Baik untuk Kesehatan Tubuh, Kenali 5 Manfaat Berkebun di Rumah

Pandemi COVID-19 menjadikan Anda punya banyak waktu luang saat di rumah saja? Daripada bengong, yuk coba aktivitas berkebun. Waktu yang senggang karena aktivitas yang dibatasi bisa Anda manfaatkan dengan baik, salah satunya dengan berkebun di rumah.

Rutinitas berkebun di rumah juga terhitung murah dan praktis. Anda bisa memanfaatkan alat-alat sederhana yang ada di rumah, seperti botol bekas dan pipa paralon. Cobalah dengan tanaman simpel untuk bisa mencukupi kebutuhan pangan di rumah, seperti kangkung, bayam, cabe atau tomat. Selain membuat hati menjadi senang yang menyehatkan mental, berkebun di rumah juga baik untuk kesehatan tubuh, lho. Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya seperti dilansir dari Hellosehat:

Baca Juga: Sehat dan Stylish! Ini 5 Rekomendasi Aksesoris Pendukung untuk Olahraga

1. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan-Berat-Badan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Penelitian Westminster University, Inggris mengatakan, orang yang rutin mengurus tanaman di kebun maupun pot memiliki angka BMI (Body Mass Index) yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak berkebun. Saat berkebun, tubuh akan bergerak, sehingga dapat membakar kalori tubuh. Bila selama ini Anda merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan, tak ada salahnya untuk mencoba aktivitas ini.

​2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurunkan-Risiko-Penyakit-Jantung

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Walaupun bukan tergolong aktivitas kardio, berkebun juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan penelitian dalam the British Journal of Sports Medicine, berkebun dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 30 persen.

​3. Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga-Kesehatan-Otak

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Berkebun juga baik untuk kesehatan otak. Penelitian yang ada dalam Journal of Alzheimer’s Disease, mengatakan bahwa berkebun dapat melindungi kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak dan menurunkan risiko alzheimer hingga 50 persen.

​4. Meningkatkan Koordinasi dan Kekuatan Tangan

meningkatkan-kekuatan-tangan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kekuatan tangan, fleksibilitas, dan koordinasi, menjadi hal penting untuk mendukung aktivitas keseharian Anda. Rutinitas berkebun merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

​5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

meningkatkan-daya-tahan-tubuh

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Penelitian dari University of Copenhagen menemukan fakta bahwa berkebun dapat mencegah terjadinya alergi. Jadi Anda tak perlu khawatir tangan Anda kotor, karena bakteri yang terdapat di dalam tanah justru dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu Anda tidak akan mudah jatuh sakit dan dapat melawan infeksi dengan lebih mudah.

Itu lah 5 manfaat berkebun untuk kesehatan tubuh. Saat pandemi ini, aktivitas berkebun di rumah mungkin bisa Anda coba. Karena selain menyenangkan, aktivitas ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Ya, meningkatkan daya tahan tubuh jadi kunci utama untuk menjaga tubuh dari ancaman penyakit, termasuk virus.


Jika pola hidup bersih dan sehat sudah Anda lakukan, pastikan juga asupan nutrisi makanan bisa terpenuhi. Nutrisi pelengkap seperti K-Liquid Chlorophyll, K-OmegaSqua Plus dan K-Ayurveda AyuRin Plus juga bisa dijadikan pilihan terbaik. Zat hijau daun dari ekstrak daun alfalfa pada K-Liquid Chlorophyll mengandung kebaikan vitamin A dan C untuk membantu menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imuniatas.


Keunggulan ekstrak omega-3 dari ikan salmon Norwegia di K-OmegaSqua Plus membantu menjaga kesehatan tubuh. Suplemen ini juga kaya vitamin D3 yang mampu mengaktifkan sel T untuk mendeteksi dan menghancurkan patogen asing dalam tubuh seperti virus. Terakhir ada K-Ayurveda AyuRin Plus yang mengandung kebaikan ekstrak tribulus terreestis dan bergenia ligulata untuk membantu menjaga kesehatan organ ginjal dan hati. Ya, kedua organ tersebut berperan penting membantu menjaga imunitas di dalam tubuh.

Yuk, berkebun di rumah dan lengkapi nutrisi harian Anda dengan kebaikan nutrisi pada K-Liquid Chlorophyll, K-OmegaSqua Plus dan K-Ayurveda AyuRin Plus. (Jody/Rahma)  

Artikel Rekomendasi: Jaga Kebersihan Benda di Sekitarmu dengan Disinfektan