fbpx

Tips Menjaga Kesehatan Saat Mudik Lebaran

Tidak terasa sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Tradisi mudik sudah mulai berjalan menjelang hari lebaran. Perjalanan ditempuh oleh para pemudik menggunakan bermacam-macam transportasi, mulai dari kereta, bus, kapal, hingga pesawat dengan tujuan berkumpul bersama keluarga.  

Melakukan perjanan jauh seperti mudik lebaran memerlukan persiapan yang matang. Persiapan fisik, mental dan stamina yang prima sangat dibutuhkan, terlebih jika Anda membawa kendaraan pribadi. Untuk itu, Anda perlu ekstra waspada ketika melakukan perjalanan. Jika kondisi tubuh sudah menurun, risiko kecelakaan pun dapat terjadi. Untuk itu, Anda harus memperhatikan faktor kesehatan.

Bagaimana cara tepat untuk menjaga kesehatan saat mudik? Simak tips menjaga kesehatan saat mudik lebaran berikut ini:

Baca Juga: https://k-link.co.id/tetap-sehat-setelah-hari-raya/

  • Pastikan Kondisi Tubuh Fit


    (Foto : Shutterstock.com)

    Melakukan persiapan yang matang wajib Anda lakukan sebelum mudik. Pastikan tubuh dalam keadaan tidak kelelahan. Akan sangat berisiko jika seseorang melakukan perjalanan panjang dengan durasi lama, apalagi saat tengah berpuasa. Tidur selama 6 jam sebelum berangkat membuat tubuh bugar saat di perjalanan. Untuk menghindari habisnya tenaga saat puasa, Anda bisa melakukan perjalanan mudik setelah berbuka atau malam hari.
  • Gunakan Moda Transportasi yang Nyaman


    (Foto : https://www.pexels.com)

    Saat mudik jangan terlalu memaksakan diri untuk menggunakan kendaraan pribadi hanya demi menghemat budget. Ada banyak pilihan transportasi umum yang nyaman agar tubuh bisa lebih istirahat sepanjang perjalanan. Contohnya Anda dapat memilih transportasi pesawat untuk memangkas durasi perjalanan mudik. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kereta api atau bus ketika mudik. Agar tidak kehabisan tiket, jangan lupa untuk memesannya jauh-jauh hari ya.
  • Perhatikan Asupan Makanan

     (Foto : https://pxhere.com/)

    Siapkan bekal untuk perjalanan mudik Anda. Jangan sembarangan, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi, penuhi asupan nutrisi dan gizi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah dan kentang untuk memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, buah juga dapat menjaga tubuh tetap prima selama dalam perjalanan.
  • Istirahat di Sela Waktu Perjalanan


    (Foto : https://www.pexels.com)

    Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi, usahakan untuk istirahat di sela waktu perjalanan. Anda dapat beristirahat di pos mudik atau rest area terdekat, lakukan peregangan kaki, tangan dan bagian tubuh lainnya. Jangan memaksakan kehendak untuk melanjutkan perjalanan jika mengantuk. Tidurlah sejenak untuk mengembalikan energi, hal ini akan membantu kondisi badan tetap prima saat berkendara kembali.
  • Konsumsi Suplemen atau Vitamin


    (Foto : https://thyroidlife.it)

    Ketika mudik Anda tentu mengalami kelelahan karena kurang istirahat dan makan dan minum apa adanya. Kondisi ini akan membuat daya tahan tubuh menurun. Vitamin berperan penting memulihkan tenaga yang terkuras akibat aktivitas mudik. Mengonsumsi vitamin juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama dalam perjalanan.


Vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk menemani aktivitas mudik Anda? Pertama ada K-Sauda VCO yang merupakan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus. Konsumsi K-Sauda VCO 1-2 kapsul per hari untuk menurunkan suhu tubuh dan sebagai anti bakteri juga antivirus alami.

Konsumsi juga K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant yang merupakan sumber nutrisi lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi dan meningkatkan kekebalan tubuh selama mudik. Selain itu, Anda juga dapat menjaga sistem imun dengan mengonsumsi K-C Susu skim Bubuk. Kandungan kolostrum di dalamnya baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh selama melakukan perjalanan.


Itulah tips menjaga kesehatan saat mudik lebaran. Kondisi kesehatan menjadi faktor penting agar perjalanan mudik berjalan lancar dan nyaman. Jaga selalu kesehatan selama perjalanan, ada keluarga yang menanti Anda di kampung halaman. Selamat mudik lebaran Mitra K-Link! (Jody)

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/tetap-kuat-saat-puasa-dengan-5-tips-ini/