Berapa Tekanan Darah yang Normal? Ayo Kenali Berdasarkan Usia Anda!

Tekanan darah merupakan kekuatan yang digunakan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Artinya, tekanan darah sangat berkaitan erat dengan kondisi kesehatan jantung.

Angka tekanan darah yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah merupakan definisi dari tekanan darah yang normal. Pada umumnya, tekanan darah normal bisa dilihat saat kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan bugar. Angka tekanan darah yang normal juga ternyata berbeda-beda tergantung pada usia seseorang. Lantas berapa tekanan darah yang normal berdasarkan usia? Simak ulasan di bawah ini, seperti dilansir dari laman halodoc.

Baca Juga: Hati-hati! Gangguan pada Pembuluh Darah Bisa Menimbulkan Penyakit

1. Anak-Anak

​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Fase pertumbuhan yang cepat membuat tekanan darah normal pada anak sulit untuk diketahui. Saat bayi baru lahir, umumnya memiliki tekanan darah normal pada angka 90/80 mmHg. Tekanan darah ini tidak terus-menerus berada di angka yang sama. Tekanan darah normal pada angka 90/80 mmHg akan berubah ketika anak berusia 3-12 tahun. Pada fase ini, tekanan darah normal akan berubah pada angka 104-113 mmHg hingga 119-127 mmHg.

​2. Orang Dewasa

​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Orang dewasa memiliki tekanan darah normal di angka 120/80 mmHg. Tekanan darah dapat berubah-ubah setiap harinya sesuai dengan faktor yang memengaruhinya. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan jantung saat memompa darah, sedangkan angka 80 menunjukkan angka saat organ jantung beristirahat sejenak saat proses memompa darah.

​3. Ibu Hamil

​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Pada kondisi ibu hamil, tekanan darah akan menunjukkan angka yang drastis saat terjadi kenaikan atau penurunan. Sama seperti orang dewasa. Normalnya, tekanan darah ibu hamil terletak pada angka 120/80 mmHg. Tekanan darah pada ibu hamil yang mengalami kenaikan atau penurunan terjadi karena pengaruh hormon yang sedang meningkat.

​Tenang, Anda bisa kok menjaga tekanan darah agar selalu ada di kondisi yang normal. Tips di bawah ini bisa membantu:

  • Kurangi konsumsi garam berlebihan
    Terdapat rekomendasi baru kalau tubuh ini harus dibatasi dalam asupan garamnya menjadi kurang dari 1 sendok teh. Ya, garam berpotensi dalam menaikkan tekanan darah jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.
  • Rutin berolahraga
    Saat Anda melakukan aktivitas fisik, maka hal ini bisa merangsang tubuh untuk produksi asam nitrat. Keberadaan asam nitrat ini membantu pembuluh darah terbuka, sehingga bisa mengurangi tekanan darah.
  • Kelola stres
    Anda dapat belajar teknik pernapasan atau relaksasi otot, sehingga tekanan darah Anda bisa berkurang dan bisa kembali pada kondisi normal. Stres juga dapat dikelola dengan selalu berpikir positif.
  • Hindari rokok dan alkohol
    Kebiasaan merokok dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Selain itu, konsumsi terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah.  Sehingga akan meningkatkan risiko terkena hipertensi hingga stroke dan penyakit jantung.
  • Istirahat yang cukup
    Istirahat yang cukup bisa Anda dapatkan dengan tidur. Tidur bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sehingga hal ini akan membantu ukuran tensi Anda tetap pada standar tekanan darah normal.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan tips di atas, Anda bisa mencegah timbulnya tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan nutrisi yang ada pada K-Ayurveda AyuLite. Food Supplement ini berperan membantu kesehatan tubuh, termasuk menjaga tekanan darah dalam kondisi normal.


K-Ayurveda AyuLite merupakan bagian dari rangkaian produk Ayurveda dari India yang telah dipercaya sejak lama memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Kebaikan nutrisi pada Food Supplement ini berasal dari ekstrak tanaman alami berkhasiat, yang diolah secara modern terstandarisasi menghasilkan produk terbaik. Selain membantu meningkatkan fungsi hati, kebaikan bahan herbal alami salah satunya Andrographis Paniculata juga mengandung kalium yang berperan membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Yuk, pastikan kondisi tekanan darah Anda selalu dalam kondisi normal. Jangan abaikan gaya hidup sehat dan lengkapi kebaikan nutrisinya dengan K-Ayurveda AyuLite! (Dedi/Jody)

Artikel Rekomendasi: K-Ayurveda AyuLite Pelindung Liver Anda