Anak Susah Makan? Ketahui Segera Penyebabnya

Sudah susah payah memasak makanan sehat dan bergizi untuk si kecil, tapi anak menolak untuk makan? Ya, berbagai cara dilakukan orangtua untuk mengatasi anak susah makan. Mulai dari membujuknya dengan camilan manis, hingga membelikan mainan kesukaannya. Namun, mengapa jurus-jurus itu tetap saja tidak mempan? 

Rasanya berbagai usaha sudah dilakukan, namun tetap saja belum berhasil membuat anak berselera untuk makan. Sebagai orangtua, tentu Anda mengkhawatirkan apakah kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan si kecil terpenuhi. Sabar ya mom, jangan frustasi dulu. Ada baiknya untuk Anda memahami terlebih dahulu perilaku anak. Dilansir dari berbagai sumber, ada banyak faktor penyebab anak susah makan, yuk ketahui penyebabnya di bawah ini:

1. Anak Memiliki Rasa Sensitif

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sebagian anak terlahir dengan memiliki lebih banyak perasa di permukaan lidahnya. Ini membuat mereka menjadi sangat sensitif terhadap rasa, dan akan menolak untuk mengonsumsi makanan yang mungkin tidak terasa sempurna.

2. Pengaruh Televisi dan Gadget

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sudah menjadi kebiasaan bahwa anak-anak jadi mau makan saat dibujuk dengan gadget atau disuguhi program televisi favorit. Apa anak Anda juga seperti itu? Padahal, kebiasaan ini bisa berdampak pada rusaknya nafsu makan anak dan konsentrasi makannya bisa menjadi terpecah.

​3. ​Terlalu Banyak Pilihan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sebagian orangtua mungkin tidak segan mengeluarkan uang untuk membeli makanan yang bervariasi. Semakin sering anak dihadapkan pada beragam pilihan makanan, tak jarang membuat anak justru menjadi bingung dan hasilnya si kecil jadi malas makan. Untuk itu, ada baiknya Anda menguranginya.

4. Alergi Makanan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Alergi makanan dapat membuat anak secara konsisten menolak jenis makanan yang Anda sajikan. Cobalah untuk mencari tahu apa yang menyebabkan buah hati merasa alergi dan mencari solusi menu yang lain.

5. Baru Pulih dari Sakit

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

​Saat anak Anda baru pulih dari sakit, mereka pasti menganggap makanan itu hambar. Dalam kasus seperti ini, baiknya Anda menunggu si kecil sembuh total, sehingga bisa menikmati makanan secara normal kembali.

Saat anak Anda susah makan, tentu saja akan memengaruhi tumbuh kembangnya. Tubuh si kecil bisa kekurangan energi, sehingga nampak kurus dan tidak segar. Salah satu cara untuk menyiasati anak agar berselera untuk makan adalah dengan memberikan madu. Ya, madu mengandung stimulan untuk memperbaiki nafsu makan anak.

Selain rasanya yang manis, madu juga kaya akan antioksidan flavanoid dan polifenol serta memiliki efek antiradang dan antibakteri. Kandungan antioksidan pada madu juga bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit. Pastikan juga si kecil mengonsumsi madu tanpa pemanis buatan seperti K-Honey 5 in 1.


Nutrisi alami tiap sendok K-Honey 5 in 1 mengandung madu murni, royal jelly, ekstrak buah anggur, ekstrak buah delima dan ekstrak buah kurma. Selain membantu meningkatkan nafsu makan, manfaat lain mengonsumsi madu ini adalah menambahkan energi dan stamina, serta membantu memelihara kesehatan.

Kombinasi yang lengkap menjadikan rasanya lebih manis dan lezat, bisa diminum langsung atau dicampur dengan makanan dan minuman favorit si kecil. Konsumsi K-Honey 5 in 1 setiap hari agar anak tetap sehat dan berenergi. Semakin sehat tubuh anak, semakin kuat juga daya tahan tubuhnya. (Jabbar/Jody/Rahma)

Artikel Rekomendasi: Tingkatkan Nafsu Makan Anak Dengan Minyak Ikan