Amankah Pengguna Alat Kontrasepsi IUD Memakai Korset Pelangsing?

Tidak dapat dipungkiri, banyak wanita ingin memiliki bentuk tubuh yang terlihat ideal. Ada banyak cara untuk mewujudkannya, salah satunya dengan menggunakan korset pelangsing sebagai cara instan. Namun, tidak semua jenis korset yang beredar di pasaran itu aman digunakan.

Korset pelangsing adalah semacam pakaian dalam yang ketat dan dikenakan untuk menutupi perut dengan tujuan tertentu, seperti meratakan perut serta mengencangkan kulit. Korset pelangsing biasanya dipakai oleh wanita setelah melahirkan atau mereka yang sedang dalam proses diet untuk menciptakan bentuk tubuh ideal.

Namun, apakah korset pelangsing aman digunakan oleh semua wanita? Bagaimana dengan pengguna kontrasepsi IUD (intrauterine device) atau yang lebih dikenal dengan KB spiral, bolehkah mereka menggunakan korset pelangsing?

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal untuk Kesehatan

Dikutip dari Okezone.com, dr. Alesia Novita, SpOG mengatakan, bahwa korset yang mengandung bahan logam bila bertemu logam akan menimbulkan panas yang dapat merusak jaringan otot tubuh dan rasa nyeri di daerah rahim karena panas yang ditimbulkan.

"Panas akan menyebabkan kontraksi rahim (uterus) yang dapat mengubah atau menggeser posisi spiral," ungkapnya.

Jika alat kontrasepsi bergeser, berarti alat kontrasepsi tersebut tidak dapat berfungsi maksimal. Karena apabila tembaga yang terdapat di uterus tidak menutupi lubang saluran telur, maka sperma dapat membuahi sel telur pada saat ovulasi dan terjadilah kehamilan.

Korset tanpa bahan logam atau bahan lainnya bisa dipakai kapan saja dan selama apa pun asalkan, tidak menyakitkan organ tubuh seperti tulang rusuk dan menyesakkan paru-paru.

Nah, salah satu korset pelangsing tanpa bahan logam yaitu Body Slimming Undergarment. Anda bisa nyaman menggunakan korset ini kapan pun dan di mana pun. Berikut beberapa kandungan lain yang bermanfaat bagi kesehatan.


  • Tidak mengandung logam, sehingga bisa dipakai kapan saja dan selama apa pun, asalkan tidak menekan organ tubuh seperti tulang rusuk dan menyesakkan paru-paru.
  • Mengandung ion negatif yang membantu mengatasi depresi, meredakan stres, membantu meningkatkan energi tubuh di siang hari, serta baik untuk sistem saraf pusat.
  • Kandungan ion tembaga di dalamnya berfungsi untuk membantu mengubah bentuk perut dan tubuh, serta bermanfaat untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh melalui urin dan menghilangkan rasa sakit pada saat menstruasi.
  • Terbuat dari serat anti-bakteri yang elastis, memiliki kemampuan membunuh bakteri yang merugikan dan menghilangkan bau. Dapat tahan lama, serta mengurangi keputihan, sehingga terasa lebih bersih dan nyaman pada daerah kewanitaan.
  • Menggunakan teknologi tinggi biokimia, korset pelangsing ini juga dilengkapi dengan butiran tenaga porselin yang bermanfaat untuk membantu membakar timbunan lemak, melancarkan sirkulasi darah, memperbaiki sistem saraf, serta meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Menggunakan teknologi sinar infra merah jauh yang membantu melancarkan sirkulasi darah, mengeluarkan racun, membantu ketahanan tubuh, mengecilkan daerah pinggang, mencegah rasa gatal dan panas pada kulit, menghilangkan bau, mencegah sembelit dan mengurangi cairan yang berlebih pada vagina.

Nah, bagi Anda pengguna alat kontrasepsi IUD, sebaiknya lebih diperhatikan lagi korset pelangsing yang Anda gunakan. Jangan sampai mengganggu kesehatan bahkan membahayakan kesehatan, tentu Body Slimming Undergarment dari K-Link Indonesia bisa menjadi solusinya! (Veny/Isti/Rahma)

Artikel Rekomendasi: Aturan Jam Kerja Baru, Efektifkah Cegah COVID-19?