Tips Aman Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa, banyak orang beranggapan jika puasa menjadi batasan Anda melakukan olahraga. Sehingga, tidak jarang orang bermalas-malasan dan tidak berolahraga selama menjalankan ibadah puasa.

Padahal, saat menjalankan ibadah puasa dibutuhkan pula tubuh yang fit. Dan tubuh yang fit hanya dapat diperoleh dengan melakukan olahraga secara rutin dan memiliki pola hidup yang sehat. Dengan melakukan olahraga yang rutin, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa saja menyerang Anda saat menjalankan ibadah puasa.

Untuk dapat melakukan olahraga saat menjalankan ibadah puasa, dibutuhkan beberapa cara agar olahraga yang Anda lakukan aman dan tidak mengganggu ibadah puasa yang Anda jalankan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar aman melakukan olahraga saat berpuasa.

Perhatikan waktu berolahraga

Atur waktu berolahraga Anda, jangan melakukan olahraga-olahraga berat seperti futsal, sepakbola, basket, dan beberapa olahraga lainnya yang membutuhkan gerak lebih banyak saat pagi atau siang hari. Perhatikan waktu berolahraga Anda agar tidak mengganggu ibadah puasa, atau lakukan kegiatan olahraga berat 1 jam sebelum berbuka. Saat pagi atau setelah sahur, lakukan olahraga ringan yang tidak menguras banyak tenaga dan gerak otot Anda. Misalnya seperti jalan kaki atau beberapa gerakan-gerakan olahraga ringan lainnya.

Penuhi asupan cairan tubuh

Selama menjalankan ibadah puasa, otomatis Anda tidak dapat mengonsumsi banyak cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar cairan untuk tubuh Anda terpenuhi selama berpuasa, minumlah air putih yang cukup saat sahur dan buka puasa. Hal ini penting untuk menjaga tubuh Anda saat melakukan olahraga. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung banyak gula dan kafein saat sahur dan berbuka karena hal tersebut dapat membuat Anda mudah kehilangan banyak cairan dalam tubuh.

Penuhi karbohidrat saat sahur

Untuk Anda yang memang tidak bisa lepas dari olahraga, penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh saat sahur. Saat makan sahur, usahakan memilih beberapa makanan yang mengandung unsur karbohidrat yang tinggi seperti putih telor, kentang, ubi, pisang dan lain sebagainya. Dengan cukupnya asupan karbohidrat dalam tubuh Anda, maka tubuh Anda akan memiliki energi yang baik saat Anda berolahraga.

Konsumsi suplemen

Berolahraga membutuhkan banyak gerak yang mengikis keseimbangan tubuh Anda. Karena itu, dibutuhkan suplemen yang dapat membantu tubuh Anda agar tidak cepat kehilangan stamina karena kurangnya beberapa asupan yang dibutuhkan oleh tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Cobalah mengonsumsi suplemen untuk menjaga tubuh Anda saat berolahraga selama menjalankan ibadah puasa.

Terdapat suplemen kesehatan berkualitas yang dapat membantu Anda menjaga stamina saat Anda berolahraga selama menjalankan ibadah puasa, antara lain:

K-Liquid Chlorophyll, untuk membantu pencernaan karena kurangnya asupan serat selama berpuasa. Kandungan oksigen dalam darah juga menjadi lebih stabil dimana K-Liquid Chlorophyll mengikat oksigen, sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan tidak cepat lemas.
K-C Susu Skim, untuk meningkatkan imunitas dan stamina tubuh selama berpuasa, sehingga tidak mudah sakit.
K-Liquid Organic Spirulina, membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral untuk tubuh selama berpuasa.
Organic K-Bio Green, sebagai menu tambahan pengganti asupan serat dan mencukupi nutrisi-nutrisi yang diperlukan tubuh selama berpuasa.

Menjalankan ibadah puasa bukan menjadi alasan Anda untuk berhenti berolahraga, sehingga dibutuhkan beberapa hal yang dapat menjadi solusi agar puasa bukan lagi menjadi halangan Anda untuk berolahraga. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, dan selamat menjalankan ibadah puasa. (Abn/Marini)