Tingkatkan Performa! Ini 4 Alasan Kamu Harus Menjaga Tingkat Hidrasi Tubuh Saat Berolahraga

Berolahraga merupakan kegiatan yang penting untuk menjaga gaya hidup sehat. Dari yang umum dilakukan semua orang, seperti lari pagi, hingga bentuk olahraga yang lebih spesifik seperti angkat beban dan berenang. Semua bentuk olahraga mempunyai manfaat yang luar biasa untuk badan kamu.

Tahukah kamu? Dalam berolahraga, menjaga kebutuhan air itu jauh lebih penting daripada sekedar melepas dahaga saja. Air adalah salah satu unsur penyusun tubuh manusia, mengisi sekitar 70% di dalam tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan bekerja lebih efisien. Jika tidak? efisiensi tersebut menurun membuat hidup kamu terasa lebih susah.

Hal ini tidak berbeda dengan saat kamu berolahraga. Performa olahraga kamu sangat bergantung dengan tingkat hidrasi. Setiap jam seseorang berolahraga, pada umumnya ia akan kehilangan 1.8 liter air dari dalam tubuhnya melalui keringat. Hal ini yang membuat rehidrasi esensial di sebelum, saat, dan sesudah berolahraga.

Ingin gali hal ini lebih dalam? Di bawah ini adalah 5 alasan mengapa kamu harus menjaga tingkat hidrasi tubuh saat berolahraga!

1. Performa Atletis

Pada umumnya, kebanyakan tipe olahraga membutuhkan tubuh kamu untuk bergerak. Dari pergerakan sendi-sendi, hingga koordinasi mata dengan tangan dan kaki, semua bergantung kepada asupan air yang ada pada tubuh kamu yang akan membantu melumasi pergerakannya. Dehidrasi akan menunjukan hasil yang signifikan terhadap kecepatan dan fleksibilitas kamu.

2. Ketahanan & Stamina

Berhidrasi esensial untuk menjaga fungsi otot. Tubuh yang memiliki asupan air yang tepat akan terhindari dari kram dan lebih tahan terhadap kecelakaan-kecelakaan kecil seperti salah napak. Namun tidak hanya itu, otot yang fungsinya terjaga juga termasuk otot jantung. Dehidrasi berarti volume darah kamu berkurang. Hal ini membuat jantung kamu harus berdetak lebih kencang untuk memompa darah yang akan mengantar oksigen kepada otot-otot. Jantung yang berdetak terlalu kencang akan membuat tubuh kamu lebih mudah lelah, merusak ketahanan aktivitas olahraga yang sedang kamu lakukan.

3. Pernafasan

Di saat kamu menghirup udara, tubuh kamu membutuhkan asupan air yang cukup untuk melembabkan udara tersebut. Hal ini membuat proses menyerap oksigen jauh lebih mudah. Dalam berolahraga, teknik dan frekuensi bernafas sangat mempengaruhi performa dan efisiensi aktivitas. Setiap istirahat di antara aktivitas, jangan pernah lupa untuk bernafas dan rehidrasi.

4. Mood & Fokus

Otak kamu membutuhkan air untuk bekerja. Sekitar 85% dari sebuah otak manusia terdiri dari air, dan tubuh yang dehidrasi akan mempunyai kesulitan dalam berpikir dan mengatur hormon. Artinya, di saat tubuh kamu kekurangan air saat berolahraga, fokus dan keadaan emosional akan susah untuk dikontrol. Hal ini yang membuat beberapa orang lebih “galak” di saat mereka lelah.

Sekarang kamu sudah paham bahwa berhidrasi penting saat berolahraga, dan bukan hanya untuk melepas dahaga. Pertanyaannya sekarang adalah: apakah semua air memiliki efek dan khasiat yang sama untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh kamu? Jawabannya Tidak!

Air mineral pada umumnya sudah cukup baik, tetapi jika kamu percaya bahwa tubuh membutuhkan lebih dari yang sekedar “cukup baik”, kamu bisa mencoba Air Alkali! Air Alkali adalah air dengan nilai pH yang tinggi (basa), dan memiliki kadar mineral baik yang tinggi seperti Kalsium, Zinc, Vanadium, dan Tembaga. Mineral-mineral ini memiliki banyak manfaat, namun yang paling signifikan saat berolahraga adalah menjaga ketahanan dan pertumbuhan tulang, meningkatkan hormon testosteron, serta membantu menjaga kesehatan jantung.

Jangan takut! Sekarang sudah ada solusi untuk mengonsumsi Air Alkali setiap hari tanpa perlu membengkaki anggaran belanja bulanan kamu! Nexlife adalah alat filtrasi air canggih yang dapat memurnikan air minum kemasan standar menjadi air alkali! Hanya dengan satu tombol, rasakan air mineral yang lebih murni dan menyegarkan!

Ready to purify your life? Pastikan Nexlife ada di rumah kamu!

Artikel Rekomendasi: Nexlife

Pesan Online: dnmmobile.com

Referensi:

  1. hopkinsmedicine. Dikunjungi Oktober 2024. “Sports & Hydration for Athletes: Q&A with a Dietitian”
  2. Alodokter. Dikunjungi Oktober 2024. “Ini Pentingnya Mencukupi Kebutuhan Air saat Berolahraga”
  3. AFUrgentCare. Dikunjungi Oktober 2024. “Stages of Dehydration”