fbpx

Tetap Kuat Saat Puasa dengan 5 Tips Ini

Puasa menjadi kewajiban dari salah satu rukun Islam, dilakukan pada bulan suci Ramadhan, dimana menjaga hawa dan nafsu dari tebitnya fajar hingga tenggelam matahari. Puasa bukan penghalang untuk jalani aktivitas sehari-hari. Kami punya beberapa kiat agar Anda kuat jalani puasa di tengah aktivitas yang padat. 

Bulan puasa memang identik dengan kesempatan untuk berlomba-lomba menjalankan ibadah. Untuk itu menghadapi puasa di bulan Ramadan yang dilakukan selama 30 hari penuh ini, memang harus dilakukan persiapan yang tepat.

Beberapa persiapan tersebut meliputi persiapan mental hingga fisik. Nah, kali ini kami akan memberikan tips tetap kuat saat puasa, yuk, simak 5 tips berikut:

Baca Juga: https://k-link.co.id/3-rekomendasi-olahraga-ringan-saat-puasa/

  1. Berbuka dengan Kurma


    (Foto : https://www.pexels.com)

    Kurma merupakan buah dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Itu sebabnya, buah ini menjadi anjuran yang bisa dikonsumsi saat berbuka untuk menaikkan kadar gula darah yang turun selama berpuasa. Bahkan Rasullah SAW menganjurkan untuk berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah), apabila tidak ada maka boleh memakan tamr (kurma kering), jika tidak ada pula maka minumlah air.
  1. Minum Air Putih    


    (Foto : http://www.youthmanual.com)

    Saat menjalani ibadah puasa Ramadan, tubuh menghadapi kondisi tidak mengonsumsi cairan apapun selama lebih dari 12 jam dalam sehari yang menyebabkan dehidrasi. Bahkan sebagian orang, lebih susah untuk menahan haus daripada lapar. Untuk menghilangkan rasa haus atau dehidrasi, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, diantaranya memastikan konsumsi air putih secara teratur dari saat berbuka puasa hingga sahur.

    Gunakan rumus 2-4-2, satu gelas pada saat jam berbuka puasa, satu gelas setelah shalat maghrib atau sebelum shalat tarawih. Empat gelas bisa dilakukan setelah shalat tarawih sampai malam hari dan dua gelas saat waktu sahur. Cara ini merupakan aturan minum dan berbuka puasa yang bisa memenuhi kebutuhan cairan Anda sehingga terhindar dari dehidrasi.
  1. Perhatikan Asupan Saat Sahur dan Berbuka


    (Foto : https://unsplash.com/)

    Konsumsi serat dan protein saat sahur dan berbuka wajib hukumnya. Hal tersebut dilakukan agar tubuh kita memiliki rasa kenyang bertahan lebih lama. Sumber protein yang bisa kita konsumsi adalah kacang, keju, telur rebus. Sedangkan serat bisa didapatkan dari sayur, buah, dan biji-bijian.
  1. Lakukan Olahraga Pada Sore Hari


    (Foto : Shutterstock.com)

    Puasa bukan penghalang melakukan aktivitas. Sekalipun berpuasa, tubuh tetap membutuhkan gerak untuk menjaga metabolisme. Jadi, pada saat sore hari, sebaiknya Anda melakukan olahraga ringan dengan berjalan-jalan santai sejenak. Dengan demikian, badan Anda akan tetap sehat dan bugar meski sudah seharian berpuasa.
  1. Konsumsi Susu


    (Foto : http://mymilk.com)

    Tubuh membutuhkan nutrisi yang baik dan lengkap agar tetap fit menjalani puasa seharian lamanya. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan cara yang mudah, yaitu cukup konsumsi segelas susu saat sahur dan berbuka.

    Dan tahukah Anda bahwa manfaat konsumsi susu saat sahur dan berbuka pun berbeda. Saat sahur, susu bermanfaat memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan protein di dalamnya. Selain memberikan asupan cairan terhadap tubuh, susu juga memiliki kandungan kalsium juga vitamin yang yang dapat membuat daya tahan tubuh semakin baik saat berpuasa.

    Sedangkan saat berbuka, susu dapat bermanfaat sebagai pengembali energi tubuh yang telah hilang karena berpuasa seharian penuh. Bahkan segelas susu yang diminum pada malam hari akan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih cepat dan nyenyak.

Namun, jangan sembarang memilih susu yang akan Anda konsumsi. Pilih susu yang aman untuk tubuh. K-C Susu Skim Bubuk dari K-LINK bisa jadi pilihan yang tepat saat sahur dan berbuka. Pasalnya, Protein, thiamine, riboflavin, vitamin B12, mineral, kolostrum, hingga omega 3 ada dalam satu kemasan K-C Susu Skim Bubuk.

https://k-link.co.id/product/k-c-susu-skim-bubuk/

Selain itu, manfaat K-C Susu Skim Bubuk juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melawan penyakit infeksi, alergi dan autoimun, hingga meningkatkan metabolisme sampai membantu proses regenerasi sel. Nah, mulai sekarang, masukkan K-C Susu Skim Bubuk sebagai minuman yang ada saat berbuka dan sahur.

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/diet-rendah-lemak-dengan-minum-susu/