fbpx

Ini Penyebab Bisnis Online Sering Gagal

Semakin berkembangnya teknologi berdampak juga pada pengembangan metode bisnis. Salah satu metode bisnis yang sedang tumbuh pesat adalah bisnis online. Kali ini Bisnis online sedang banyak diminati oleh para pengusaha dan para pelaku bisnis yang baru memulai usahanya. Ini merupakan salah satu dampak postif dari perkembangan teknologi karena mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Bisnis online memiliki banyak kelebihan seperti transaksi yang cepat, menghemat waktu, dapat dikerjakan dimana saja dan masih banyak lagi. Meskipun terdengar mudah dijalankan dan menguntungkan, namun bukan berarti bisnis online memberikan jaminan bagi para pelakunya untuk sukses.

Sebagian orang gagal dan juga tidak berhasil memulainya karena mengabaikan hal-hal kecil yang tidak patut untuk disepelekan. Kira-kira apa sajakah itu? Yuk simak penyebab bisnis online sering gagal berikut:

  • Kurang Memahami Ilmu Dasar


    (Foto : https://pxhere.com)

    Sebelum terjun langsung di bisnis online, Anda harus memiliki pengetahuan dasarnya terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat menentukan tujuan dan siap menghadapi persaingan. Kuasai ilmu dasar bisnis online seperti segmentasi, copywriting, content marketing. Lalu pahami tools seperti SEO, SEM, Email Marketing, Social Media, Photography, Video grafis, Desain dan masih banyak lagi.

  • Tidak Memiliki Goals dan Strategi


    (Foto : https://pxhere.com)

    Ketika memulai menjalankan bisnis online, Anda harus memiliki strategi dan tujuan yang jelas. Hal ini sering terjadi pada saat Anda yang biasa menjalani bisnis offline, dan menganggap mudah untuk menjalankan bisnis online, ataupun sekedar ikut-ikutan kompetitor. Untuk itu, jika Anda tidak mengetahui tujuan atau goalsnya justru itu akan merugikan diri sendiri. Anda harus mempelajari strategi seperti pada poin nomor satu terlebih dahulu, terlebih jika Anda baru menjalankannya.

  • Tidak Paham Produk

    (Foto : https://pxhere.com)

    Pada bisnis online Anda akan menemukan orang yang tidak mempunyai keinginan membeli produk Anda pada saat itu. Calon konsumen mungkin hanya bertanya-tanya untuk mendapatkan informasi. Untuk itu, Anda harus sangat memahami berbagai produk yang Anda jual, agar dapat mengkomunikasikannya dengan baik pada calon konsumen. Dengan komunikasi yang baik pada calon konsumen, maka konsumen yang belum siap membeli produk, pasti akan membelinya ketika ia sudah siap.

  • Promosi Iklan Terlalu Berlebihan


    (Foto : https://pxhere.com)

    Promosi di internet lebih murah dibanding pasang iklan di televisi, radio atau banner, akan tetapi Anda juga harus bisa mengatur budget dan memiliki catatan keuangan. Pastikan promosi Anda efektif dan sesuai dengan budget Anda, jangan sampai ada kebocoran dana. Lakukan manajemen keuangan dengan baik dan efektif, karena keuangan akan menjadi sangat krusial untuk perkembangan bisnis Anda, terlebih jika Anda baru merintisnya.

  • Malas Mengelola Sosial Media


    (Foto : https://pxhere.com)

    Malas merupakan sikap yang harus dihindari ketika berbisnis. Bisnis online memiliki prospek yang menjajikan di masa depan, tetapi akan terhambat jika Anda jarang update dan akunnya tidak dikelola dengan baik. Rasa malas tersebut seringkali dialami oleh setiap pebisnis yang membuat media sosial, ditambah dengan konten yang kurang up to date. Kesalahan ini dapat membuat bisnis online Anda mengalami kebangkrutan.

  • Tidak Menjaga Kualitas Pelayanan Konsumen


    (Foto : https://pxhere.com)

    Seperti kata pepatah “Pembeli adalah raja”, ya konsumen merupakan aspek penting dalam suatu bisnis. Anda harus menjaga hubungan baik dengan konsumen, dengan begitu Anda sudah satu langkah lebih depan dibandingkan pesaing. Anda harus bisa memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Meskipun transaksi telah dilakukan, ada baiknya Anda menanyakan pendapat, saran ataupun kritik dari konsumen. Jika Anda dapat berkomunikasi dengan baik dengan konsumen, mereka akan puas dan terus berlangganan dengan produk Anda.

Itulah beberapa penyebab bisnis online sering gagal, adakah kesalahan yang pernah Anda lakukan di atas? Jika pernah, tidak masalah karena dengan kesalahan Anda dapat belajar lebih banyak lagi. Tidak ada bisnis yang dapat sukses dengan instan, semua butuh kerja keras. Jika Anda pernah gagal, segeralah bangkit dan motivasi diri Anda untuk sukses. (Jody)