5 Tips Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Tidak sedikit orang yang saat ini tertarik memulai bisnis online, termasuk Anda bukan? Saat ini, internet memang sudah dijadikan sumber penghasilan yang menguntungkan sehingga banyak yang memanfaatkan internet dan memulai bisnis online untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan dijadikan sumber penghasilan utama.

Menjalankan bisnis online dapat dilakukan dimana saja, selama tetap terhubung dengan koneksi internet. Meski kelihatannya mudah, tetapi Anda butuh perencanaan yang matang dalam menjalankan, terlebih jika Anda masih pemula. Jika masih memulai bisnis online, Anda harus belajar bagaimana cara mengembangkan produk dan perencanaan bisnisnya.

Baca Juga: https://k-link.co.id/ini-penyebab-bisnis-online-sering-gagal/

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, simak terlebih dahulu 5 tips memulai bisnis online untuk pemula:

  • Bangun Mindset yang Tepat


    (Foto : http://science.knote.com)

    Hapuskan keraguan yang ada di pikiran, terapkan keyakinan pada mindset Anda. Sebagai pebisnis tentunya Anda harus memiliki komitmen dan rencana yang matang. Untuk itu, semuanya harus dimulai dari diri Anda sendiri terlebih dahulu. Terapkan mindset dan pemikiran positif, buatlah visi misi dan pikiran-pikiran kreatif untuk menunjang perkembangan bisnis Anda.

  • Menentukan Produk atau Jasa


    (Foto : http://www.somatechsolutions.com)

    Selanjutnya tentukan produk atau jasa yang akan dijual. Posisikan diri Anda sebagai problem solver, saat Anda menemukan masalah di sekitar, pikirkanlah produk atau jasa yang dapat menjadi solusinya. Pikirkan apa yang Anda jual bisa lebih baik daripada orang lain. Pikirkan juga bagaimana produk atau jasa Anda bisa ditukar menjadi sebuah nilai yang berarti. Intinya pahami dulu kebutuhan dan minat masyarakat, setelah itu Anda baru bisa menentukan produk yang berpotensi membawa kesuksesan di bisnis Anda.

  • Gunakan Website atau Toko Online


    (Foto : https://i.pinimg.com/)

    Jika Anda sudah menentukan produk atau jasa yang akan dijual, sekarang Anda dapat membuat website untuk toko online sebagai tempat berjualan. Anda dapat membuat website berbayar yang lebih resmi dan pribadi, atau buat akun blog atau wordpress gratis, karena keduanya banyak dikenal oleh para pengguna internet di dunia, dan juga lebih mudah dikenali oleh mesin pencari seperti google atau yahoo.

  • Lakukan Promosi Online


    (Foto : http://entrepreneuracademy.co.id)

    Sebagus apapun produk Anda, akan sia-sia jika tidak diketahui orang. Untuk itu, manfaatkan sarana promosi di media sosial. Anda dapat memulai memasarkan produk Anda di facebook, twitter, instagram atau di medsos lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memperluas jaringan untuk promosi produk atau jasa di marketplace seperti bukalapak, tokopedia, blibli dan yang lainnya. Dengan memamerkan produk atau jasa di marketplace, maka produk Anda akan diketahui publik lebih cepat.

  • Banyak Sharing dan Terus Belajar


    (Foto : https://www.witdesignkenya.com)

    Sharing dan berbagi ilmu dengan komunitas atau orang yang telah lama terjun di bisnis online akan membantu Anda. Datanglah ke acara-acara seminar bisnis online, bergabunglah dengan komunitas bisnis online atau manfaatkan forum diskusi sepurat bisnis online di internet. Tentu banyak ilmu yang akan Anda dapat jika Anda rajin berdiskusi dengan orang lain. Kuncinya, semakin banyak Anda tahu tentang kekurangan dan kelebihan bisnis yang akan dijalankan maka itu akan semakin baik.

Nah itulah 5 tips memulai bisnis online untuk pemula. Lakukan inovasi dan explore kreativitas dalam menjalankannya. Belajarlah dengan bersungguh-sungguh, dengan kerja keras tentu saja kesuksesan dapat Anda raih. Semoga artikel ini bermanfaat. (Jody)

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/inspirasi-bisnis-jaman-now-cara-mendapat-uang-tanpa-harus-keluar-rumah/