Cara Mencegah Penularan Virus Corona di tempat Kerja

Penyebaran Virus Corona semakin meluas, sejumlah negara menyatakan status ‘darurat’ untuk melawan virus yang sudah merenggut ribuan nyawa ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menyatakan wabah ini sebagai kasus kesehatan darurat internasional.

Dilansir dari kompas.com, di Indonesia, kasus Virus Corona saat ini mencapai 19 orang postif tanpa kematian. Lonjakan kasus itu diumumkan oleh Pemerintah Indonesia pada Senin (9/3/2020). Hal ini tentu membuat semua orang merasa khawatir saat berada di tempat umum, termasuk saat bekerja di kantor. Berikut lima cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan Virus Corona di tempat kerja:

  • Pastikan Ruang Kerja Tetap Bersih


    (Foto : https://grantsmanagement.ny.gov)

    Saat sampai di kantor, pastikan terlebih dahulu ruang kerja Anda bersih dan higienis. Simpan dan tata barang dengan rapi dan jangan buang sampah sembarangan. Rutin bersihkan meja tulis, telepon, mouse, keyboard, monitor, pensil, bulpoint, dan lain-lain secara teratur dengan disinfektan.

  • Pemeriksaan Suhu Tubuh


    (Foto : https://www.thesun.co.uk/)

    Ada baiknya setiap tempat kerja atau kantor melakukan tindakan preventif dengan memasang alat thermal scanner, atau alat pendeteksi panas di lokasi kedatangan pekerja.

    Alat ini mampu merekam suhu berbagai obyek yang melintas di depan perangkat. Perangkat ini dapat merekam suhu dengan warna-warna yang berbeda yang bisa dijadikan sebagai indikator. Suhu yang lebih dingin diberi warna biru, ungu atau hijau. Sedangkan suhu yang lebih hangat dapat diberi warna merah, oranye atau kuning.

  • Rajin Cuci Tangan + Hand Sanitizer


    (Foto : https://s.yimg.com/)

    Gunakan air mengalir dan sabun yang mengandung antiseptik selama 30 detik. Menurut WHO, cuci tangan dengan sabun secara benar dapat menangkal berbagai virus dan bakteri patogen. Cuci tangan dengan sabun tidak dapat dilakukan di semua tempat. Agar tangan tetap dalam keadaan bersih, maka Anda perlu siap sedia hand sanitizer di dalam tas.  

  • Siapkan Stok Masker dan Tisu


    (Foto : https://res.cloudinary.com/)

    Tekstur lembut dan lembap dari tisu bisa membersihkan lendir dengan lebih baik saat Anda flu. Anda pun bisa memanfaatkan tisu untuk membersihkan noda di meja yang bisa saja terdapat virus. Jangan lupa gunakan masker saat flu atau batuk. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus melalui udara. So, kedua barang ini cukup penting bukan?

  • Istirahatkan Tubuh Saat Tidak Fit


    (Foto : Shutterstock.com)

    Jika Anda mengalami batuk, pilek dan sesak nafas saat berada lingkungan kantor, segera periksakan ke fasilitas kesehatan atau hubungi petugas kesehatan yang berwenang. Bagi pekerja yang dalam kondisi tidak enak badan, ada baiknya untuk beristirahat di rumah dan meminum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

https://k-link.co.id/product/propolis-platinum/

Menjaga daya tahan tubuh bisa Anda dapatkan di Propolis Platinum. Menjadi salah satu produk propolis terbaik di dunia, dikarenakan Propolis Platinum bersumber dari air liur lebah Brazil yang dikombinasi dengan getah pohon damar, dan berbagai ragam pohon lain di hutan Amazon Brazil. Bioflavonoid di dalamnya merupakan suatu senyawa alami yang terbukti bermanfaat sebagai antibiotik alami, serta berperan meningkatkan kinerja sel darah putih sebagai sistem pertahanan tubuh.

Dengan menguatkan sistem kekebalan tubuh, secara alami tubuh akan mencegah penyakit. Sistem imun yang sehat dan kuat akan selalu menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang serius. Tetap waspada dimana pun Anda berada. Jaga selalu pertahanan tubuh Anda, jangan lupa konsumsi Propolis Platinum. (Jabbar)