6 Nutrisi Penting untuk Menjaga Sistem Imun Anak, Ini Daftarnya Bun!

Daya tahan tubuh atau sistem imun anak harus dijaga agar tidak mudah terserang penyakit, terlebih di masa pandemi ini anak-anak pun rentan terinfeksi Virus Corona. Tentu saja, rasanya tidak tega ya bun melihat buah hati jika sedang sakit.

Peran nutrisi begitu penting bagi tumbuh kembang anak. Selain itu, asupan nutrisi juga membantu menjaga dan meningkatkan sistem imun anak agar terlindung dari serangan berbagai macam penyakit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 6 nutrisi penting untuk menjaga sistem imun anak. Simak daftarnya di bawah ini bunda!

Baca Juga: Anak Susah Makan? Ketahui Segera Penyebabnya

1. Protein

Peran utama protein sebagai daya tahan tubuh adalah untuk proses penyembuhan dan pemulihan apabila tubuh terkena penyakit. Bunda bisa menyediakan makanan sumber protein untuk anak, seperti daging ayam, telur, dan produk kedelai seperti tahu dan tempe.

​2. Vitamin C

Vitamin C jadi nutrisi penting karena berperan membantu meningkatkan sistem imun anak terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan penyakit dan melemahkan sistem imun. Kebaikan vitamin ini bisa didapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, jambu, mangga serta sayuran seperti bayam, brokoli dan kangkung.

​3. Vitamin A

Selain untuk membantu penglihatan lebih baik, vitamin A juga berperan meningkatkan sistem imun anak serta membantu pertahanan tubuh melawan kuman hingga dorongan melawan infeksi. Bunda bisa menyajikan makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, sayuran hijau dan ubi jalar.

​4. Vitamin D

Tidak hanya mendukung pertumbuhan tulang Si Kecil, vitamin D juga berperan membantu menguatkan sel-sel imun tubuh. Vitamin D mudah ditemukan pada produk-produk susu, seperti susu, keju, dan yoghurt, atau sumber makanan lainnya seperti ikan, kacang kedelai, kuning telur dan bayam.

​5. Zat Besi

Zat besi memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak anak, meningkatkan daya tahan tubuh, serta konsentasi dan prestasi belajar. Zat besi bisa didapatkan dari daging merah, hati, ikan, tahu, telur, sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan.

​6. Omega-3

Omega-3 merupakan salah satu jenis asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh dan harus diasup dari luar. Omega-3 berperan penting dalam kerja sistem imun tubuh. Asam lemak ini juga baik untuk mengontrol peradangan di dalam tubuh. Penuhi kebutuhan omega-3 Si Kecil dengan makanan, seperti ikan laut, daging, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Yuk bun, kreasikan masakan terbaik Anda supaya Si Kecil makin berselera untuk makan. Bentengi juga daya tahan tubuh Si Kecil dengan asupan nutrisi sehat yang mengandung multivitamin seperti K-Kids, K-Liquid Chlorophyll dan K-Vit C Plus Teavigo.


K-Kids mengandung kabaikan multinutrisi yang diformulasikan untuk anak. Kandungan minyak hati ikan kod, omega-3, vitamin A dan D di dalamya berperan membantu tumbuh kembang maupun daya tahan tubuh buah hati Anda.


K-Liquid Chlorophyll bisa menjadi solusi bagi anak yang malas mengonsumsi sayuran. Kandungan klorofil dan serat pada minuman ini berperan membantu memperbaiki dan membersihkan pencernaan pada anak.


K-Vit C Plus Teavigo merupakan kombinasi vitamin C dan ekstrak teh hijau. Kebaikan nutrisi seperti vitamin C dan E di dalamnya berperan membantu memperkuat sistem imun anak. Selain menyehatkan, suplemen tablet effervescent ini memiliki rasa yang enak dan segar di mulut, tentu saja disukai anak-anak.

Yuk bun, jaga sistem imun anak dengan melengkapi daftar nutrisi penting di atas! Lengkapi nutrisinya dengan K-Kids, K-Liquid Chlorophyll dan K-Vit C Plus Teavigo! (Jabbar/Jody)

Artikel Rekomendasi: Dear Parents, Lakukan Hal Ini Supaya Anak Mengerti Tanpa Dibentak