Daftar Nutrisi Sehat yang Dibutuhkan di Usia 50 Tahun ke Atas

Seiring bertambahnya usia, tentu saja Anda harus lebih memperhatikan kondisi tubuh. Ya, tubuh membutuhkan perawatan ekstra daripada sebelumnya, terlebih jika Anda sudah memasuki atau menjelang usia 50 tahun ke atas.


Ketika memasuki usia 50 tahun ke atas, Anda harus lebih waspada karena risiko untuk mengalami masalah kesehatan juga semakin tinggi. Peranan nutrisi sehat sangat diperlukaan di usia yang tidak muda lagi ini. Nutrisi sehat dibutuhkan untuk membantu menjaga kondisi fisik, kesehatan tulang, mata hingga sistem imun. Di sisi lain, asupan nutrisi orang tua berbeda dengan orang yang lebih muda. Studi menunjukkan, kemampuan orang tua menyerap nutrisi semakin berkurang. Ditambah lagi faktor konsumsi obat-obatan bisa mengganggu penyerapan nutrisi. 

Lantas, nutrisi sehat apa saja yang dibutuhkan di usia 50 tahun ke atas? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini daftar nutrisinya:

1. Protein

(Foto: https://www.freepik.com)

Saat usia 50 tahun ke atas, Anda tetap membutuhkan asupan protein. Kandungan asam amino pada protein membantu tubuh tetap memiliki masa otot dan bertenaga. Dilansir dari Eat This, asam amino lebih efisien dalam membangun otot saat dikonsumsi sepanjang hari. Ya, orang tua disarankan mengonsumsi protein setiap kali makan. Semakin beragam jenis protein, semakin baik untuk kesehatan, lho. Seperti ayam, daging, kacang kedelai, tahu dan tempe.

2. Vitamin D

(Foto: https://www.freepik.com)

Orang tua rentan terserang osteoporosis dan berbagai macam penyakit tulang dan sendi. Hal ini terjadi karena orang tua mengalami penurunan kadar vitamin D dan kalsium yang akut. Selain dengan rutin berjemur, Anda juga bisa mendapatkan kebaikan vitamin D pada makanan, seperti telur, sereal, minyak ikan, tuna dan salmon.

3. Asam Lemak Omega-3

(Foto: https://www.freepik.com)

Asam Lemak omega-3 menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan lansia. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 pada ikan dan minyak biji rami yang tentu saja mudah ditemukan. Menurut para ahli, setidaknya orang tua harus mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 dua kali dalam jangka waktu satu minggu.

4. Vitamin B6

(Foto : https://www.freepik.com/)

Peranan pentingnya membantu tubuh mengolah makanan sebagai sumber energi. Kabar baiknya, vitamin B6 juga berperan penting menjaga sistem imun tubuh di segala usia. Vitamin jenis ini banyak ditemukan pada ikan tuna, hati sapi, ayam, pisang dan kacang-kacangan. Sejumlah studi juga merekomendasikan orang 50 tahun ke atas untuk mengonsumsi suplemen vitamin B6.

5. Vitamin B12

(Foto : https://www.freepik.com/)

Selain vitamin B6, vitamin B12 juga merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berusia 50 tahun. Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan protein, sel darah serta jaringan tubuh. Tenang, vitamin jenis ini bisa dengan mudah Anda temukan pada kerang, daging, telur, susu dan yogurt.

Selain dari nutrisi sehat di atas yang banyak didapatkan dari makanan, Anda juga bisa menambahkannya dengan food supplement yang tepat. Kebaikan suplemen makanan seperti K-C Susu Skim Bubuk, K-Sauda VCO dan K-OmegaSqua Plus bisa jadi pilihan yang tepat sebagai pelengkap nutrisi sehat saat Anda memasuki usia 50 tahun ke atas.

Susu rendah lemak K-C Susu Skim Bubuk mengandung protein untuk membantu penguatan masa otot. Kebaikan kolostrumnya mengandung vitamin B12 untuk membantu pembentukan protein, sel darah, hingga jaringan tubuh. Kolostrum juga aktif menghasilkan sel B dan sel T untuk memproduksi Imunoglobulin G (IgG), yang dikenal sebagai antibodi alami untuk membantu melawan berbagai jenis bakteri dan virus penyebab infeksi.  

Sementara itu, K-Sauda VCO mengandung thymoquinone dalam habbatussauda dan asam laurat di dalam VCO (Virgin Coconut Oil). Keduanya merupakan gabungan super untuk membantu mengoptimalkan imun tubuh dan berperan penting saat masa pemulihan. Satu yang tak kalah penting adalah kombinasi omega-3, squalance dan vitamin D3 pada K-OmegaSqua Plus. Kebaikan vitamin D3 di dalamnya bermanfaat membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun kekuatan tulang mencegah osteoporosis. So, usia boleh menua tapi kesehatan harus tetap terjaga. Penuhi nutrisi sehat Anda mulai sekarang, serta lengkapi dengan K-C Susu Skim BubukK-Sauda VCO dan K-OmegaSqua Plus  (Angga/Jody)