fbpx

Cepat Lapar? Segera Cari Tahu Penyebabnya

Anda sudah makan banyak dan tepat waktu? Tapi mengapa masih tetap merasakan cepat lapar? Ya seringkali nafsu makan tidak terkendali. Stres, asupan rendah nutrisi atau kelelahan, bisa menjadi faktor penyebab seseorang mudah lapar.

Jika tidak mengetahui penyebabnya bisa jadi Anda kebablasan dan terus makan hingga tidak terkontrol. Padahal, konsumsi makanan yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Penyakit seperti obesitas, darah tinggi bahkan serangan jantung bisa saja menyerang jika tak menerapkan pola makan yang baik.

Baca Juga: https://k-link.co.id/5-camilan-manis-dan-lezat-gak-bikin-gemuk/

Tentu masalah ini juga sering mengganggu pola diet menjadi berantakan, karena sering memenuhi keinginan rasa lapar Anda. Yuk, ketahui segera penyebab seseoang jadi cepat atau mudah lapar berikut:

  1. Terlalu Banyak Karbohidrat 


    (Foto : https://pxhere.com/)

    Konsumsi karbohidrat berlebih dapat menjadi pemicu seseorang cepat lapar. Karbohidrat dalam tubuh diserap dan menjadi glukosa, itu yang menyebabkan rasa lapar. Untuk itu lebih baik Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Seimbangkan asupan protein seperti daging ayam atau ikan. Jangan lupa lengkapi juga dengan sayuran untuk membantu menahan lapar lebih lama.

  2. Kekurangan Minum Air


    (Foto : https://www.anandabazar.com)

    Kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat tubuh salah mengartikan menjadi rasa lapar. Padahal sebenarnya tubuh Anda hanya butuh air saja untuk minum. Air sangat diperlukan bagi sel tubuh agar nutrisi makanan bisa terserap dengan baik sehingga membuat kenyang lebih lama. Penuhi kebutuhan cairan terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan tubuh yang sebenarnya.

  3. Jam Tidur Kurang


    (Foto : https://www.rd.com)

    Kurang tidur meningkatkan kinerja hormon gherelin yang dapat menyebabkan rasa lapar ketika bangun keesokan harinya. Ketika merasa lapar karena kurang tidur, Anda akan sangat tertarik dengan makanan yang penuh karbohidrat karena tubuh membutuhkan energi. Itulah kenapa, tidur cukup juga menjadi salah satu syarat untuk menurunkan berat badan.

  4. Mengalami Stres Berlebih


    (Foto : Shutterstock.com)

    Ketika Anda mengalami stres tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang meningkatkan keinginan untuk makan. Tubuh juga akan menurunkan produksi hormon adrenaline yang bertugas menghilangkan rasa lapar. Nafsu makan akan kembali normal ketika stres hilang.

  5. Tidak Sarapan


    (Foto : idntimes.com)

    Sarapan merupakan hal penting yang terkadang dianggap sepele, padahal dengan sarapan Anda akan mendapatkan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Faktanya orang yang tidak sarapan akan mengonsumsi makanan lebih banyak lagi di waktu berikutnya sehingga mengakibatkan kegemukan.

  6. Minuman Bersoda


    (Foto : https://pxhere.com/)

    Mengonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan tubuh akan cepat merasa lapar. Minuman bersoda menghasilkan zat asam di dalam perut. Akibatnya makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mudah dicerna oleh zat asam yang dihasilkan oleh minuman bersoda. Untuk itu, tubuh akan mudah merasakan kembali lapar.

  7. Menstruasi


    (Foto : https://hips.hearstapps.com)

    Untuk kalian para ladies pernah mengalami lapar terus saat menstruasi? Ya saat menstruasi nafsu makan akan meningkat secara tiba-tiba. Penyebabnya adalah kadar gula dalam darah sedang tidak stabil sehingga kalian akan merasa mudah lapar. Saat menstruasi hormon progesterone akan meningkatkan kenaikan emosi diikuti dengan kenaikan nafsu makan pada wanita.

Itulah beberapa hal penyebab seseorang menjadi cepat lapar. Coba perhatikan apakah Anda mengalami hal-hal di atas. Segera cari tahu penyebabnya, perhatikan dan jaga pola makan mulai dari sekarang, salam sehat Mitra K-Link! (Jody)

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/infused-water-pelengkap-gaya-hidup-sehat/