Sun Life Jalin Kemitraan Strategis dengan K-Link, Ekspansi Jalur Distribusi Kukuhkan Lini Syariah

Sun Life Jalin Kemitraan Strategis dengan K-Link,Ekspansi Jalur Distribusi Kukuhkan Lini Syariah

  • Jalur distribusi keagenan jadi upaya untuk dorong inklusi asuransi syariah di Indonesia 
  • Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI): pada 2019, premi asuransi syariah tumbuh 8,69%

Jakarta, 24 Juni 2020 – PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) menjalin kemitraan jangka panjang dengan platform digital network marketing berprinsip syariah, K-LINK. Kolaborasi ini akan berjalan selama sepuluh tahun ke depan dengan tujuan untuk menghadirkan kemudahan bagi masyarakat dalam menjangkau produk asuransi syariah terbaik, sekaligus memperkuat jaringan jalur distribusi keagenan untuk produk keuangan syariah yang terpercaya. Sebagai langkah awal, para mitra K-LINK yang telah berlisensi akan memasarkan produk syariah unggulan dari Sun Life, Asuransi Brilliance Hasanah Sejahtera. Para mitra K-LINK yang telah tersertifikasi Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) oleh Sun Life, akan resmi bergabung menjadi Tenaga Pemasar Sun Life Syariah.

Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia menyatakan, “Industri keuangan berbasis syariah tengah tumbuh menjadi sumber ekonomi baru yang kian menjanjikan. Sayangnya, potensi ini belum dimanfaatkan secara optimal. Inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan, serta akses yang menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia menjadi upaya yang dapat dilakukan bersama untuk mendorong pertumbuhan industri sekaligus penetrasi asuransi syariah. Inilah mengapa, Sun Life terus mengembangkan jalur distribusi yang dimiliki dengan menggandeng mitra terpercaya, salah satunya adalah K-LINK. Mengintegrasikan jangkauan mitra K-LINK yang tersebar di seluruh Indonesia serta didukung kemampuan digitalnya, dengan pengalaman dan keunggulan Sun Life sebagai pionir di industri asuransi syariah tanah air, kolaborasi ini diharapkan dapat memicu peningkatan inklusi dan penetrasi asuransi syariah di Indonesia.”

Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLK) 2019 mencatat tingkat literasi keuangan syariah naik tipis dari 8,1 persen menjadi 8,93 persen. Sementara tingkat inklusi keuangan syariah turun dari 11,1 persen menjadi 9,1 persen. Namun di sisi lain, Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) mencatat, hingga penghujung 2019, premi industri asuransi syariah secara total tumbuh 8,69% sementara asetnya tumbuh mencapai 8,44%. Fakta ini menunjukkan bahwa meski kesadaran masyarakat akan manfaat dari asuransi syariah terus mengalami peningkatan, namun akses terhadap fasilitas atau jasa keuangan syariah masih terbatas.

Dato’ Dr. H. Md. Radzi Saleh, Presiden Direktur K-Link Indonesia menyatakan, “Sebagai perusahaan digital network marketing berbasis syariah pertama di Indonesia, komitmen K-LINK dalam mendukung pertumbuhan industri syariah di Indonesia telah diwujudkan sejak 2010, dengan membentuk tim yang didedikasikan khusus untuk menangani bisnis syariah dan telah mendapatkan sertifikasi resmi dari DSN MUI. Kali ini, bersama Sun Life, kami mengukuhkan komitmen tersebut dengan memberikan akses perlindungan asuransi berbasis syariah terbaik kepada lebih banyak masyarakat, dengan memanfaatkan jangkauan kami yang tersebar di seluruh nusantara.”

Adapun yang melakukan pemasaran adalah K-Link Sharia Financial Advisor (K-SFA) yang telah memiliki lisensi AASI dan akan mendapatkan pelatihan yang dijalankan oleh Salam Institute, yaitu pusat pelatihan para Tenaga Pemasar Syariah yang dimiliki oleh Sun Life Indonesia. Program-program pelatihan telah disusun secara detail untuk membantu para K-SFA melakukan penjualan produk Asuransi Brilliance Hasanah Sejahtera dari Sun Life.

