bawah bahu dan lengan menjadi tegak lurus dengan tubuh. Luruskan kaki hingga keduanya menumpuk. Tahan pinggul Anda di atas selama 30-45 detik, kemudian turunkan kaki. Ulangi kembali dengan sisi sebaliknya.

  • Lying Leg Rise


    (Foto : https://i.pinimg.com)

    Selain Plank, Lying Leg Rise juga disebut salah satu gerakan yang cukup berat untuk dilakukan. Baringkan tubuh di atas matras, kemudian naikkan kaki hingga tubuh membentuk 90 derajat. Tahan pose tersebut beberapa detik, kemudian turunkan kaki secara perlahan. Anda akan merasakan otot perut berkontraksi. Ulangi gerakan yang satu ini minimal 10 kali setiap setnya.

Untuk memaksimalkan latihan, diperlukan pakaian olahraga yang nyaman dan mendukung kesehatan Anda. K-Perfect Aura Pants hadir sebagai inovasi terbaru celana olahraga yang dibuat dari bahan alami sehingga membantu dalam proses pembakaran lemak, meningkatkan elastisitas, dan meregenerasi kulit.


Dilengkapi dengan teknologi berupa ion negatif, celana ini dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan metabolisme, melancarkan peredaran darah, dan menjaga imunitas. Penggunaannya juga dapat membantu mengurangi nyeri saat haid.

Material pada K-Perfect Aura Pants telah tersertifikasi secara internasional tanpa bahan beracun sehingga sangat aman bagi kulit dan mampu menyerap keringat. K-Perfect Aura Pants dapat dipakai oleh pria maupun wanita dengan desain elegan yang dapat menunjang penampilan Anda saat beraktivitas. Yuk, rajin berlatih untuk menjaga perut tetap rata dan kencang, tubuh yang sehat dan indah merupakan bekal berharga untuk masa depan!