Cegah Penyakit Flu Pasca Lebaran dengan Cara Ini

Saat merayakan hari raya Idul Fitri, masyarakat kerap kali melakukan banyak aktivitas yang dapat menyebabkan kelelahan, serta turunnya sistem kekebalan tubuh. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, beberapa penyakit bisa saja menyerang. Salah satu penyakit yang umum terjadi setelah hari raya adalah influenza atau flu. Mengapa flu bisa terjadi? Simak penjelasan berikut.

Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu sangat umum terjadi di musim pancaroba. Penyakit ini sangat mudah menular ke orang lain, terutama ketika 3-4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus flu.

Hampir semua orang di dunia mulai dari bayi sampai dengan lansia pasti pernah mengalaminya. Namun sering kali flu diabaikan karena dianggap tidak membahayakan. Padahal, penyakit ini bisa menjadi serius jika tidak diobati, belum lagi saat ini kita tengah berada dalam situasi pandemi COVID-19, dimana salah satu gejalanya ditandai dengan kemunculan flu. Maka dari itu, Anda perlu mewaspadainya.

Ketika flu menyerang, maka pengidapnya akan mengalami beberapa keluhan, seperti pegal-pegal, batuk kering, sakit kepala, sakit tenggorokan, bersin-bersin, hidung tersumbat, sampai kehilangan nafsu makan. Saat seseorang kesulitan sembuh dari flu, maka ia juga rentan mengembangkan penyakit lainnya. Berikut ini beberapa penyakit serius yang dapat terjadi akibat flu:

Baca Juga: https://k-link.co.id/cegah-diare-usai-lebaran-begini-cara-mengatasinya/

  • Infeksi Telinga
    Infeksi telinga dapat berkembang dari peradangan yang terjadi di tenggorokan dan telinga bagian dalam akibat virus flu. Namun, virus ini juga dapat menyerang telinga bagian dalam secara langsung.
  • Infeksi Sinus
    Sama seperti infeksi telinga, infeksi sinus juga dapat berkembang karena flu. Virus flu dapat menyerang sinus secara langsung atau secara tidak langsung. Infeksi sinus dimulai ketika flu menyebabkan paradangan dan terjadi penumpukan cairan pada hidung.
  • Asma
    Pengidap asma dapat mengalami gejala yang lebih buruk ketika mengidap flu. Alasannya karena virus flu bisa menyebabkan paradangan pada saluran udara, sehingga seseorang bisa lebih sensitif terhadap alergen dan pemicu asma lainnya.

Agar penyakit ini tidak menyerang Anda usai Lebaran, Anda dapat melakukan beragam pencegahan, antara lain:

  • Perhatikan kualiatas makanan dan minuman yang dikonsumsi
  • Istirahat yang cukup
  • Tetap konsumsi buah dan sayuran
  • Gunakan masker
  • Konsumsi air lebih dari 2 liter per hari

Jika Anda sudah melakukan langkah pencegahan di atas, namun flu masih tetap menyerang, Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Perlu diingat, sistem kekebalan tubuh yang lemah akan mudah terserang penyakit. K-Link Indonesia memiliki produk berkualitas untuk meningkat sistem imun, yaitu K-C Susu Skim Bubuk dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant.


K-C Susu Skim Bubuk merupakan susu terbaik yang disarankan dikonsumsi bagi penderita flu, karena mengandung komposisi utama kolostrum yang tidak dimiliki oleh susu lainnya. Susu ini berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang kelenjar limfa membentuk antibodi imunoglobulin untuk melawan virus flu.

K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant merupakan suplemen kesehatan yang mengandung spirulina yang berasal dari Earthrise Farm (California) kaya protein dalam bentuk asam amino essensial maupun non essensial yang berperan untuk meregenerasi atau memperbaiki sel yang rusak akibat virus flu. Kandungan lainnya seperti betakaroten, SOD, vitamin A, C dan E berperan besar untuk melindungi sel sehat tubuh dari paparan virus flu serta memaksimalkan sistem imunitas.

Jangan anggap sepele flu, saatnya jaga kesehatan Anda usai lebaran dengan pola hidup sehat, dan rutin mengonsumsi K-C Susu Skim Bubuk & K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. (Angga/Annisa/Rahma)

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/7-tips-sehat-setelah-hari-raya/