Brilliance Hasanah Sejahtera merupakan produk asuransi jiwa dan investasi berbasis syariah dari Sun Life, untuk membantu keluarga Indonesia meraih keamanan finansial di setiap tahap kehidupan, mulai dari biaya pendidikan, modal usaha, ibadah, hingga dana hari tua. Bagi peserta berusia 15-70 tahun, secara otomatis akan mendapatkan perlindungan tambahan berupa asuransi kematian karena kecelakaan dengan santunan asuransi sebesar Rp100.000.000. Produk ini juga menyediakan pilihan investasi berbasis Syariah yang beragam dan dikelola secara amanah serta profesional. Selain itu, nasabah juga dapat menentukan sendiri kontribusi dan santunan asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Untuk manfaat perlindungan lebih, nasabah dapat melengkapi diri dengan berbagai asuransi tambahan untuk memaksimalkan proteksi.

“Untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan inklusi asuransi syariah di tanah air, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak, tidak hanya dari pelaku industri, tetapi juga dari beragam sektor. Kemitraan strategis Sun Life dan K-LINK diharapkan dapat membantu meningkatkan eksposur terhadap produk asuransi syariah yang bermanfaat, sehingga kesadaran dan kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi syariah dapat terus meningkat. Dengan demikian, upaya untuk membangun ekonomi syariah di Indonesia dapat bersama-sama kita wujudkan,” tambah Elin.

— 00 —

Tentang Sun Life Financial Indonesia

Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial. Kami menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan rencana pensiun. Sun Life bermitra institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi kami.

Sun Life Financial Indonesia telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi pada tahun 2018-2019 di antaranya:

  1. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2018 – Call Center untuk kategori Life & Health Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence
  2. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2018 – Customer Service Email Centers untuk kategori Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence
  3. PT Sun Life Financial Indonesia menempati posisi ke tiga Digital Brand Award untuk kategori Life Insurance dari Majalah Infobank
  4. PT Sun Life Financial Indonesia dianugerahi penghargaan Indonesia Most Admired Companies Award 2018 dalam kategori Special Mention Excellent Corporate Image in Insurance Sector yang diselenggarakan oleh Majalah Warta Ekonomi
  5. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan HR Asia Best Company to Work For in Asia 2018 Awards dari HR Asia Media International.
  6. PT Sun Life Financial Indonesia menjadi 1st Rank The Best Sharia Unit Islamic Life Insurance pada kategori Asset < Rp 500 Billion yang diselenggarakan oleh Karim Consulting
  7. PT Sun Life Financial Indonesia menempati 1st Rank The Best in Contribution Growth Islamic Life Insurance untuk kategori Asset < Rp 500 Billion yang diselenggarakan oleh Karim Consulting
  8. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan The Fastest Growing Insurance Companies 2018 dari Majalah Infobank
  9. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Insurance Top Leader for Excellence Family Product Development  pada kategori Asset Between Rp10 Trillion – Rp25 Trillion dari Majalah Warta Ekonomi
  10. PT Sun Life Financial Indonesia dianugerahi The Best Unit Link 2019 – Salam Balanced Fund untuk kategori Mixed Fund for 7 Years Period dari Majalah Investor
  11. Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty, terpilih sebagai Most Inspiring Women dari Majalah Globe Asia
  12. Aplikasi My Sun Life Indonesia meraih penghargaan Top 3 Most User Friendly & Satisfying Application dari Majalah Gatra
  13. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2019 – Call Center untuk kategori Life & Health Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence.
  14. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2019 – Customer Service Email Centers untuk kategori Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence
  15. PT Sun Life Financial Indonesia meraih Five Star (Sangat Bagus) Rating untuk SLFI Xtra Progressive Fund for 1 Year Period dari Majalah Infobank
  16. PT Sun Life Financial Indonesia mendapat Five Star (Sangat Bagus) Rating untuk SLFI Xtra Progressive Fund for 3 Years Period dari Majalah Infobank
  17. PT Sun Life Financial Indonesia meraih Five Star (Sangat Bagus) Rating untuk SLFI Xtra Progressive Fund for 10 Years Period dari Majalah Infobank
  18. PT Sun Life Financial Indonesia dianugerahi First Rank Infobank Digital Brand Awards 2019 untuk kategori Conventional Life Insurance Gross Premium Rp2.5 Trillion – under Rp5 Trillion dari Majalah Infobank

Tentang Sun Life Financial

Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Sun Life Financial telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Per 31 Desember 2018, Sun Life Financial memiliki total aset kelolaan sebesar CDN 951 miliar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.sunlife.com

Sun Life Financial Inc. diperdagangkan di bursa saham Toronto (TSX), New York (NYSE), dan Filipina (PSE), dengan kode saham SLF.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: Shierly Ge

Chief Marketing OfficerSun Life Financial IndonesiaTel: +6221-5289-0000Faks: +6221 5289-0019E-mail: shierly.ge@sunlife.com