5 Makanan Sehat untuk Atasi Rematik

Rematik merupakan penyakit autoimun ketika sistem imun pada tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri. Penyakit ini menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan.  

Rematik memiliki beberapa jenis, berikut ini jenis rematik yang paling umum terjadi:

  • Rheumatoid Arthritis
    Merupakan kondisi ketika kekebalan tubuh secara umum menyerang jaringan-jaringan sendi. Akibatnya, sendi-sendi yang terserang akan mengalami peradangan dan menimbulkan gejala seperti pembengkakan pada sendi dan terasa kaku.

  • Osteoartritis
    Merupakan penyakit persendian yang menimbulkan rasa sakit dan terbatasnya pergerakan sendi, serta seiring waktu dapat menyebabkan kerusakan tulang rawan. Penyakit ini bisa menyerang berbagai macam persendian seperti jari, leher, kaki, pinggang, lutut dan pinggul.

Agar dapat mencegah atau mengurangi rasa sakit pada rematik, disarankan untuk selalu menjaga asupan nutrisi sehari-hari, karena dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh Anda. Dilansir dari Healthmeup.com, berikut ini 5 makanan sehat yang bisa membantu mengatasi masalah rematik:

Baca Juga: https://k-link.co.id/5-kebaikan-nutrisi-susu-kambing-yang-wajib-anda-ketahui/

  • Ikan


    (Foto : https://unsplash.com/)

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Diseases menyebutkan bahwa lemak ikan mampu mengurangi risiko rematik lebih dari 50% jika Anda mengonsumsinya secara teratur.
  • Kedelai


    (Foto : wikimedia.org)

    Kedelai merupakan contoh makanan sehat lainnya yang mampu mencegah rematik. Selain dapat mencegah, makanan yang mengandung kedelai seperti tempe dan tahu, mampu menyehatkan jantung karena tinggi akan protein dan serat, namun rendah lemak.
  • Minyak Zaitun


    (Foto : https://www.freepik.com/)

    Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung dan oleocanthal, yang merupakan senyawa fenolik alami yang memiliki sifat yang mirip dengan non-steroid yaitu obat anti-inflamasi.
  • Teh Hijau

    (Foto : https://www.freepik.com/)

    Teh hijau kaya akan polifenol, yang merupakan antioksidan untuk mengurangi peradangan dan menghambat kerusakan tulang rawan. Penelitian menunjukkan antioksidan dalam teh hijau dapat menghambat produksi molekul yang mengakibatkan kerusakan sendi pada orang yang menderita rematik.
  • Susu


    (Foto : https://www.freepik.com/)

    Susu merupakan minuman yang wajib dikonsumsi oleh penderita rematik karena dapat mengurangi rasa sakit. Namun terdapat jenis susu yang sangat disarankan untuk penderita rematik, yakni susu etawa.

Mitra K-LINK, mungkin nama susu etawa sudah tak asing di telinga, bukan? Ya, susu etawa merupakan susu dari hasil perahan susu kambing etawa pilihan yang mempunyai kualitas terbaik. Kandungannya yang baik membuat susu ini mampu membantu mengobati penyakit rematik.

Kandungan yang terdapat pada susu etawa antara lain seperti provit, vitamin B, dan riboflavin. Provit merupakan kandungan terbaik dari susu etawa yang seringkali dijadikan sebagai obat asam urat dan juga penyakit rematik. Sedangkan kandungan riboflavin dan vitamin B berperan sebagai pencegah alergi dan juga mampu memproduksi alergi.

Kini Anda tak perlu pusing mencari susu etawa yang berkualitas. K-Link Indonesia memiliki produk unggulan yang mengandung susu etawa, yaitu K-COCO. Minuman bergizi dan rasanya yang nikmat ini mengandung susu kambing terbaik dari Netherlands.


K-COCO juga mengandung bioorganic sodium yang merupakan elemen penting dalam menjaga sendi, karena memiliki kemampuan anti peradangan. Minuman ini juga mengandung B2 yang berperan sebagai pencegah alergi, dan mampu memproduksi energi serta menjaga kesehatan tulang.

Yuk, dapatkan khasiat susu kambing etawa terbaik untuk membantu mencegah dan mengatasi rematik dengan mengonsumsi K-COCO. Tersedia rasa cokelat dan gula aren untuk rasa dan aroma yang lebih nikmat. (Angga/Annisa/Rahma)

Artikel Rekomendasi:  https://k-link.co.id/olahraga-aman-untuk-penderita-rematik/